Sponsors Link

15 Manfaat E Government Untuk Pemerintah dan Masyarakat

Sponsors Link

E government yang juga dikenal dengan E gov atau pemerintah digital merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara lebih maksimal lagi. E Government ini akan memakai teknologi informasi yang dilakukan pemerintah untuk memberikan informasi serta pelayanan untuk para penduduk yang bisa diaplikasikan untuk yudikatif, legislatif dan administrasi publik dengan tujuan meningkatkan efesiensi internal, menyampaikan pelayanan pada publik dan juga proses pemerintahan yang demokratis. Pada ulasan berikut ini, kami akan memberikan penjelasan tentang e government secara lengkap beserta manfaat e government di segala bidang.

ads

Artikel terkait:

Jenis Jenis E Government

E government juga dibedakan menjadi beberapa jenis yakni:

  • Government to Citizen (G2C)

Government to Citizen (G2C) merupakan teknologi informasi yang mempunyai tujuan untuk memperbaiki hubungan interaksi antara pemerintah dengan masyarakat dan memperoleh kemudahan bagi masyarakat dalam mencari informasi pemerintahan yang diperlukan.

  • Government to Business (G2B

Government to Business (G2B adalah jenis dari hubungan pemerintahan dengan bisnis yang terjadi karena butuhnya relasi baik antara pemerintah dengan kalangan pelaku bisnis untuk tujuan kemudahan berbisnis masyarakat kalangan pebisnis itu sendiri.

  • Government to Government (G2G)

Government to Government (G2G) merupakan sebuah website milik pemerintah yang dibuat untuk memenuhi berbagai pencarian informasi yang dibutuhkan pemerinta satu dengan pemerintah lainnya serta untuk melancarkan serta memudahkan kerja sama antara pemerintahan yang bersangkutan.

  • Government to Employees (G2E)

Government to Employees (G2E) merupakan jenis hubungan yang diperuntukan bagi pegawai pemerintahan atau pegawai negeri untuk lebih meningkatkan kinerja serta kesejahteraan pegawai yang bekerja di institusi pemerintahan.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Tanggung Jawab Pemerintah

E government memiliki manfaat untuk meningkatkan tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan banyak pelayanan serta informasi dan juga menyediakan kanal akses baru untuk semua masyarakat.

  1. Memberikan Pelayanan Pada Masyarakat

E government juga bermanfaat untuk memberikan pelayanan pada masyarakat dengan lebih baik lagi yang akan disediakan pemerintah 24 jam sehari selama 7 hari dalam seminggu sehingga tidak perlu menunggu hingga kantor pemerintah dibuka. Informasi pemerintah ini akan lebih mudah untuk dicari dari kantor atau pun rumah tanpa perlu repot mendatangi kantor pemerintah secara langsung.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan Hubungan Pemerintah, Masyarakat dan Pebisnis

E government juga akan meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat dan para pelaku bisnis dengan lebih baik lagi. Dengan keterbukaan ni, maka hubungan yang lebih baik dari segala pihak bisa mengalami perbaikan dan keterbukaan ini juga akan menyingkirkan perasaan tidak percaya pada pihak pemerintah dari berbagai pihak lainnya.

  1. Memberdayakan Masyarakat Lewat Informasi

E government sangat berguna untuk memberdayakan masyarakat lewat informasi yang sangat mudah untuk didapat. Dengan informasi yang cukup tersebut, maka masyarakat bisa belajar dalam menentukan pilihan sebuah informasi yang sedang dibutuhkan.

  1. Meningkatkan Efisiensi Pemerintahan

Dengan adanya E government ini, maka sangat diharapkan pelaksanaan dalam pemerintahan bisa berjalan lebih efisien lagi, sebab koordinasi pemerintah sudah bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi tersebut. Koordinasi serta diskusi antara pemerintahan pusat dengan pemimpin daerah bisa dilaksanakan tanpa perlu berada dalam lokasi fisik yang sama.

ads
  1. Mencapai Hasil Kebijakan Tertentu

E government juga berfungsi untuk tercapainya kebijakan tertentu seperti membantu para petinggi kepentingan untuk berbagi informasi serta ide yang nantinya akan dikontribusikan untuk menentukan hasil dari sebuah kebijakan. Seperti contohnya informasi untuk meningkatkan pemakaian program pelatihan serta pendidikan dan juga berbagi informasi dari pemerintah pusat dengan daerah untuk fasilitas kebijakan lingkungan. Akan tetapi, dengan adanya berbagi ide antara individu maka akan menimbulkan isu perlindungan privasi sehingga kompromi harus lebih dipertimbangkan dengan teliti.

Artikel terkait:

  1. Mencapai kebijakan Ekonomi

E government juga akan membantu dalam mengurangi terjadinya korupsi sekaligus meningkatkan keterbukaan dan kepercayaan pada pemerintah dan juga kontribusi langsung dengan tujuan kebijakan ekonomi. Dampak yang lebih spesifik melipitu penurunan pengeluaran pemerintah lewat program yang lebih ehisien serta meningkatkan produktivitas bisnis dengan cara menyederhanakan administrasi.

  1. Sebagai Kontributor Reformasi Utama

Kebanyakan negara saat ini sedang berhadapan dengan isu modernisasi serta reformasi manajemen publik. Perkembangan ini mengartikan jika proses reformasi sedang mengalami peningkatan dan E government akan mendukung reformasi tersebut di berbagai wilayah seperti meningkatkan transparansi, memberikan fasilitas proses berbagi informasi serta menyoroti inkonsistensi internal.

  1. Membangun Kepercayaan Pemerintah Dengan Warga

E government juga berguna untuk membantu dalam pembangunan kepercayaan antara pemerintah dengan warga. Dalam membangun kepercayaan ini dibutuhkan fundamental pemerintahan yang sangat baik sehingga masyarakat memungkinkan untuk terlibat dalam proses kebijakan yang berjalan tersebut, mempromosikan pemerintahan dan juga ikut bertanggung jawab serta membantu pencegahan korupsi.

  1. Meningkatkan Tranparansi

E government juga akan lebih meningkatkan transparansi serta tanggung jawab dalam proses mengambil keputusan karena informasi bisa di akses dengan lebih mudah seperti publikasi debat rapat, anggaran serta pengeluaran , hasil dan alasan pemerintah saat mengambil sebuah keputusan yang penting.

  1. Menciptakan Lingkungan Masyarakat Baru

E government juga berfungsi untuk menciptakan lingkungan masyarakat baru yang bisa dengan cepat dan tepat untuk memberikan jawaban dari permasalahan yang sedang dihadapi sejalan dengan perubahan global serta trend yang sedang berlangsung.

Artikel terkait:

  1. Mendapatkan Sumber Pendapatan Baru

Manfaat lain dari E government adalah untuk memberikan peluang bagi pemerintah dalam mencari sumber pendapatan baru lewat interaksi dengan pihak lain yang memiliki kepentingan.

Sponsors Link

  1. Mengurangi Biaya Administrasi

Biaya administrasi, interaksi dan relasi yang harus dikeluarkan pemerintahan juga bisa dikurangi dengan adanya E government ini termasuk dengan stake holder keperluan aktivitas sehari-hari.

  1. Promosi Pemerintahan Lebih Efisien

E government juga bermanfaat untuk mempromosikan pemerintahan dengan lebih efisien lagi karena adanya teknologi informasi serta komunikasi yang lebih mudah tersebut. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga akan lebih efektif dan memberikan kemudahan fasilitas layanan pemerintah sekaligus memberikan akses informasi pada masyarakat secara luas serta meningkatkan rasa tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat luas.

  1. Membangun Hubungan Interaktif Usaha

E government juga berfungsi dalam membangun hubungan interaktif dalam urusan usaha yang akan dipergunakan untuk menghadapi perubahan serta persaingan perdagangan internasional yang sangat sulit tersebut.

Artikel terkait:

Manfaat E Government Berdasarkan Posisi

  • E Government untuk pemerintah: membuat surat serta dokumen penting dengan lebih cepat dan mudah, mencatat kompetensi penduduk, melacak data dan informasi seseorang dan melaksanakan pemerintahan yang lebih efisien.
  • E Government untuk masyarakat: mendapatkan pelayanan yang lebih baik karena informasi disediakan 24 jam, keterbukaan antara pemerintah dan masyarakat sehingga bisa membangun rasa saling percaya, memberdayakan masyarakat dengan informasi yang diperoleh, bisa memberikan informasi pengaduan atau keluhan pada keadaan di lingkungan.

Demikian ulasan lengkap yang bisa kami berikan mengenai manfaat e government untuk pemerintah dan masyarakat secara luas beserta dengan jenis e government. E government ini memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi pemerintah namun juga bagi masyarakat untuk mendapatkan infromasi yang dibutuhkan sebanyak-banyaknya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 16th, July 2017 / 06:18 Oleh :
Kategori : Teknologi