Sponsors Link

31 Manfaat Daun Suruhan Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Daun suruhan yang juga dikenal dengan nama daun tumpangan air memiliki bentuk agak lebar dan terlihat seperti daun yang menampung air hujan. Ukuran tanamannya sendiri berbentuk kecil dan akar pendek serta tangkai yang pendek juga. Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di sekitar sawah atau tanah yang lembab. Dalam daun suruhan mengandung banyak kegunaan herbal alami seperti alkaloid, minyak atsiri, lemak, tanin serta kalsium oksalat  yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

ads

Tanaman suruhan ini juga cukup mudah dibudidayakan di halaman rumah kamu, sehingga tidak perlu repot mencari daun ini untuk menyembuhkan penyakit. Suruhan juga dikenal dengan beberapa sebutan lainnya seperti pansit pansitan [Pilipina], Saladan [Jawa], Rangu rangu [Sunda], tumpangan air [Betawi dan Sumatera] dan Gofu Goroho [Maluku]. Berikut ini akan kami jelaskan manfaat daun suruhan untuk kesehatan dan berbagai penyakit yang bisa kamu gunakan sebagai pengobatan alternatif murah sebab merupakan jenis tanaman liar yang bisa didapatkan dengan mudah.

Artikel terkait:

  1. Membunuh Bakteri

Daun suruhan ini bisa digunakan sebagai obat herbal dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri serta kuman sehingga tubuh akan terlindungi dari infeksi serta penyakit menular ringan sampai yang berbahaya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada daun suruhan ini membuktikan terdapat kandungan senyawa yang disebut dengan patuloside A dan glikosida xanthone yang memiliki efek sangat kuat dalam melawan bakteri di dalam tubuh kamu.

  1. Mengatasi Sakit Menstruasi

Untuk kamu yang sering mengalami nyeri serta kram pada saat haid atau menstruasi, juga bisa memanfaatkan daun suruhan ini untuk menghilangkan masalah tersebut tanpa menimbulkan efek samping.

  1. Anti Inflamasi

Daun suruhan juga berperan sebagai anti inflamasi alami yang bisa menyembuhkan radang dan mencegah radang tersebut datang kembali.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Sakit Perut

Saat mengalami gangguan perut yang menimbulkan rasa sakit, melilit atau kram juga bisa diatasi dengan daun suruhan ini. Kandungan alami yang terdapat di dalam daun suruhan akan langsung bekerja mengatasi sakit perut sekaligus membunuh bakteri penyebab sakit perut tersebut.

  • Siapkan 1 genggam daun suruhan segar dan cuci sampai bersih.
  • Haluskan daun suruhan tersebut lalu peras sarinya dan minum sari daun suruhan tersebut.
Sponsors Link

  1. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala, migrain atau vertigo bisa hilang dengan menggunakan daun suruhan ini yakni dengan minum air rebusan daun suruhan secara rutin sampai sakit kepala bisa sembuh total.

  1. Mengatasi Nyeri

Berbagai masalah nyeri seperti nyeri otot, nyeri pada persendian bisa diatasi dengan mudah yakni memanfaatkan daun suruhan sebagai pengobatan alami.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Pegal Linu

Pegal linu yang menimbulkan rasa letih, linu, pegal, lemas dan tidak bertenaga bisa dipulihkan hanya dengan memanfaatkan daun suruhan. Daun suruhan akan memberikan energi sekaligus membangkitkan stamina kamu dengan mengkonsumsi daun suruhan secara teratur.

  1. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun suruhan yang mengandung ekstrak etanol. Caranya dengan merebus daun suruhan dan minum air rebusan tersebut setiap hari sampai asam urat bisa hilang sekaligus mencegah kambuhnya asam urat kembali.

  • Cuci bersih 5 gram daun suruhan segar lalu rebus dengan 2 gelas air.
  • Rebus dengan api yang kecil sampai tersisa 1 gelas saja. Dinginkan dan minum 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari secara teratur.
ads
  1. Menyembuhkan Jerawat dan Bisul

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat serta bisul yakni dengan menggunakan air rebusan daun untuk mencuci muka dan membasuh bisul. Cara lainnya adalah dengan minum air rebusan daun suruhan.

  • Siapkan 2 tanaman suruhan berukuran kecil sekitar 10 cm dan cuci sampai bersih.
  • Rebus tanaman dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja.
  • Minum air rebusan tersebut secara rutin sebanyak 1 gelas per harinya selagi hangat.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Luka Bakar

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk mengobati luka pada kulit khususnya luka bakar. Dengan menggunakan daun suruhan, sakit yang ditimbulkan dari luka bakar bisa dikurangi sekaligus menyembuhkan luka bakar lebih cepat.

  • Siapkan segenggam daun suruhan segar lalu cuci sampai bersih.
  • Haluskan daun suruhan dan tempelkan langsung pada area kulit yang mengalami luka bakar atau terpukul.
  • Bungkus dengan perban dan diamkan selama beberapa saat dan jangan lupa mengganti daun suruhan secara berkala.
  1. Mengatasi Penyakit Ginjal
  • Siapkan 1 pohon suruhan segar berukuran 10 cm dan cuci sampai bersih.
  • Rebus tanaman dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja.
  • Minum air rebusan sebanyak 1 gelas sebanyak 2 kali sehari dan jangan disimpan.
  • Pastikan kamu minum air rebusan daun suruhan segar setiap akan dikonsumsi.
  1. Sebagai Obat Anti Kanker

Daun suruhan juga bisa dijadikan obat alternatif untuk pencegahan penyakit kanker sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker karena terkandung senyawa P. Pellucida di dalam ekstrak daun suruhan tersebut.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Antioksidan Alami

Dalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan jika daun suruhan memiliki fungsi kuat dalam menangkal radikal bebas sehingga bisa digunakan sebagai antioksidan alami.

  1. Sebagai Antibiotik Alami

Daun suruhan ini juga akan bekerja sebagai antibiotik alami yang akan menekan sekaligus mencegah pertumbuhan dari mikroorganisme tidak baik serta parasit sehingga juga akan mencegah terjadinya infeksi.

  1. Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kandung kemih sekaligus menghilangkan kotoran serta bakteri yang menempel pada saluran kemih, sehingga kesehatan kandung kemih bisa tetap terjaga dengan baik.

  1. Mengatasi Katarak

Getah dari tanaman suruhan ini juga sangat bermanfaat untuk dipakai sebagai obat tetes mata sebagai obat katarak, infeksi mata, radang dan berbagai masalah mata lainnya.

  1. Mengatasi Radang Kulit

Untuk mengatasi radang pada kulit, kamu juga bisa memanfaatkan air rebusan daun ini sebagai obat alami mengatasi penyakit yang ada di permukaan kulit kamu.

  • Siapkan satu genggam daun suruhan segar lalu cuci sampai bersih.
  • Rebus daun suruhan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 2 gelas saja.
  • Saring dan dinginkan air rebusan lalu minum sebanyak 2 kali dalam sehari dengan takaran 1 gelas setiap kali minum.
  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh juga bisa dinetralkan atau diturunkan dengan memanfaatkan air rebusan daun suruhan dengan sangat cepat dan ampuh. Konsumsi air rebusan daun suruhan ini secara teratur agar kadar kolesterol dalam darah bisa tetap stabil.

Sponsors Link

  1. Mengatasi Impotensi

Tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai penyakit pencernaan, kepala dan mengatasi gangguan kulit, namun air rebusan daun suruhan juga berkhasiat untuk mengatasi impotensi pada pria secara alami.

  1. Mengatasi Demam

Untuk mengatasi demam pada anak ataupun orang dewasa juga bisa didapat dari daun suruhan yakni dengan menghaluskan segenggam daun suruhan lalu menempelkannya pada kepala. Cara lainnya adalah dengan minum air rebusan daun suruhan sampai demam bisa turun.

Artikel terkait:

Manfaat Lain Daun Suruhan

Selain beberapa kegunaan diatas, daun suruhan juga memiliki banyak kegunaan lain seperti:

  • Mengatasi sakit perut
  • Melancarkan saluran kemih
  • Mengatasi sekaligus mengurangi kolik pada bayi
  • Menghentikan pendarahan
  • Mengobati kanker payudara
  • Mengatasi sakit campak
  • Menyembuhkan gangguan mental
  • Mengobati batuk
  • Mengatasi tekanan darah tinggi
  • Mengobati abses
  • Menyembuhkan radang mata

Artikel terkait:

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai manfaat daun suruhan untuk mengatasi berbagai penyakit. Untuk kamu yang memiliki masalah pernapasan seperti asma dan sedang menyusui atau memberikan ASI pada bayi, tidak disarankan untuk minum atau makan daun suruhan. Meskipun jarang terjadi, daun suruhan ini bisa menyebabkan alergi pada penderita asma ataupun saat menyusui bayi. Daun suruhan ini juga nikmat disantap mentah sebagai lalapan dengan tekstur yang renyah seperti seledri dan rasa yang sedikit pedas dengan efek menyejukkan, semoga bisa bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 04th, July 2017 / 15:42 Oleh :
Kategori : Herbal