Manfaat Daun Sirsak untuk Wasir (Ambeien)

Wasir atau juga sering disebut dengan ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup umum di alami orang Indonesia. menurut data WHO pada tahun 2008 setidaknya terdapat 5,7 persen orang yang menderita wasir atau ambeien dari total populasi sebesar 10 juta orang di Indonesia. jumlah ini tentu saja cukup banyak dan anda patut waspada dengan penyakit yang satu ini.

artikel terkait:

Apa itu wasir?

Wasir merupakan kondisi dimana pembuluh darah bagian anus mengalami pembengkakan sehingga menjadi membesar. Pembuluh darah yang mengalami pembengkakan bisa yang berada di luar rectum atau di dalam rectum anus. Namun penderita juga bisa mengalaminya secara bersamaan jika terjadi hal tertentu yang mengakibatkan kedua pembuluh darah tersebut membengkak. Wasir termasuk dalam jenis penyakit ringan dan bisa menjadi parah dikemudian hari. Berikut ini adalah gejala wasir atau hemoroid:

  • Terjadi pendarahan saat setelah atau bersamaan dengan buang air besar. Warna darah adalah merah segar.
  • Munculnya benjolan di sekitar anus dan benjolan ini terkadang harus didorong kembali ke dalam setelah penderita buang air besar.
  • Penderita mengalami rasa gatal di sekitar anus.

Jika pembengkakan terjadi di pembuluh darah dalam anus maka disebut sebagai ambeien internal namun jika terjadi di luar maka disebut sebagai ambeien eksternal. Sangat mungkin juga penderita menderita kedua jenis wasir tersebut secara bersamaan. Sebagian besar para penderita wasir adalah mereka yang sudah menginjak usia 50 tahun. Jadi jika anda sudah masuk dalam usia tersebut dan mengalami rasa tidak nyaman dan gatal di sekitar anus maka anda patut curiga bahwa itu adalah gejala dari wasir atau ambeien.

artikel terkait: manfaat daun dollarmanfaat buah asammanfaat buah cepokak

Penyebab wasir

Sebenarnya sampai saat ini penyebab pasti dari wasir atau hemoroid masih belum jelas. Para ahli banyak yang berpendapat bahwa ini berkaitan dengan adanya tekanan darah yang tinggi pada pembuluh darah di sekitar anus namun penyebab yang lebih pasti adalah karena terlalu lama dan kuat mengejan saat buang air besar. Jadi bisa disimpulkan bahwa penyebab wasir yang paling logis adalah karena terjadinya konstipasi karena tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik terutama serat sehingga menjadi susah buang air besar. Beberapa hal yang mungkin akan menambah resiko anda terkena wasir adalah sebagai berikut ini:

  • Sudah berusia lebih dari 45 tahun
  • Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas
  • Terdapat keluarga yang memiliki riwayat sakit wasir atau hemoroid
  • Sedang dalam kondisi hamil

Jika anda sudah masuk dalam beberapa kategori di atas maka sebaiknya anda perbanyak makan serat dan makanan bergizi karena mampu mencegah timbulnya penyakit wasir atau hemoroid.

artikel terkait: manfaat tape ketanmanfaat magnesium

Manfaat daun sirsak untuk wasir

jika anda mengalami gejala wasir sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnose dan pengobatan yang tepat. namun selain tetap berkonsultasi dengan dokter, tidak ada salahnya anda juga mencoba pengobatan herbal dari aneka tanaman herbal yang ada di sekitar anda. Untuk lebih meyakinkan anda maka anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu jika ingin menggunakan pengobatan herbal. Khasiat dari obat herbal tentunya sudah tidak bisa dielak lagi bahkan banyak dokter yang menyarankan anda untuk mengonsumsi obat herbal.

Tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi wasir adalah daun sirsak. Ya, ternyata sirsak bukan hanya buahnya saja yang enak namun pada bagian daunnya juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh lho. Apalagi untuk mendapatkan daun sirsak ini tidaklah sulit karena pohonnya banyak ditanam di Indonesia.

artikel terkait: manfaat buah aramanfaat daun hadeuleum

Cara menggunakan daun sirsak untuk wasir

Lalu bagaimana cara menggunakan daun sirsak untuk membantu mengatasi wasir? Yang pertama harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan 7 lembar daun sirsak yang masih muda. Kemudian cucilah bersih dan rebuslah dengan menggunakan 7 gelas air. Rebuslah dengan api yang tidak terlalu besar dan tunggu hingga air menysut menjadi satu gelas saja. kemudian saring rebusan tadi supaya daun sirsaknya memisah dan tidak ikut terminum. Kemudian setelah cukup dingin, minumlah sebanyak 1 gelas setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada penyembuhan wasir anda.

Jika anda kurang suka dengan rasanya maka anda bisa menambahkan gula jawa atau madu sebagai pemanis alami dan juga bisa menambahkan daun salam atau sereh supaya aromanya menjadi lebih harum. Minumlah setidaknya sampai gejala wasir sudah tidak dirasakan lagi dan sebaiknya anda tetap meminumnya karena untuk mencegah terjadinya gejala wasir selain itu air rebusan daun sirsak ini juga sangat baik bagi tubuh bukan hanya untuk mengobati wasir saja.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk asmamanfaat daun sirsak untuk diabetes

Hal yang perlu diperhatikan dalam pengobatan

Meskipun anda sudah melakukan pengobatan dengan dokter dan mengonsumsi obat herbal dari daun sirsak ini, untuk membantu mengatasi wasir dengan lebih cepat dan efektif anda juga perlu melakukan beberapa hal pada pola hidup anda. Yang paling penting anda harus memperbaiki pola makan anda supaya lebih sehat. makanlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayur, yogurt, dan lainnya supaya pencernaan anda menjadi lancar. Selain itu imbangi dengan konsumsi air putih secukupnya sehingga feses bisa menjadi lunak dan tidak menumpuk di dalam usus sehingga sulit dikeluarkan.

Jika anda buang air besar maka sebaiknya jangan mengejan terlalu kuat karena bisa membuat pembuluh darah pecah dan kemasukan bakteri sehingga terjadilah pembengkakan di bagian pembuluh darah tersebut. Biarkan feses keluar dengan sendirinya sehingga anda tidak perlu mengejan. Meskipun itu berarti anda harus berada di dalam kamar mandi lebih lama karena harus menunggu feses keluar dengan alami, namun itu cara terbaik dan sehat yang bisa anda lakukan supaya tidak mengalami wasir atau ambeien ini.

Hindari minuman berkafein dan alkohol serta jangan suka menunda buang air besar. Dengan menundan buang air besar akan membuat feses menjadi kering di dalam usus sehingga lebih susah dikeluarkan nantinya. Olahraga teratur juga bisa membantu melancarkan pencernaan anda lebih baik lagi.

artikel terkait: manfaat daun srisak untuk kecantikanmanfaat daun sirsak untuk kolesterol

Tidak ada perubahan dengan daun sirsak

Mungkin ada beberapa para penderita wasir atau ambeien yang sudah menggunakan daun sirsak sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi wasir namun ternyata para penderita wasir tersebut belum juga sembuh atau tidak terjadi perubahan apa-apa pada wasirnya. Yang perlu diperhatikan pertama kali jika terdapat kasus seperti ini adalah sudahkan penderita tersebut mengonsumsi ramuan rebusan daun sirsak secara rutin? Apakah asupan makannya sudah dijaga dengan menambah serat pada daftar menu makanannya? Apakah para penderita mengonsumsi cukup air putih? Sebaiknya evaluasi lagi mengenai masalah tersebut.

Obat herbal seperti daun sirsak  ini tidaklah seperti obat kimia yang dapat langsung menampakkan hasilnya namun obat herbal memerlukan waktu karena bekerja secara alami dan tidak instan sehingga perlu dikonsumsi secara rutin dalam dalam jangka waktu yang cukup. jadi anda memang harus bersabar jika ingin menggunakan metode pengobatan herbal ya.

Itulah ulasan mengenai manfaat daun sirsak untuk wasir (ambeien). Saat ini juga sudah beredar ekstrak daun sirsak yang sudah dikemas dalam tablet atau kapsul yang bisa anda beli dengan mudah di pasaran. Tenang saja karena meskipun sudah dikemas secara modern khasiatnya tetaplah tradisional dan herbal karena tidak ada campuran bahan kimia di dalamnya. tetap konsultasikan dengan dokter supaya wasir yang anda alami bisa tetap terkontrol dan tidak menjadi parah atau bahkan sampai pada level komplikasi.

, ,
Post Date: Monday 25th, July 2016 / 16:30 Oleh :
Kategori : Herbal