Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Manfaat Dodol Labu Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Buah labu yang biasanya digunakan sebagai ornament saat hallowen ini memiliki ukuran cukup besar dengan rasa yang khas. Buah labu sudah banyak digunakan sebagai sayuran atau kolak namun mungkin anda sudah pernah mendengar ada makanan yang bernama dodol labu. Seperti namanya dodol labu merupakan makanan dodol yang terbuat dari buah labu. Rasanya yang manis khas dodol dipadukan dengan rasa khas dari labu akan menghasilkan rasa khas dari dodol labu.

artikel terkait manfaat labu:

Selain enak rasanya, ternyata dodol labu ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dodol labu saat ini bisa ditemukan diberbagai toko terutama toko oleh-oleh atau anda juga bisa membuatnya sendiri jika ingin mengonsumsinya. Lalu apa saja manfaat dari dodol labu ini untuk kesehatan? Simak artikel ini ya.

Manfaat dodol labu ini tidak lepas dari manfaat dari buah labu itu sendiri. Buah labu sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan kandungan nutrisi dan gizi bagi tubuh. anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin A anda hanya dengan mengonsumsi buah labu sebanyak satu cangkir saja. selain itu kebutuhan vitamin C anda juga akan terpenuhi sebanyak 20 persen dan vitamin E sebanyak 10 persen. Berbagai jenis nutrisi lainnya seperti vitamin B6, fosfor, zat besi, asam folat dan masih banyak lainnya lagi ada di dalam buah labu.

Baik buah labu ataupun olahan dari labu seperti dodol labu memiliki manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini:

  1. Menajamkan penglihatan

Kadar vitamin A yang sangat melimpah dalam buah labu ini akan membantu menajamkan peglihatan anda. Hal ini disebabkan karena di dalam vitamin A ini terdapat beta karoten dimana beta karoten merupakan zat yang membuat labu menjadi berwarna orange. Beta karoten ini sangat baik untuk mata karena dialah zat yang menyerap dan memproses cahaya saat masuk ke dalam retina mata. Beta karoten juga merupakan zat yang sangat enesial bagi mata.

Manfaat labu pada mata ini bukan sebatas itu saja namun juga mampu mencegah terjadinya pembentukan lapisan pada mata penyebab katarak. Selain itu juga bermanfaat mencegah terjadinya kebutaan akibat kerusakan retina mata atau biasa yang biasa disebut degenerasi macula.

artikel terkait: manfaat sari agegardmanfaat kuaci

  1. Mengatur tekanan darah

Dodol labu juga bisa mengatur tekanan darah. hal ini disebabkan oleh kandungan kalium dalam labu yang mampu mengendalikan tekanan darah sehingga sangat baik bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Manfaat lainnya dari kalium ini adalah mampu mencegah stroke, mencegah pembentukan batu ginjal, menguatkan otot dan tulang.

artikel terkait: manfaat buah alkesamanfaat buah kawista

  1. Membuat kulit lebih awet muda

Kandungan beta karoten dalam labu juga bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang membahayakan. Labu yang sudah dijadikan dodol juga masih mengandung beta karoten tinggi. mengonsumsi dodol labu selain enak juga bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan kerutan dan bintik hitam.

artikel terkait: 10 manfaat buah carica untuk kesehatan12 manfaat buah langsat untuk kesehatan

  1. Menurunkan resiko kanker

Dengan mengonsumsi dodol labu atau buah labu juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Hal ini dikarenakan zat beta karoten sudah terbukti mampu menurunkan resiko berbagai kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker paru-paru.

artikel terkait: manfaat alpukat untuk bayi13 manfaat aepl hijau bagi kesehatan

sponsored links

  1. Meningkatkan kesuburan

Nah, bagi anda yang sedang bermasalah pada kesuburan maka anda bisa mengonsumsi dodol labu ya. vitamin A dalam labu seringkali dikaitkan dengan kualitas kesuburan baik pria maupun wanita.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 14th, June 2016 / 22:29 Oleh :
Kategori : Makanan