Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Daun Sirsak Untuk Maag Kronis dan Akut

Sponsors Link

Sirsak (Annona muricata) memiliki nama lain yaitu soursop, graviola, anona, dan guanabana. Tanaman sirsak memiliki ciri – ciri:

  • Pohonnya dapat tumbuh hingga 4 meter.
  • Buah sirsak memiliki rasa asam seperti campuran antara buah stroberi dan nanas.
  • Buah sirsak yang matang memiliki warna hijau dengan panjang maksimal 30 cm dan tekstur daging buah lembut dan berair
  • Daunnya berbentuk oval dengan panjang sekitar 8-16 cm dan lebar 3-7 cm.
  • Permukaan daun bagian atas terlihat mengkilat (glossy) dibandingkan bagian bawahnya.

Selain dimakan mentah, buah sirsak telah dimanfaatkan sebagai olahan makanan di Indonesia, salah satunya adalah dodol sirsak. Sirsak dipercaya dapat menjadi salah satu obat tradisional. Bagian tubuh yang bisa digunakan antara lain daun dan buahnya.

Artikel terkait:

Kandungan Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan senyawa alkaloid berupa annonacin, yang dapat mematikan pertumbuhan sel. Oleh karena itu daun sirsak dipercaya ampuh mengobati penyakit kanker, kista, dan tumor. Kandungan lainnya meliputi tanninacetogenins, annocatacin, α-copaene, annocatalin, annohexocin, annomuricin, anomurine, anonol, gentisic acid caclourine, linoleic acid, gigantetronin, caryophyllene, dan muricapentocin. Kandungan pada daun sirsak ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya asam urat, tumor, kista, dan maag.

Beberapa manfaat daun sirsak dapat dilihat pada artikel: manfaat daun sirsak untuk diet – manfaat daun sirsak untuk kesuburan – manfaat daun sirsak untuk wasir – manfaat daun sirsak untuk diabetes – manfaat daun sirsak untuk asma

Mengenai Maag

Maag atau penyakit asam lambung adalah salah satu jenis gangguan pencernaan yang diakibatkan kelebihan produksi asam lambung HCl. Maag ditandai dengan nyeri pada bagian lambung dan mual khususnya saat penderita mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam. Produksi asam lambung sebenarnya hal yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pencernaan. Namun karena sebab tertentu produksi asam lambung dapat melebihi jumlah normal. Kebiasaan makan yang tidak teratur biasanya menjadi penyebab utama penyakit maag. Oleh karena itu pengaturan pola makan teratur sangat penting untuk dilakukan. Beberapa bahan tradisional yang dipercaya dapat meredakan penyakit maag dapat dibaca pada artikel:

sponsored links

Daun Sirsak untuk Mengobati Maag

Penelitian tahun 2014 pada tikus untuk mengetahui efek ekstrak daun sirsak membuktikan adanya senyawa aktif α-copaene dan caryophyllene yang berperan dalam mengobati maag. Caryophyllene berfungsi sebagai anti-inflamasi dan analgesik sedangkan α-copaene menunjukkan fungsi antioksidasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dosis 1 gram/1 kg berat badan pada tikus dapat mengurangi gejala maag dan melindungi mukosa lambung dari kerusakan akibat kelebihan produksi asam lambung.

Baca juga:

Manfaat daun sirsak untuk maag telah terbukti secara klinis, namun penelitian selanjutnya perlu dilakukan untuk mengetahui efeknya pada tubuh manusia. Meskipun demikian, konsumsi dosis tinggi 4gram/ 1 kg berat tubuh, daun sirsak masih tergolong aman dikonsumsi dengan tidak menunjukkan reaksi yang merusak tubuh. Oleh karena itu daun sirsak dapat digunakan menjadi obat alternatif bagi penderita penyakit maag atau asam lambung. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 04:06 Oleh :
Kategori : Herbal