Sponsors Link

31 Manfaat Daun Tapak Dara Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Jika mendengar nama daun tapak dara mungkin sebagian besar anda masih asing mendengarnya namun jika anda melihat penampakan dari daun tapak dara ini pasti anda cukup familiar karena daun tapak dara adalah daun dari salah satu tanaman hias yang banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai penghias rumah. Bunganya yang berwarna merah jambu nan indah menjadikan magnet bagi mata yang memandang. Ternyata bukan hanya bunganya saja yang menarik namun daun yang bernama daun tapak dara ini juga cukup menarik terutama khasiatnya bagi kesehatan.

ads

artikel terkait:

Tidak banyak orang yang tahu bahwa daun tapak dara ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sejak dahulu para ahli herbal sudah menggunakan daun tapak dara ini sebagai obat alternatif guna mengobati berbagai masalah kesehatan yang sudah dirasakan manfaatnya. Daun tapak dara yang memiliki nama latin Catharanthus Reseus L telah dibuktikan memiliki berbagai kandungan zat yang sangat baik untuk tubuh dan mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Kandungan daun tapak dara

Nah, berikut ini adalah beberapa kandungan zat yang terdapat di dalam daun tapak dara dan sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain adalah:

  • Ajmalcine
  • Vinrosidin
  • Leurosine
  • Reserpine
  • Viblastime
  • Locherine
  • Vindolinine
  • Akuammine
  • Vincamine

Tentu saja masih banyak kandungan zat lainnya yang tidak disebutkan di atas. Jadi, daripada anda menanam tanaman tapak dara sebagai hiasan saja lebih baik digunakan sebagai obat alternatif bagi anda yang sedang merasa ada masalah di tubuh.

artikel terkait: manfaat belimbing untuk hipertensimanfaat mengkudu untuk hipertensi

Manfaat daun tapak dara

Namun, mungkin anda penasaran apa saja kehebatan dari daun tapak dara untuk mengatasi gangguan kesehatan dan apa sajakah jenis penyakit yang mampu diatasi oleh daun tapak dara ini, berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun tapak dara yang perlu anda ketahui:

  1. Menurunkan demam

Demam dapat dialami siapa saja baik anak kecil hingga dewasa. Demam terkadang tidak mudah disembuhkan apalagi jika demam terlalu tinggi bahkan bisa mengakibatkan kejang-kejang. Jika terjadi hal demikian maka harus segera diatasi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Salah satu cara yang dapat anda gunakan adalah dengan meminum air rebusan dari daun tapak dara. Ini sudah terbukti mampu menurunkan demam lebih cepat dan lebih efisien karena di dalam daun tapak dara mengandung anti piretik yang dapat menurunkan suhu tubuh lebih cepat.

artikel terkait: manfaat ketumbar ntuk darah tinggi

  1. Mengatasi susah buang air kecil

Susah buang air kecil tidak dapat disepelekan begitu saja karena selain menimbulkan rasa sakit itu juga dapat menjadi salah satu indikasi adanya penyakit lainnya yang lebih serius. Oleh karena itu jika anda mengalami susah buang air kecil disertai rasa sakit yang cukup parah harus segera diatasi. Selain berobat ke dokter anda juga dapat menggunakan daun tapak dara sebagai salah satu solusinya. Daun tapak dara bersiat dierutik yang sangat baik untuk menyehatkan kandung kemih sehingga buang air akan menjadi lebih lancar. Minum rebusan daun tapak dara secara rutin paling tidak satu kali sehari dan anda akan merasakan perbedaannya pada tubuh anda.

Sponsors Link

  1. Mengatasi luka bakar

Mengalami luka bakar memang tidak menyenangkan karena selain sakit, pedih juga akan menimbulkan bekas pada kulit. Terlebih lagi luka bakar ini biasanya didapatkan dari kejadian yang tidak terduga misalnya terkena knalpot, setrika, kompor, api dan lainnya dan bisa menyebabkan trauma. Oleh karena itu anda sebaiknya segera mengatasi luka bakar supaya sakit yang dirasakan cepat hilang. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan daun tapak dara. Cara yang dilakukan sangatlah mudah yaitu dengan menempelkan tumbukan daun tapak dara pada luka bakar untuk mencegah luka bakar semakin melepuh. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal dan lebih cepat kering.

artikel terkait: manfaat jambu biji untuk demam berdarah

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Saat ini kasus penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi semakin bertambah bahkan sangat pesat. Tentu saja ini juga dikarenakan gaya hidup orang modern yang sangat dinamis. Tekanan darah tinggi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja karena tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab dari penyakit serius lainnya seperti stroke dan serangan jantung. Tentunya penyakit tersebut sangat berbahaya dan menjadi penyebab kematian bagi banyak kasus. Untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi anda dapat mengatasinya dengan obat alternatif herbal daun tapak dara. Caranya dengan meminum air rebusan daun tapak dara secara rutin setiap hari.

  1. Mencegah penyakit kanker rahim

Kanker rahim merupakan penyakit yang paling banyak membunuh wanita yang disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah karena radikal bebas. Anda disarankan untuk mengonsumsi daun tapak dara untuk membantu mencegah kanker rahim karena di dalam daun tapak dara terdapat kandungan penangkal radikal bebas yang sangat baik bagi tubuh.

artikel terkait: manfaat bawang merah untuk payudara

  1. Mencegah kanker payudara

Selain kanker rahim, penyakit lainnya yang menjadi pembunuh wanita adalah kanker payudara. Dewasa ini kanker payudara ini semakin banyak dialami oleh para wanita di berbagai belahan dunia. Keadaan ini tentu saja harus menjadi perhatian bagi semua orang tidak hanya wanita saja namun pria juga harus memahami penyakit yang satu ini. Anda dapat mencegah terjadinya kanker payudara dengan cara mengonsumsi air rebusan daun tapak dara secara rutin setiap hari.

ads
  1. Mencegah kanker usus

Bagi orang modern seperti saat ini kanker usus bukan hal baru lagi bahkan dapar dibilang kasusnya semakin meningkat. Ini tidak lain juga dipengaruhi oleh pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat serta terlalu banyak radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Untuk membantu mencegah penyakit kanker usus lebih baik anda rajin mengonsumsi air rebusan daun tapak dara mulai dari sekarang untuk mendapatkan usus lebih sehat.

artikel terkait: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

  1. Mencegah kanker darah atau leukemia

Penyakit kanker darah atau leukemia memang tidak sebanyak kasus kanker yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun anda perlu tahu bahwa penyakit kanker darah ini sangat berbahaya dan mampu merenggut nyawa lebih cepat. Oleh karena itu anda patut mewaspadai penyakit ini supaya tidak berkembang di dalam tubuh. Cara terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan juga konsumsi rutin air rebusan daun  tapak dara setiap hari.

  1. Membantu mencegah tumor

Selain kanker, penyakit lainnya yang juga tidak kalah berbahayanya adalah tumor. Baik tumor jinak maupun tumor ganas mampu tumbuh dalam tubuh tanpa diketahui sebelumnya. Oleh karena itu anda perlu tindakan pencegahan sebelum tumor berkembang dalam tubuh. Salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan bantuan daun tapak dara yang direbus dan diminum air rebusannya supaya dapat membantu mencegah tumor. Tentu saja anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter apakah metode ini aman bagi anda karena kondisi tubuh seseorang berbeda satu sama lain.

artikel terkait: manfaat jamu bersih darah

  1. Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah dalam tubuh yang terlalu tinggi sangatlah tidak baik dan dapat menyebabkan diabetes. Penyakit ini sangat berbahaya karena akan menggerogoti sel tubuh anda secara pelan-pelan. Selain menjalani pengobatan medis, pengobatan herbal pendamping juga perlu anda lakukan supaya hasilnya maksimal. Caranya adalah dengan mengonsumsi secara rutin air rebusan daun tapak dara akan membantu menurunkan kadar gula darah lebih cepat dan efisien.

  1. Mencegah stress

Jika anda merasa penat dan galau dengan kondisi saat ini mungkin saja anda tengah mengalami stres. Stres ini meskipun kondisi psikis namun efeknya sangat tidak baik pada fisik. Cobalah untuk melakukan olahraga yang fokus pada pikiran seperti yoga dan minum teh daun tapak dara akan membantu merilekskan pikiran anda sehingga stress lebih mudah diobati.

artikel terkait: manfaat daun alpukat untuk hipertensi

  1. Mencegah insomnia

Insomnia atau gangguan tidur juga sering terjadi pada orang modern saat ini karena pikiran yang tidak tenang dan tidak rileks. Insomnia jika dibiarkan akan menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat serius. Oleh karena itu anda perlu mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi teh daun tapak dara. Di dalam daun tapak dara mengandung zat yang mampu menenangkan saraf otak sehingga kualitas tidur anda akan lebih baik.

  1. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah merupakan hal penting dalam tubuh, jika terdapat gangguan pada peredaran darah akan menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat serius seperti stroke dan serangan jantung. Mengonsumsi daun tapak dara secara rutin mampu membantu melancarkan peredaran darah supaya lebih lancar.

artikel terkait: manfaat kapur sirih untuk payudara

Sponsors Link

  1. Mengatasi batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang lebih banyak dialami oleh kaum pria dan disebabkan oleh kurangnya asupan air putih dan banyak mengonsumsi alkohol atau gaya hidup tak sehat lainnya. Batu ginjal jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi pada ginjal. Cara untuk mengatasi batu ginjal dengan mudah dan aman adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun tapak dara rutin setiap hari.

  1. Sebagai detoksifikasi

Proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh sangatlah penting supaya racun dan radikal bebas dalam tubuh dapat keluar dan tidak menyebabkan penyakit. Dengan mengonsumsi rebusan daun tapak dara dapat membantu proses detoksifikasi lebih cepat dan efisien.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi penderita darah tinggi

Itulah 15 manfaat dari daun tapak dara yang perlu anda ketahui. Hanya dengan mengonsumsi rebusan daun tapak dara secara rutin ternyata mampu mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya bagi tubuh. Berikut ini adalah 16 manfaat lainnya dari daun tapak dara.

  1. Mengatasi malaria
  2. Mengatasi asma
  3. Mengatasi radang tenggorokan
  4. Mengatasi hepatitis
  5. Mengobati batuk
  6. Mengobati pilek
  7. Membantu melancarkan haid
  8. Mengobati anemia
  9. Mengatasi gondok
  10. Mengatasi bisul
  11. Mengatasi borok
  12. Melancarkan pencernaan
  13. Mengatasi disentri
  14. Mengatasi muntaber
  15. Mengatasi panas dalam
  16. Mengatasi tremor

artikel terkait: manfaat pengecekan golongan darah

Daun tapak dara sangat bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Jika anda masih ragu segera konsultasikan dengan dokter anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 17th, June 2017 / 08:32 Oleh :
Kategori : Herbal