Sponsors Link

10 Manfaat Daun Urang Aring untuk Rambut dan Kesehatan

Sponsors Link

Daun urang aring merupakan daun yang berasal dari tanaman yang memiliki nama yang sama, yaitu tanaman urang aring. Tanaman urang aring ini memiliki nama latin Eclipta Alba. tanaman urang aring ini biasanya ditemukan sebagai gulma atau hama tanaman, dan juga merupakan salah satu jenis tanaman liar, yang biasanya tidak dibudidayakan secara khusus. Tanaman urang aring biasanya dicari di kebun – kebun ataupun hutan, dan yang paling banyak dimanfaatkan adalah daunnya, karena daunnya dipercaya memiliki khasiat dan manfaat bagi tubuh.

ads

manfaat daun urang aringSelain itu, urang aring juga memiliki banyak manfaatnya, antara lain sebagai salah satu bahan campuran pada shampoo, karena dipercaya sangat baik untuk kesehatan rambut. Daun urang aring juga dikenal luas dan mendunia. Hal ini terbukti dari beberapa sebutan dari daun urang aring yang berbeda – beda. Dalam bahasa inggris, daun urang aring dikenal dengan istilah false daisy, dalam bahasa Malaysia disebut daun sipat, dan juga sering dikenal dengan nama daun tinta.

Tanaman urang aring tumbuh dengan batang yang tegak, dan kadang memiliki cabang – cabang dengan besar 0.8 m. Biasanya tanaman ini memilki batang berbentuk bulat, dengan bentuk daun yang memanjang dan ujung yang meruncing.

Apa saja manfaat dari daun urang aring?

Daun urang aring merupakan bagian dari tanaman urang aring yang paling sering memberikan manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari daun urang aring? berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun urang aring :

1. Menyuburkan rambut

Manfaat daun urang aring adalah dapat membantu menyuburkan rambut anda. Anda memiliki masalah rambut yang tumbuh kurang subur dan lama tumbuhnya? Kalau begitu, dapat memanfaatkan daun urang aring ini untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut anda, dan juga menyuburkan rambut anda. Berikut ini adalah cara dan langkah-langkah untuk membuat larutan atau minyak urang aring untuk menyuburkan rambut dan juga menyehatkan rambut anda :

  • Ambil beberapa lembar daun urang aring
  • Rendam daun urang aring ke dalam air
  • Remas-remas daun urang aring, sehingga air menjadi berawarna hitam.
  • Setelah itu, oleskan hasil rendaman daun urang – aring tersebut ke kepala dan bagian rambut anda

2. Menghilangkan ketombe

Daun urang aring yang diolah menjadi ektrak atau minyak urang aring dapat bermanfaat ntuk mengatasi dan juga menghilangkan ketombe yang sering muncul pada bagian rambut dan kepala anda. Hal ini disebabkan karena, dengan cara memijat bagian kulit kepala dengan urang aring, akan membuat kulit kepala menjadi lembab dan tidak kering, sehingga hal ini akan membuat ketombe menjadi sulit untuk muncul dan mengganggu penampilan anda.

3. Menghitamkan rambut

Manfaat urang aring adalah mampu untuk menghitamkan rambut. Bagi anda yang selalu ingin agar rambutnya terlihat lebih hitam dan cerah berkilau, maka anda dapat mencoba menggunakan ramuan minyak urang aring ini. Selain dengan cara membeli produk shampoo dan cat rambut yang memilki kandungan minyak urang aring. Anda dapat mengoleskan dan mencuci rambut anda dengan minyak urang aring buatan anda sendiri, dengan cara pembuatan yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan rutin menggunakan minyak urang aring, maka rambut anda akan menjadi tampak lebih hitam.

4. Sebagai zat pewarna alami hitam

Tidak hanya untuk rambut, urang aring juga dapat dimanfaatkan sebagai zat pewarna hitam alami. Zat pewarna hitam alami ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi pewarna pada makanan, dan juga pada berbagai macam kerajinan tangan yang terbuat dari kayu.

5. Dapat mengobati gangguan hati

ads

Tidak hanya dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut kita, namun daun urang aring memiliki manfaat juga bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat bagi kesehatan kita dari daun urang aring adalah dapat membantu untuk mengobati gangguan pada fungsi organ hati. Biasanya gangguan pada fungsi organ hati ini terjadi karena beberapa hal.

Salah satunya adalah keracunan dan juga over dosis dari kandungan bahan kimia tertentu, seperti obat-obatan yang menyebabkan hati bekerja lebih berat, dan menyebabkan gangguan pada hati.

6. Dapat mengobati gangguan lambung

Berikutnya, daun urang aring juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati dan juga mengatasi gangguan yang terjadi pada lambung. Gangguan yang terjadi pada bagian lambung biasanya meliputi diare, maag, asam lambung dan juga radang dan iritasi pada bagian lambung. Cara mengolahnya pun cukup mudah, anda dapat meminum air rebusan dari daun urang aring atau juga dapat mengkonsumsi daun tersebut sebagai lalapan.

7. Menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit

Daun urang aring pun ternyata memiliki manfaat yang baik untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit eksternal, terutama pada bagian kulit. Beberapa penyakit kulit yang dapat disembuhkan, seperti ruam dan iritasi kulit, eksim, kutu air, dan juga bekas luka dapat disembuhkan dengan menggunakan daun urang aring.

Berikut ini adalah langkah mudah untuk memanfaatakan daun urang aring untuk mengobati berbagai macam gangguan pada kulit :

  • Ambil beberapa lembar daun urang aring
  • Iris dan Rajang kasar daun urang aring
  • Remas sedikit daun urang aring, lalu tempelkan dan kompres pada bagian kulit yang mengalami gangguan

8. Menyembuhkan dan mengatasi sengatan dari hewan berbisa

Manfaat daun urang aring juga dapat membantu anda dalam mengatasi sengatan akibat hewan yang berbisa. Dengan mengompres luka bekas gigitan hewan berbisa, maka racun yang masuk ke dalam tubuh anda dapat segera dinetralisir. Namun demikian ini hanyalah berlaku pada bisa hewan yang ringan, dan juga berlaku untuk pertolongan pertama. Untuk khasiat yang lebih afektif dapat menggunakan obat penawar bisa yang lebih ampuh lagi.

9. Sebagai bahan makanan

Ternyata, daun uran garin gjga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan makanan. Anda dapat membuat lauk berupa tumisan daun urang aring. Bisa juga dibuat sebagai bentuk lalapan daun urang aring, sebagai teman makan anda sehari-hari.

10. Mendinginkan kepala

Manfaat terakhir dari daun urang aring, terutama yang sudah diekstrak menjadi minyak urang aring. Sangat baik untuk membantu mendinginkan dan juga menjaga kelembaban dari kulit kepala anda. Hal ini akan membuat kulit kepala adana menajdi tetap terasa segar, dan juga mencegah kemunculan ketombe dan juga kutu pada kulit kepala anda.

Itulah beberapa manfaat daun urang aring yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda mengenai tanaman tanaman herbal alami.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 13th, July 2015 / 06:58 Oleh :
Kategori : Tumbuhan