Manfaat Daun Sukun Untuk Hepatitis (Obat Herbal)

Pohon sukun merupakan salah satu jenis pohon yang mudah di temukan terlebih pada wilayah pedesaan. Tumbuhan yang dapat tumbuh besar ini memiliki daun lebar dan memiliki buah yang dapat dikonsumsi dengan berbagai macam olahan. Selain buah dari pohon sukun, daun dari tanaman ini juga telah banyak diteliti dan ditemukan berbagai macam khasiat ketika daun sukun diolah menjadi obat herbal. Salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan daun sukun yakni penyakit hepatitis.  Penyakit hepatitis ini sangat berbahaya karena menyerang salah satu organ yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh, yakni organ hati.

artikel terkait:

Penyebab Terjadinya Penyakit Hepatitis

Secara umum, masyarakat mengetahui bahwa penyakit hepatitis dibagi menjadi tiga kelompok, yakni hepatitis A, hepaitis B dan hepatitis C. Salah satu penyebab munculnya penyakit hepatitis yakni disebabkan oleh virus yang dibawa oleh makanan yang masuk di dalam tubuh. Selain disebabkan oleh virus, hepatitis juga dapat terjadi karena organ hati melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan adanya pengaruh radikal bebas yang dibawa oleh makanan yang kurang sehat yang kemudian masuk di dalam tubuh.  Penyakit Hepatitis yang menyerang organ hati dapat merusak sel sel yang ada dalam organ hati. Ketika hepatitis menyerang organ hati, dapat diketahui beberapa gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit tersebut.

artikel terkait: manfaat teh hijau kepala jenggotmanfaat vaksin hepatitis Bmanfaat mangga gedong

Gejala Terjadinya Penyakit Hepatitis

Hati merupakan salah satu organ yang sangat penting karena memiliki fungsi yang penting dalam menetralisi semua racun yang masuk di dalam tubuh yang disebabkan oleh makanan. Organ hati juga memiliki fungsi dalam pencernaan gizi makanan, seperti karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu, organ hati juga memiliki tugas untuk melakukan metabolisme tubuh. Ketika organ hati mengalami kerusakan seperti disebabkan oleh penyakit hepatitis, semua fungsi dan tugas organ hati akan terganggu. Terganggunya organ hati ini memiliki pengaruh terhadap kesehatan dan kondisi tubuh. Orang yang mengalami hepatitis biasanya akan merasa lemah dan tidak memiliki energi yang disertai dengan demam.

Ketika sudah muncul tanda awal terjadinya hepatitis maka perlu dilakukan penanganan agar penyakit yang diderita tidak semakin parah dan merusak organ tubuh lainnya. pengobatan penyakit hepatitis ini sudah memiliki banyak cara, baik dengan medis maupun tradisional. Namun sekarang ini, pengobatan tradisional lebih banyak diminati oleh masyarakat luas karena dirasa lebih efektif dan tidak memiliki efek samping. Salah satu bahan alami yang dapat dijadikan sebagai pengobatan penyakit diabetes yakni dengan menggunakan daun sukun.

artikel terkait: manfaat jus mengkudumanfaat ikan kutukmanfaat getah gambir


Pengobatan Hepatitis Menggunakan Daun Sukun

Seperti yang telah di jelaskan di atas, daun sukun memiiki manfaat yang diguanakan untuk mengatasi penyakit hepatitis. Dengan meracik daun sukun sebagai bahan alami obat tradisional, salah satu manfaatnya yakni untuk mengatasi penyakit hepatitis. Ada dua cara meracik daun sukun sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional :

1. Cara Pertama

  • Siapkan daun sukun yang sudah berwarna kuning, empu, kunyit putih, kunyit kuning, 600 ml air dan gula aren serta garam secukupnya.
  • Cuci bersih semua bahan yang telah disiapkan kemudian potong hingga menjadi potongan yang kecil.
  • Rebus 600 ml air dan masukkan seluruh bahan yang sudah disiapkan kecuali gula aren dan garam.
  • Tunggu rebusan hingga mendidih dan hanya tersisa 200 ml saja.
  • Saring air rebusan campuran bahan tersebut dalam gelas dan tunggu hingga dapat diminum.
  • Tambahkan gula aren dan garam untuk menjagadaya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah.
  • Minum secara rutin sebanyak 1 gelas setiap hari.

artikel terkait: manfaat bunga kertasmanfaat obat grastolan

2. Cara Kedua

  • Ambil daun sukun yang sudah berwarna kuning tua yang jatuh dari pohon kemudian cuci bersih.
  • Rajang daun sukun tersebut menjadi potongan kecil.
  • Rebus rajangan daun sukun kuning tersebut dalam air sekitar 1600ml.
  • Rebus mendidih hingga menjadi sekitar 400 ml.
  • Saring air rebusan daun sukun tersebut dalam gelas.
  • Setelah mendingin air rebusan tersebut dapat diminum, agar mendapatkan hasil yang efektif, dapat diminum sebanyak 3 kali dalam sehari sesudah makan.

artikel terkait: manfaat lumut tandukmanfaat rebung bambu kuning

Dari cara pengobatan tradisional yang telah ada, beberapa penyakit dapat diatasi masalahnya dengan daun sukun, salah satunya hepatitis. Dengan meminum rutin air rebusan daun sukun tersebut, penyakit hepatitis dalam organ hati, lambat laun akan teratasi.

, ,
Post Date: Saturday 01st, October 2016 / 10:28 Oleh :
Kategori : Herbal