Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Manfaat Dongeng Anak-anak

Sponsors Link

Anda pasti sudah mengenal apa itu dongeng. Ya, dongeng merupakan suatu kisah yang bersifat fantasi, yang biasanya diceritakan ketika seseorang ingin tidur. Biasanya dongeng berisi kisah-kisah mengenai mitos dan juga kejadian masa lalu yang sepertinya tidak masuk akal.

Biasanya, dongeng memiliki persamaan dengan beberapa jenis cerita, seperti :

manfaat dongeng

  • Fable

Fable merupakan salah satu jenis cerita fiksi dan juga dongeng yang mengisahkan tentang hewan, sebagai tokoh utama yang dapat berperilaku seperti layaknya manusia. Contoh fable yang paling populer ini adalah cerita mengenai si Kancil

  • Mitologi

Mitologi merupakan cerita dan juga kisah klasik mengenai mitos dan juga dunia para dewa. Terutama dewa dewa pada jaman Yunani.

  • Cerita Rakyat

Cerita rakyat erat kaitannya dengan cerita daerah, biasanya menggambarkan tentang tokoh utama yang menjadi pahlawan dalam suatu daerah. Contoh dari cerita rakyat ini adalah seperti kisah Si Pitung.

  • Legenda

Legenda berkaitan dengan cerita mengenai terbentuknya suatu lokasi, seperti danau, gunung, dan juga lautan yang biasanya memiliki kisahnya sendiri. Contohnya adalah Legenda Gunung Tangkuban Parahu.

  • Cerita fantasi lainnya

Dan masih banyak cerita fantasi lainnya, yang sekarang juga banyak dijadikan dalam bentuk film animasi dan juga film serial kartun, seperti cerita-cerita kartun Walt Disney.

Pada umumnya, dongeng diceritakan kepada anak – anak, dengan tujuan menghibur, dan biasanya memang anak-anak senang dengan cerita yang ditawarkan oleh dongeng.

Dongeng sendiri ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya. Apa saja manfaat dongeng? Berikut ini adalah kegunaannya :

1. Sebagai pengantar tidur

Manfaat pertama dari dongeng dan merupakan salah satu manfaat yang paling sering dirasakan oleh para pembaca, terutama anak-anak adalah sebagai salah satu pengantar tidur. Meskipun saat ini dongeng sudah jarang diceritakan, namun demikian, dongeng akan membuat anak  yang membaca dan mendengarnya menjadi lebih rileks dan mengantuk. Hal ini akan membuat si anak akan menjadi lebih mudah tidur dan mencegah terjadinya insomnia pada anak.

2. Sebagai hiburan bagi pembaca

Dongeng merupakan salah satu cerita yang sarat akan unsur hiburan. Beragam cerita yang lucu dan menarik tersaji di dalam dongeng tersebut. Dengan begitu, dongeng merupakan salah satu hiburan tersendiri bagi para pembaca dan membuat para pembacanya dapat merasa senang.

3. Untuk mempelajari sejarah

Beberapa dongeng ada yang diangkat dari kisah nyata. Kalaupun tidak berasal dar kisah nyata, namun ada beberapa lokasi dari setting lokasi dalam dongeng adalah wilayah atau lokasi yang nyata dan benar-benar ada.

Salah satu contohnya adalah batu menangis di Padang, Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat, dan juga masih banyak lagi. Manfaat dongeng seperti ini, maka pembaca akan menjadi lebih tertarik dengan lokasi dari setting pada dongeng tersebut dan secara tidak langsung akan ikut mempelajari sejarah.

4. Meningkatkan kreativitas anak-anak

Manfaat lain dari dongeng adalah dapat meningkatkan kreativitas. Imajinasi yang muncul karena stimulus dari cerita-cerita dongeng tersebut sudah pasti dapat meningkatkan kreativitas anak yang membacanya. Kreativitas meruapakan salah satu hal yang sangat penting, terutama pada masa kanak-kanak, yang dapat menentukan pengembangan bakat dari anak itu sendiri.

5. Memberikan nilai dan pesan moral bagi pembaca

Apabila kita dapat lebih memahami lagi isi dari dongeng dengan lebih teliti dan juga seksama, maka kita pasti akan menemukan berbagai nilai moral dan pesan penting yang ingin disampaikan oleh penulis dongeng tersebut. Ya, dongeng juga dapat menjadi media penyampai pesan moral. Jadi, dongeng dapat menjadi sarana pembelajaran moral dan nilai kehidupan bagi siapa saja yang membacanya.

6. Untuk mempererat tali kekeluargaan

Manfaat dongeng lainnya adalah dapat mempererat tali persaudaraan dan juga kekeluargaan. Biasanya, dongeng yang dibacakan oleh orang tua kepada anaknya, selain dapat memberikan hiburan bagi sang anak. Hal ini juga dapat meningkatkan kedekatan antara anak dengan orangtuanya.

7. Memberikan efek relaksasi

Manfaat lainnya dari dongeng adalah efek relaksasi. Ya, cerita dari dongeng yang sangat menarik dapat menimbulkan efek relaksasi bagi siapapun yang membacanya. Dengan membaca dongeng, maka pikiran dan beban karena aktivitas sehari-hari akan hilang dan tubuh kita akan terasa rileks. Hal ini juga dapat diperoleh ketika anda membaca sebuah novel, yang dapat membuat pikiran anda menjadi lebih jernih dan terhindar dari stress.

8. Melatih kepekaan emosi dari pembaca

sponsored links

Salah satu aspek penting dari dongeng adalah emosi. Hampir semua cerita pada dongeng membutuhkan emosi yang mendalam, seperti rasa sedih, marah dan juga senang. Dengan sering membaca dongeng, hal ini akan meningkatkan kemampuan afeksi seseorang dan juga kepekaan emosi. Jadi, seseorang dapat terlatih untuk mengembangkan rasa empati, yaitu turut dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.

9. Penyaluran Hobi

Manfaat lainnya dari dongeng adalah sebagai salah satu metode untuk menyalurkan hobi seseorang. Terutama bagi mereka yang memiliki hobi membaca dan juga menulis, dongeng merupakn salah satu hal yang penting untuk menyalurkan hobi mereka. Yang memiliki hobi menulis dapat menyalurkan hobinya dengan cara mengarang cerita dongeng, sedangkan bagi mereka yang memiliki hobi membaca, dapat menyalurkan hobi mereka, tentu saja dengan menghabiskan waktu untuk membaca dongeng.

10. Meningkatkan keterampilan membaca dan mendengar pada anak-anak

Anak-anak merupakan usia berkembang yang sangat membutuhkan pengembangan keterampilan tertentu, agar dapat menjadi anak yang cerdas. Salah satu keterampilan yang penting untuk dikembangkan adalah keterampilan membaca dan mendengarkan. Manfaat dongeng untuk anak akan mampu untuk meningkatkan keterampilan dalam membaca. Dongeng meningkatkan kemampuan mendengar, apabila dongeng tersebut dibacakan oleh orangtuanya.

11. Menambah pengetahuan akan kosakata

Kosakata yang terdapat pada dongeng sangtlah beragam. Maka dari itu, dengan adanya dongeng, maka hal ini akan sangat baik untuk membantu meningkatkan pemahaman dan juga pengetahuan pada anak akan kosakata baru. Kosakata tersebut mungkin tidak ditemui pada mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum sekolah.

12. Memperkenalkan pembaca dengan budaya orang lain

Dongeng tidak hanya berasa dari satu pulau atau daerah saja. Daerah, bahkan negara lain pun memiliki dongengnya sendiri. Dengan demikian, maka dongeng dapat membantu anak-anak untuk memahami keragaman budaya yang ada di seluruh dunia.

13. Meningkatkan minat baca pada anak

Saat ini, salah satu keluhan utama dari banyak tenaga pendidik adalah generasi muda yang malas membaca. Untuk menciptakan generasi mudah yang rajin membaca, maka dongeng merupakan salah satu solusi yang tepat. Manfaat dongeng bagi anak dapat meningkatkan minat baca pada anak-anak.

Itulah beberapa manfaat dongeng , sebagai pembaca, maupun pendengar dongeng itu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 25th, July 2015 / 06:52 Oleh :
Kategori : Sosial