12 Manfaat Daun Srikaya – Biji – Buah – Akar

Tanaman srikaya yang memiliki nama latin Annoa squamosa merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di iklum tropis dan masuk dalam genus annoa. Tamana srikaya ini bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia dan beberapa negara lainnya yang memiliki iklim tropis. Di Indonesia sendiri biasanya tanaman srikaya akan tumbuh dengan sendirinya di pekarangan depan atau belakang rumah. sekilas jika melihat penampakannya tanaman srikaya ini hampir sama dengan buah sirsak, namanya pun sebenarnya hampir sama. Tanaman srikaya memiliki pohon yang bisa tumbuh hingga mencapai 3-5 meter tingginya. Yang paling terkenal dari tanaman srikaya ini adalah buahnya karena memiliki rasa enak dan khas.

Selain memiliki rasa yang enak dank has ternyata tanaman srikaya ini juga sudah terkenal digunakan sebagai obat herbal pada beberapa tempat. Hal ini sebenarnya sudah tidak mengherankan lagi karena memang khasiatnya yang baik bagi tubuh. seluruh tanaman srikaya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh mulai dari pohon, buah, daun, biji dan akarnya. Pada beberapa negara seperti amerika, mexico, Africa dan lainnya pun lebih sering menganggap srikaya sebagai obat herbal dibandingkan dengan sebagai buah konsumsi.

artikel terkait manfaat daun:

Pengobatan herbal saat ini memang sedang menjadi incaran oleh banyak orang setelah mengetahui efek samping dari penggunaan obat kimia pabrik yang ternyata cukup berbahaya bagi tubuh. bagi anda yang saat ini sedang mengalami beberapa gangguan kesehatan pun bisa menjadikan tanaman srikaya ini menjadi obat tradisional dan herbal yang aman dan sehat untuk anda konsumsi.

Kandungan nutrisi tanaman srikaya

Di dalam buah dan biji serta daun srikaya sangat banyak memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada di dalam biji, buah dan daun srikaya yang perlu anda ketahui.

  • Di dalam buah srikaya mengandung vitamin B6 cukup tinggi, vitamin B6 ini mampu mencegah terjadinya penumpukan hemosistein yang bisa membuat terjadinya gangguan pada jantung.
  • Selain itu di dalam buah dan biji srikaya juga mengandung kandungan riboflvabvin yang sangat baik untuk perkembangan tubuh. vitamin B kompleks merupakan salah satu jenis vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh karena kehadirannya akan lebih memaksimalkan kinerja tubuh menjadi lebih optimal.
  • Bukan hanya vitamin B saja yang ada di dalam buah srikaya namun juga ada vitamin C yang sangat baik sebagai antioksidan tubuh alami. Dengan adanya antioksidan ini, buah srikaya mampu melawan berbagai jenis radikal bebas yang bisa membuat tubuh cepat sakit.
  • Kandungan niacin yang ada di dalam buah srikaya juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga tidak terjadi penumpukan kolesterol yang sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.
  • Kandungan nutrisi lainnya yang ada di dalam buah, biji dan daun srikaya adalah serat yang cukup tinggi. serat yang ada di dalam buah srikaya terdiri dari serat larut dan serat tidak larut dimana keduanya sangat bermanfaat bagi tubuh terutama pada proses pencernaan. Pencernaan akan menjadi lebih lancar dengan mengonsumsi srikaya, jadi jika anda saat ini sedang mengalami masalah konstipasi, sembelit dan sedang dalam program penurunan berat badan atau diet maka buah srikaya bisa menjadi makanan yang tepat bagi anda. Selain itu manfaat serat lainnya adalah untuk mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga sangat baik untuk para penderita diabetes atau kencing manis.
  • Kandungan lainnya yang ada di dalam buah, biji dan daun srikaya adalah asam folat. Asam folat merupakan zat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak pada janin yang masih ada di dalam kandungan. Oleh karena itu bagi anda yang saat ini sedang hamil jangan segan untuk mengonsumsi buah srikaya.

Berbagai jenis kandungan nutrisi yang ada di dalam buah, biji dan daun srikaya ini sangat bermanfaat bagi tubuh dan bisa anda dapatkan sepenuhnya dengan cara mengonsumsi buah srikaya. Anda bisa menemukan buah srikaya dengan mudah karena tanamannya pun tidak sulit ditemukan atau banyak tumbuh di sekitar rumah.

artikel terkait manfaat buah:

Daun Srikaya

Bagian dari tanaman srikaya lainnya yang memiliki manfaat bagi kesehatan dan lingkungan adalah bagian daunnya. Apa saja manfaat daun srikaya ini? simak selengkapnya berikut ini.

  1. Mengobati borok atau bisul

Salah satu manfaat dari daun srikaya yang paling terkenal adalah mengobati penyakit kulit seperti borok atau bisul. Kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam daun srikaya memang sangat bagus untuk mengobati adanya infeksi yang ada di permukaan kulit. Untuk mengobati bisul atau borok ini dengan menggunakan daun srikaya caranya cukup mudah yaitu anda hanya perlu menyiapkan daun srikaya dan menumbuknya hingga halus. Namun jangan lupa sebelumnya untuk mencuci bersih terlebih dahulu ya. setelah itu oleskan tumbukan daun srikaya tersebut ke area borok atau bisul dan tutup dengan kain perban atau kain kasa. Lakukan hal ini sampai borok atau bisul membaik dan sembuh.

artikel terkait: manfaat batu es untuk wajah bopeng

  1. Mengobati penderita histeris

Bagi anda yang sedang mendapati orang pingsan atau histeris karena sesuatu hal maka anda bisa menggunakan ramuan dari daun srikaya ini untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menumbuk daun srikaya sampai halus dan kemudian oleskan tumbukan tadi di hidung penderita sampai penderita menghisapnya. Ramuan ini akan ampuh membuat orang pingsan cepat putih kembali.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi penderita darah tinggi

  1. Mengobati cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang banyak dialami oleh anak-anak karena anak-anak masih tidak terkontrol kebersihannya dan suka mainan tanah yang mengandung banyak cacing. Cacing biasanya masuk ke tubuh secara tidak sengaja dan karena ukurannya yang amat kecil maka cacing bisa masuk ke tubuh secara mudah. Cacingan bisa membuat anak menjadi kurang gizi karena gizi dari makanan akan dimakan cacing dan tidak bisa diserap oleh tubuh. oleh karena itu penyakit cacingan harus segera diatasi.

Meskipun saat ini sudah banyak terdapat obat cacing di pasaran namun menggunakan obat herbal akan selalu menjadi pilihan tepat. menggunakan daun srikaya ini untuk mengobati cacingan sangatlah mudah yaitu anda hanya harus menyiapkan 15 lembar daun srikaya dan 5 gelas air bersih. Kemudian rebusan daun srikaya yang telah dicuci bersih dengan 5 gelas air tersebut sampai air tersisa menjadi 3 gelas saja. setelah itu dinginkan sebentar hingga menjadi hangat dan berikanlah ramuan tersebut kepada anak anda yang cacingan. Jika anak anda tidak suka dengan rasanya maka anda bisa menambahkannya dengan madu atau gula jawa supaya rasanya lebih enak. Lakukanlah setiap hari dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

artikel terkait: manfaat kluwek

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, perut kembung atau diare, anda juga bisa memanfaatkan daun srikaya ini untuk pengobatan herbalnya. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menumbuk daun srikaya dan menambahkan seidkit minyak kelapa yang hangat. Setelah itu oleskan ramuan ke atas perut supaya perut menjadi lebih enak dan gangguan pencernaan dapat di atasi.

artikel terkait: manfaat jamu pahitan

  1. Mengobati kudis

Kudis merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup menggelisahkan karena menimbulkan rasa gatal yang sangat luar biasa dan bisa menimbulkan bekas yang menganggu penampilan. Oleh karena itu kudis harus segera diobati. Meskipun saat ini sudah banyak terdapat obat kudis di pasaran namun menggunakan obat tradisional akan menjadi pilihan yang baik bagi anda. Caranya adalah dengan menumbuk daun srikaya sampai halus dan kemudian tempelkan di area kulit yang terdapat kudis. Lakukan hal ini sampai kudis anda sembuh.

artikel terkait: manfaat kulit apel

Ternyata manfaat dari daun srikaya ini tidak kalah menguntungkan bagi kesehatan tubuh ya. oleh karena itu jangan membuang daun srikaya karena dianggap menjadi sampah saja. namun anda juga bisa memanfaatkannya dengan baik mulai saat ini.

Biji srikaya

Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam buah dan biji srikaya maka berikut ini adalah apa saja manfaat dari buah dan biji srikaya yang perlu anda ketahui supaya anda tidak ragu lagi jika ingin mengonsumsi buah dan biji srikaya. Selengkapnya simak berikut ini:

  1. Mematikan kutu kepala

Penggunaan buah dan biji srikaya tidak melulu dengan dimakan ya namun juga bisa digunakan untuk obat luar seperti untuk mematikan kutu di kepala. Jika anda memiliki kutu di kepala maka itu akan menjadi hal yang sangat menganggu. Selain membuat kepala anda gatal, anda juga bisa jadi menjadi malu dengan rekan kerja karena anda sering menggaruk kepala. Nah cara untuk menghilangkan kutu kepala dengan menggunakan biji dan buah srikaya ini sangatlah mudah.

Caranya adalah dengan menyiapkan 10 biji srikaya dengan manfaat daun srikaya. Kemudian tumbuk atau giling sampai halus dan kemudian campurkan sedikit minyak kelapa. Setelah itu oleskan adonan tadi ke kepala dan bungkus kepala dengan menggunakan kain, handuk atau plastic atau penutup kepala lainnya yang pada intinya menutupi semua area rambut hingga membuat rambut jadi pengap di dalamnya. tunggu selama kurang lebih 20 menit dan kemudian bilas rambut dan jangan lupa untuk menyisirnya karena pastinya kutu akan mati seketika.

artikel terkait: manfaat kutu rambut

  1. Mengobati bisul

Walaupun kecil namun keberadaan bisul ini bisa membuat seluruh tubuh menjadi meradang. Bisul bisa menjadi biang dan membuat tubuh menjadi demam karena benjolan kecil bernanah itu. Oleh karena itu anda harus cepat membuatnya menghilang. Namun anda tidak bisa membuat bisul menghilang seketika karena harus menunggu sampai bisul matang. Nah untuk lebih cepat mematangkan bisul bisa menggunakan biji srikaya. Caranya adalah dengan menumbuk biji srikaya sampai halus dan kemudian tambahkan dengan garam kemudian dioleskan di area bisul. Lakukan hal ini secara terus menerus sampai bisul matang dan baru anda bisa menghilangkannya dengan mudah.

artikel terkait: manfaat kulit durian

  1. Membasmi kutu anjing

Bukan hanya kutu di kepala manusia saja yang bisa dibasmi dengan menggunakan biji srikaya ini namun kutu yang ada di bulu anjing pun bisa dibasmi dengan mudah. Kutu anjing jika dibiarkan saja juga bisa menular ke manusia lho. Oleh karena itu janganlah segan menggunakan biji srikaya untuk membasmi kutu anjing. Bagaimana caranya? Sangat mudah dan bisa anda lakukan kapan saja di rumah. caranya adalah dengan merebusa biji srikaya dengan air bersih dan kemudian air rebusan biji srikaya tersebut dibuat untuk memandikan anjing kesayangan anda. Lakukanlah rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat ion rambut

Manfaat dari biji srikaya ini cukup menguntungkan bagi kita bukan? So, jangan buang biji srikaya ya kalau sedang asik makan buahnya.

Buah Srikaya

Setelah membahas manfaat dari bagian dari tanaman srikaya maka kali ini adalah manfaat dari buah srikaya itu sendiri. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Simak berikut ini.

  1. Mengatasi anemia

Anemia merupakan keadaan dimana terjadi kekurangan sel darah merah dalam tubuh sehingga menyebabkan rasa lemas, lunglai, lesu pada tubuh. penyakit ini tidak boleh dibiarkan karena bisa membuat tubuh tidak bisa melakukan berbagai jenis kegiatan sehati-hari. Untuk itu anda bisa mengonsumsi buah srikaya untuk membantu mengatasi anemia yang sedang anda alami saat ini.

artikel terkait: anemia

  1. Mengobati diabetes

Salah satu penyebab dari munculnya penyakit diabetes adalah karena kekurangan zat magnesium dalam tubuh. kekurangan magnesium ini dapat menyebabkan produksi insulin yang berlebihan dan pada akhirnya terjadi kelainan pada insulin sehingga menyebabkan diabetes. Magnesium dalam buah srikaya cukup tinggi sehingga anda tidak akan kekurangan magnesium dan membantu mengobati diabetes.

artikel terkait: manfat daun sirsak untuk diabetes

  1. Meringankan gejala asma

Di dalam buah srikaya kaya akan vitamin B yang salah satu fungsinya adalah untuk mengurangi radang di paru-paru. Bagi anda yang memiliki asma dan saat sedang kambuh dapat memakan buah srikaya ini untuk meringankan gejala asma.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk asma

  1. Mencegah penyakit jantung

Magnesium juga baik untuk kesehatan jantung terutama pada bagian katup jantung. Bagi anda yang ingin tetap jantungnya sehat dan terlindungi maka anda bisa mengonsumsi buah srikaya ini setiap waktu.

Akar dan Kulit Kayu Srikaya

Akar dan kulit kayu tanaman srikaya pun bisa dimanfaatkan lho. Akar srikaya dapat digunakan menjadi obat sembelit, depresi mental, disentri akut, dan nyeri pada punggung. Sementara kulit kayunya dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka berdarah, diare dan disentri. Namun mungkin anda masih bingung bagaimana cara menggunakan akar dan kulit kayu srikaya ini untuk pengobatan.

Caranya adalah dengan menyiapkan akar atau kulit kayu srikaya dan cucilah sampai bersih. Kemudian potong kecil-kecil akar dan kulit kayu dan jangan lupa siapkan 5 gelas air bersih. Siapkan juga gula jawa, madu dan daun sereh. Kemudian rebus bahan yang sudah disiapkan sampai air mendidih dan menyusut hingga 3 gelas saja. setelah itu minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil optimal pada penyakit yang anda derita.

artikel terkait: manfaat buah akar dewa

, , ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 04:08 Oleh :
Kategori : Herbal