Sponsors Link

Manfaat Daun Sukun Untuk Penyakit Ginjal

Sponsors Link

Ginjal merupakan sepasang organ di dalam tubuh yang sangat penting keberadaannya. Ginjal terletak di bagian belakang perut atau tepatnya di bawah tulang rusuk. Bentuk dari ginjal ini seperti kacang merah kembar di dalam tubuh. fungsi dari ginjal ini sangat penting seperti melakukan penyaringan pada sisa metabolisme tubuh, menyaring darah dan juga membuang racun dan kotoran dalam tubuh. selain itu fungsi penting lainnya dari ginjal adalah menjaga kadar keseimbangan garam dan air dalam tubuh sehingga tubuh tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basa.

ads

Fungsi dari ginjal lainnya adalah sebagai berikut:

  • Ginjal adalah organ yang memproduksi enzim rennin dimana enzim inilah yang membantu mengatur tekanan darah tetap normal.
  • Ginjal juga menghasilkan sejumlah senyawa aktif dari vitamin D yang kemudian dapat diserap oleh tulang.
  • Selain itu senyawa eritoprotein yang mampu menstimulasi produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.
  • Ginjal mengatur senyawa kimia dalam tubuh yang berkaitan dengan kerja jantung dan otot supaya tetap terkoordinasi dengan baik.

Karena fungsinya ini sangat penting, jadi ketika ginjal mengalami gangguan atau kerusakan pada fungsinya maka akan terjadi penumpukan kotoran sisa metabolisme di dalam tubuh yang biasanya ditandai dengan pembengkakan pada bagian pergelngan kaki, sekitar mata, tubuh lemas, sesak napas, kurang tidur dan juga muntah-muntah. Penyakit ginjal bukanlah penyakit yang bisa anda abaikan karena sangat berbahaya, jika ginjal sudah tidak berfungsi maka akan menyebabkan kematian.

artikel terkait sakit ginjal:

Macam-macam penyakit ginjal

Setidaknya terdapat beberapa jenis penyakit ginjal yang dialami oleh orang saat ini. semua jenis penyakit ginjal tidak ada yang lebih baik jadi jika bisa memilih lebih baik tidak menderita semua jenis penyakit ginjal ya. berikut ini adalah macam-macam gangguan pada ginjal.

  • Penyakit ginjal akut

Penyakit ginjal akut adalah keadaan dimana fungsi organ ginjal tiba-tiba berhenti begitu saja. jika kondisi ini terjadi maka penumpukan sisa metabolisme tubuh bisa menumpuk dalam tubuh dan membuat tubuh juga akan mengalami gangguan pada kinerjanya. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh adanya volume darah yang bekurang drastis akibat, selain itu juga mengalami gangguan pada pembuluh darah.

  • Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis merupakan kondisi dimana ginjal kehilangan fungsinya secara bertahap dan kemudian pada titik tertentu mengalami kemandekan. Gejala dari gagal ginjal kronis ini antara lain adalah sesak nafas, mual dan rasa lelah. Karena gejala yang cukup umum ini, banyak penderita gagal ginjal kronis yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita penyakit tersebut.

  • Infeksi ginjal

Infeksi ginjal terjadi karena adanya perpindahan bakteri yang berasal dari kandung kemih dan naik ke salah satu atau dua ginjal sekaligus. Hal ini kemudian menyebabkan ginjal menjadi sakit. Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya komplikasi dari penyakit infeksi saluran kencing.

  • Batu ginjal

Batu ginjal merupakan kondisi dimana terjadi pembentukan Kristal atau batu di dalam ginjal yang terbuat dari mineral dan garam yang menumpuk di dalam salah satu atau kedua ginjal. Gejala dari batu ginjal ini tidak akan dirasakan saat ukuran batu ginjal masih kecil namun jika sudah besar akan membuat sakit saat melakukan buang air kecil. Batu ginjal yang sudah berukuran besar dapat bergesekan dengan ureter sehingga ureter mengalami luka dan akhirnya menyebabkan kencing darah.

  • Ginjal polikistik

Ginjal polikistik merupakan kondisi dimana di dalam ginjal terdapat kista, sebuah kantong berisi cairan di dalam ginjal. Kista seperti ini juga bisa terjadi di dalam organ hati dan lainnya. penyebab dari ginjal polikistik ini bisa karena keturunan atau karena gaya hidup tidak sehat.

artikel terkait: manfaat vtamin B6manfaat ikan kutukmanfaat vitamin E untuk kesuburan

Pengobatan herbal sakit ginjal menggunakan daun kelor

Pengobatan sakit ginjal yang harus anda lakukan pertama kali adalah periksa ke dokter. Hal ini sangat penting untuk anda karena bisa melihat diagnose penyakit yang tepat sehingga bisa dilakukan pengobatan yang tepat pula. Pada banyak kasus, penyakit ginjal tidak dapat disembuhkan namun bisa dikurangi gejalanya dan juga diredakan. Pada beberapa kasus juga para penderita penyakit ginjal harus mendapatkan cangkok ginjal baru karena ginjal yang dimiliki sudah tidak memungkinkan untuk berfungsi lagi.

Namun menemukan donor ginjal yang tepat bukanlah perkara mudah karena harus benar-benar cocok. Selain itu jika sudah mendapatkan ginjal yang cocok bukan berarti orang tersebut mau mendonorkan bukan? Selain itu biayanya sudah jelas sangat mahal. Anda bisa mengkombinasikan pengobatan dokter dengan menggunakan obat herbal dari daun sukun.

ads

Daun sukun merupakan salah satu daun yang cukup dikenal namun tidak banyak orang yang mengetahui jika itu baik unttuk mengatasi sakit ginjal. Daun sukun dipilih sebagai obat herbal untuk sakit ginjal karena di dalam daun sukun mengandung berbagai unsur kimia alami yang dibutuhkan oleh tubuh dan ginjal. Kandungan di dalam daun sukun seperti tannin, asam hidrosianat, riboflavin, dan flavoid serta aseticolin juga sangat baik untuk proses recovery sel di dalam organ ginjal.

Selain mampu mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan pada ginjal, daun sukun juga sangat ampuh dalam mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan lainnya misalnya untuk mengobati penyakit kardiovaskuler atau penyakit karena adanya penyumbatan pembuluh darah  sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan juga tekanan darah tinggi. daun sukun sangat baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit ginjal baik diolah secara tradisional ataupun yang sudah diolah oleh pabrik.

artikel terkait: mafaat daun binahong untuk asam uratmanfaat daun mangga keringmanfaat rimpang jahe

Cara mengolah daun sukun untuk sakit ginjal

Daun sukun bisa digunakan sebagai bahan untuk melakukan cuci darah alami pada ginjal. Selain karena lebih ekonomis dan terjangkau, daun sukun ini juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. berikut ini adalah cara untuk membuat daun sukun menjadi obat herbal sakit ginjal.

  • Siapkan beberapa lembar daun sukun yang sudah dicuci bersih
  • Kemudian rebuslah daun sukun pada air 3 gelas dan tungggu hingga mendidih. Usahakan tunggu hingga daun sukun hancur saat direbus
  • Kemudian setelah matang angkat, saring dan dinginkanlah ramuan tersebut hingga menyisakan air rebusan daun sukun tersebut.
  • Konsumsilah secara rutin sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari secar rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Jika anda tidak terlalu suka dengan rasanya maka anda bisa menambahkan gula jawa, madu dan daun sereh untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih enak.

Pengoobatan herbal ini patut anda coba karena aman, mudah dan sehat serta terjangkau bagi anda. Selain itu juga tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. anda juga bisa membuat ektrak daun sukun saja jika ingin lebih praktis namun saat ini masih jarang yang menjual ekstrak daun sukun sehingga anda harus membuartnya sendiri.

artikel terkait: manfaat okra merah

Jaga kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan tubuh dan ginjal adalah hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang di dunia ini. ginjal memiliki fungsi penting bagi tubuh sehingga harus senantiasa berada dalam kondisi optimal supaya tubuh tetap sehat. berikut ini adalah cara menjaga kesehatan ginjal.

  • Makan makanan yang bergizi dan yang baik untuk ginjal, usahakan jangan berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi.
  • Minumlah air putih secukupnya yaitu 8 gelas per hari, kebutuhan setiap orang akan air putih ini sebenarnya berbeda-beda bisa jadi anda lebih banyak atau lebih seidkit dari 8 gelas air per harinya. Kuncinya adalah langsung minum ketika anda haus dan jangan sampai anda mengalami dehidrasi. Air putih sangat membantu ginjal saat melakukan penyaringan sisa metabolisme dalam tubuh.
  • Olahraga tertatur dan rutin serta hindari merokok dan minum minuman beralkohol.

artikel terkait: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensimanfaat daun sirsak untuk kista ovarium

Demikian ulasan mengenai manfaat daun sukun untuk ginjal. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 25th, August 2016 / 06:36 Oleh :
Kategori : Herbal