10 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan

Daun waru merupakan salah satu jenis dedaunan yang cukup dikenal oleh banyak kalangan masyarakat Indonesia sebagai salah satu daun yang dapat digunakan sebagai obat-obatan. Daun waru sendiri merupakan daun yang berasal dari tanaman dengan nama yang sama, yaitu tanaman waru. Waru merupakan jenis kapas-kapasan yang bernama latin “Hibiscus Tiliaceus”, yang merupakan tanaman yang juga mirip dengan tanaman kembang sepatu.

Persebaran Tanaman Waru

Waru sendiri juga sering dimanfaatkan pohonnya sebagai tanaman peneduh di pinggir jalan dan juga mampu menjaga keasrian lingkungan sekitarnya. Waru juga merupakan tumbuhan asli dari bagian Negara dan juga kepulauan yang beriklim tropis, tersebar luas di daratan pasifik dan banyak dikenal dalam berbagai istilah sesuai dengan nama lokalnya masing-masing.

Di indonesia sendiri pemanfaatan dari tanamn waru berada pada bagian daunnya. Daun waru memiliki banyak sekali khasiat dan juga manfaat yang sangat baik bagi kesehtan kita dan seringkali dimanfaatkan sebagai tanaman obat-obatan. Apa saja manfaat dari daun waru? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Mengobati TBC dan sakit paru-paru

Manfaat yang pertama adalah mampu untuk membantu mengobati penyakit TBC. TBC atau tuberculosis merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan gejala batuk berkepanjangan dan dapat mengganggu kesehatan pernapasan dari pasiennya, bahkan hingga menyebabkan pasiennya meninggal dunia. Dengan mengolah daun waru, maka TBC yang dialami oleh pasien akan sembuh. Berikut ini adalah langkah pengolahan daun waru untuk mengobati TBC :

  • Ambil segenggam daun waru
  • Rebus daun waru dengan air hingga mendidih dengan tiga gelas air
  • Tunggu hingga air yang mendidih tersisa ¾ gelas
  • Minum rebusan daun waru secara rutin dan juga teratur untuk membantu menyembuhkan gejala TBC

Tanaman herbal lainnya yang mampu mengobati TBC yakni :

2. Mengobati penyakit batuk

Selain TBC, daun waru juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan dan mengobati penyakit batuk. Bagi anda yang mengalami sakit gejala batuk, maka cobalah langkah-langkah pengolahan daun waru di bawah ini untuk menyembuhkan batuk anda :

  • Ambil 10 – 15 lembar daun waru, cuci bersih
  • Rebus daun waru dengan 3 gelas air
  • Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa ¾ gelas saja
  • Minum secara rutin dan juga teratur untuk menyembuhkan penyakit batuk anda

Untuk pengobatan batuk lainnya juga bisa anda konsumsi :

3. Mengobati amandel yang membengkak

Amandel merupakan salah satu kelenjar yang terletak di sekitar area tenggorokan kita. Ketika amandel ini membengkak, maka yang akan terasa adalah sakit dan juga perih pada bagian tenggorokan dan sulit untuk menelan makanan. Untuk membantu proses penyembuhan amandel, maka dapat memanfaatkan daun waru. Caranya pun juga sangat mudah. Yang harus Dilakukan hanyalah merebus daun waru seperti resep untuk mengobati batuk, minum air rebusannya secara teratur untuk membantu penyembuhan dan juga pengobatan dari penyakit pembengkakan amandel anda.

Pengobatan amandel lainnya juga bisa diperoleh dari :

4. Menyembuhkan radang usus

Radang usus merupakan kondisi dimana usus mengalami luka atau infeksi sehingga menyebabkan radang yang dapat mengganggu kelancaran proses pencernaan, dan seringkali menyebabkan rasa perih pada bagian perut kita. untuk mengobati dan juga mengatasi radang usus ini, anda juga bisa memanfaatkan khasiat dari daun waru. Yang haus anda lakukan hanyalah memakan kuncup dari daun waru. Anda dapat memakan daun waru sebagai lalapan untuk membantu menyembuhkan dan juga mengatasi radang usus.

Untuk mengatasi peradangan usus ini juga bisa menggunakan :

5. Mengatasi buang air besar berdarah

Buang air besar berdarah juga merupakan salah satu efek dari munculnya radang usus, namun juga bisa disebabkan oleh kemungkinan lainnya. Untuk membantu mengatasi buang air besar berdarah ini, anda juga bisa memanfaatkan daun waru. Caranya adalah anda hanya perlu meremas 7 lembar daun waru dengan air dan juga gula merah. Anda hanya tinggal meminum perasan daun waru dengan gula merah tersebut secara rutin dan juga teratur untuk membantu mengatasi buang air besar berdarah yang anda alami.

Untuk kondisi ini pengobatan herbal lainnya juga bisa menjadi pilihan yakni :

6. Mengobati muntah darah

Selain buang air besar yang berdarah, manfaat daun waru juga sangat baik untuk kesehatan lainnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati muntah darah. Untuk mengobati muntah darah, juga dapat melakukan hal yang sama seperti ketika menangani buang air besar berdarah, yaitu dengan cara mencampur 7 lembar daun waru yang sudah dipotong-potong dengan air, lalu kemudian diperas. Setelah itu anda dapat meminum hasil perasan dari daun waru tersebut.

Untuk pengobatan muntah darah ini juga bisa dengan herbal :

7. Dapat menghentikan pendarahan

Daun waru juga diyakini mampu untuk membantu menghentikan pendarahan, baik itu di dalam tubuh maupun di luar tubuh. untuk pendarahan di dalam tubuh, anda dapat membuat larutan dan juga air rebusan daun waru, lalu kemudian anda minum. Bagi luka dan juga pendarahan di luar tubuh, anda bisa mencacah daun waru, lalu kemudian menempelkan hasil cacahan daun waru pada bagian kulit luar tubuh anda yang mengalami luka tersebut.

Proses penghentian pendarahan ini juga bisa dilakukan oleh :

8. Mengobati rambut rontok

Anda memiliki masalah dengan kerontokan rambut? Cobalah anda menggunakan ramuan yang dibuat dengan menggunakan daun waru. Berikut ini adalah langkah – langkah menggunakan daun waru untuk obat kerontokan rambut :

  • Ambil dan cuci kurang lebih 30 lembar daun waru dan daun randu
  • Giling kedua jenis daun tersebut hingga halus, lalu tambahkan dengan manfaat minyak jarak dan juga perasan jeruk nipis
  • Setelah diaduk secara merata, anda bisa memeras ramuan tersebut dengan menggunakan sehelai kain, lalu kemudian gosokkan air perasan tersebut ke bagian klit kepala anda secara teratur.

9. Menyuburkan rambut

Daun waru juga memiliki manfaat lainnya yaitu untuk menyuburkan rambut anda. Selain itu, daun waru juga bisa membantu untuk menyehatkan dan juga membantu menjaga kesehatan rambut, seperti memperkuat akar rambut dan juga mencegah kerontokkan rambut.

10. Mengobati bisul

Manfaat lainnya dari daun waru bagi manusia adalah sebagai obat bisul. Ya, bisul juga bisa anda obati dengan memanfaat daun waru. Berikut ini adalah langkah-langkah mengobati bisul dengan menggunakan daun waru :

  • Ambil 5 hingga 10 lembar daun waru, lalu cuci hingga bersih
  • Cacah atau giling daun waru hingga halus
  • Kemudian tempelkan daun waru yang sudah dicacah dan dihaluskan pada bagian kulit yang mengalami gangguan bisul.

Itulah manfaat dari daun waru bagi kesehatan tubuh kita. semoga artikel mengenai manfaat daun waru ini dapat menambah wawasan anda dan juga dapat bermanfaat bagi anda semua.

, ,
Post Date: Friday 18th, September 2015 / 09:20 Oleh :
Kategori : Herbal