Sponsors Link

Manfaat Daun Sirsak Untuk Penderita Asma

Sponsors Link

Buah sirsak yang memiliki rasa yang manis dengan daging putih yang lembut ketika dimakan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang sudah orang ketahui manfaatnya tersebut, selain buah nya saja ternyata daun sirsak pula memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Daun sirsak sendiri yang berbentuk bulat yang dimana buah sirsak nya tersebut masuk kedalam famili annonaceae dengan genus annona, daun sirsak yang tebal seta daun yang agak kaku dan terkadang jugan sering mengeluarkan aroma yang tidak enak tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan yang diantaranya seperti asma.

Kandungan yang terdapat dalam daun sirsak diantaranya:

  • Senyawa flavonoid
  • Metabolit sekunder
  • Saponin
  • Polifenol
  • Triterpenoid
  • Senyawa acetogenin

Manfaat dari daun sirsak bagi orang yang memiliki gangguan pernafasan asma diantaranya :

  1. Pengganti inheler

Biasanya orang yang mengalami gangguan pernafasan seperti asma untuk mengatasinya menggunakan inheler, inheler sendiri merupakan alat yang didalamnya terdapat oksigen yang mampu mengatasi ketika asma kambuh. Asma sendiri diakibatkan bisa dari adanya alergi pada debu dan juga cuaca dingin atau sebagainya yang menyebabkan faktor terjadi kambuhnya asma, namun dapat dilakukan dengan alternatif lain menggunakan air rebusan daun sirsak.

Daun sirsak sendiri dapat mengatasi atau mengobati ketika terjadinya asma pada tubuh anda, jadi ketika tubuh mengalami asma bisa diatasi dengan pengkonsumsian daun sirsak yang dijadikan sebagai ekstrak untuk dijadikan sebagai minuman untuk mengurangi kambuhnya sama yang menyerang tubuh.

baca juga pembuatan inhaler lainnya :

Salah satu dampak dari kambuhnya asma pada tubuh yaitu menyebabkan pernafasan anda menjadi tidak lancar, menjadi sesak yang menyebabkan sangat sulit untuk bernafas seperti ada sesuatu yang mengganggu pada hidung anda atau seperti ada yang menghalangi hidung anda. Namun selain menggunakan inheler dalam mengatasi kambuhnya asma pada tubuh anda dapat pula dengan mengkonsumsi daun sirsak sebagai obatnya.

Dengan mengkonsumsi daun sirsak yang dijadikan sebagai minuman dalam mengatasi asma yang kambuh pada tubuh namun dapat pula membuat pernafasan menjadi lebih lancar yang seperti tidak mengalami gangguan pernafasan. Sehingga ketika bernafas menjadi lebih lancar dan tidak sesak seperti ada yang menghalangi pada hidung anda.

  1. Mengurangi sulit tidur

Faktor penyebab susah tidur pada point ini dikarenakan pernafasan yang tidak lancar yang membuat susah untuk tidur, pernafasan yang diakibatkan karena kambuhnya asma pada tubuh mengakibatkan terjadinya beberapa gangguan lainnya. Salah satunya itu merupakan sulit tidur yang diakibatkan oleh kambuhnya asma pada tubuh, maka gangguan itu dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun sirsak yang dilakukan dengan cara diminum.

Daun sirsak yang dijadikan sebagai obat bagi asma dapat memberikan dampak berkurangnya gangguan pernafasan yang tidak lancar, sehingga mengakibatkan nafas menjadi lebih lancar yang nantinya tidur pun tidak akan sulit lagi.

  1. Membantu mengobati asma karena alergi

Asma yang diakibatkan dari beberapa faktor seperti yang diakibatkan dari faktor gen, faktor cuaca yang tidak cocok pada tubuh atau cuaca yang dingin, dan juga karena faktor debu yang membuat asma kambuh. Untuk mengatasi asma yang diakibatkan oleh alergi dan sebagainya dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun sirsak yang dibuat ekstrak daun sirsak lalu di seduh untuk dijadikan sebagai minuman obat tradisional dalam mengatasi asma pada tubuh anda.

sponsored links
Baca juga solusi alergi asma lainnya :

Efek Samping Konsumsi Daun Sirsak

Selain manfaat terdapat juga efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi daun sirsak, maka diperlukan perhatian dalam penggunaan mengkonsumsi daun sirsak. Maka dari itu efek samping yang dihasilkan, diantaranya:

  1. mengakibatkan dehidrasi

mengenai dehidrasi yang merupakan dampak yang diakibatkan karena terlalu banyaknya mengkonsumsi rebusan daun sirsak yang seperti teh, hal itu dikarenakan pada tubuh sendiri tidak seimbangnya cairan yang masuk dengan cairan yang keluar pada tubuh anda. Rebusan daun sirsak seperti teh yang dimana terdapat senyawa yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat dan juga air kencing yang terlalu banyak mengeluarkan cairan yang tidak sesuai dengan cairan yang masuk dalam tubuh.

Namun dapat pula diatasi dengan pemasukan ari putih yang cukup agar tidak mengalami kekurangan cairan serta jika minum air putih yang cukup dapat pula terhindar dari bahaya yang diakibatkan kurang minum air putih.

baca juga: manfaat pocari sweat untuk kesehatan tubuh

  1. Mengakibatkan sulit buang air besar

Alasan dari terlalu banyaknya mengonsumsi daun sirsak untuk pengobatan karena pada usus terdapat lendir, yang dimana jika terllau banyak mengonsumsi daun sirsak dapat mempengaruhi lendir yang ada dalam tubuh yang dimana lendir ini berfungsi dalam penyerapan sari makanan yang dapat pula diakibatkan karena kurangnya serat dalam tubuh ketika proses pencernaan dalam usus. Maka untuk menghindari itu diperlukanan makanan yang mengandung cukup serat. bisa pula diatasi dengan memakan buah pepaya yang memiliki manfaat dalam mengatasi buang air besar.

baca juga: manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh

  1. Gangguan pada fungsi kerja ginjal

Kaitannya yang menjadi alasan dampak yang dihasilkan dari daun sirsak karena pada fungsi kerja ginjal sendiri terlalu bayak menyaring zat asing yang dikeluarkan dari rebusan daun sirsak. Sehingga fungsi kerja ginjal akan bekerja lebih keras lagi dari biasanya, maka hal itu yang menyebabkan gangguan pada fungsi kerja ginjal itu sendiri.

Begitulah manfaat yang dihasilkan daun sirsak bagi asma, namun selain manfaat terdapat juga efek samping jika konsumsi dilakukan secara berlebihan. Maka dari itu perlu diperhatikan juga takaran yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 21st, May 2016 / 03:52 Oleh :
Kategori : Herbal