Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat Kronis

Sponsors Link

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh berbagai kalangan. Penyakit yang disebabkan karena tubuh terlalu banyak memecahkan purin.  Tidak menutup kemungkinan bahwa anak muda juga dapat mengidap asam urat. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat yang terkadang sembuh sendiri membuat beberapa orang menganggap remeh penyakit asam urat. Padahal apabila dibiarkan begitu saja, dan asam urat menjadi lebih parah bisa mengakibatkan timbulnya penyakit ginjal yang dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, penyakit asam urat juga dapat mengakibatkan munculnya penyakit jantung koroner. Sebelum terjadinya asam urat akut, maka perlu diperhatikan apabila terjadi beberapa gejala timbulnya penyakit asam urat.

artikel terkait asam urat:

Tanda Gejala Asam Urat

Penyakit asam urat biasanya menimbulkan beberapa tanda tanda yang bila diperhatikan dengan seksama dapat dilakukan pencegahan agar tidak terjadi asam urat yang lebih parah. Beberapa gejala dari asam urat diantaranya:

  1. Rasa nyeri pada bagian persendian disertai rasa ngilu, linu dan kesemutan.
  2. Terjadi pembengkakan pada bagian persendian dan peradangan kemudian mengakibatkan daerah persendian berwarna merah.
  3. Rasa nyeri biasanya dialami pada saat bangun tidur maupun saat akan tidur.
  4. Rasa nyeri yang ditimbulkan tidak hanya sekali dua kali, namun rasa nyerinya secara berulang.
  5. Ketika asam urat sudah mulai parah, pada bagian persendian akan terasa sakit apabila digerakkan.

Dari beberapa gejala di atas perlu diperhatikan dan dihindari dari penyebab timbulnya asam urat. Asam urat ditimbulkan dari beberapa faktor yang sebenarnya dapat dihindari agar tidak  terkena penyakit asam urat.

artikel terkait: manfaat jinten hitam untuk asam uratmanfaat oatmeal untuk asam urat

Penyebab Timbulnya Penyakit Asam Urat

Asam urat disebabkan oleh produksi asam urat dalam tubuh yang terlalu tinggi. Hal lain yang menyebabkan asam urat yakni kurangnya kemampuan  ginjal untuk memproses menghilangkan asam urat dengan cepat, sehingga mengakibatkan asam urat bertumpuk. Penyebab tingginya produksi asam urat dalam tubuh biasanya karena beberapa hal seperti berikut:

  1. Jenis Kelamin

Dibandingkan dengan wanita, pria memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit asam urat. Hormon estergen yang dimiliki oleh wanita dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, hormon esterogen juga mampu melancarkan pembuangan asam urat melalui ginjal. Kadar asam urat pada pria akan mengalami peningkatan yang tinggi pada masa puber.

  1. Faktor Usia

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor usia menjadi salah satu faktor utama terjangkitnya penyakit asam urat. Asam urat dialami oleh wanita pada masa menopouse.

  1. Mengkonsumsi Beberapa Jenis Obat

Mengkonsumsi obat obatan tertentu dapat mengakibatkan timbulnya penyakit asam urat. Beberapa obat yang dapat memicu timbulnya asam urat diantaranya thiazide, aspirin, cyclosporine, levodopa dan juga niacin.

  1. Diet

Diet yang dilakukan oleh beberapa orang biaanya mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat memicu penyakit asam urat. Makanan yang dikonsumsi saat dien biasanya mengandung zat purin yang dapat memicu peningatan produksi asam urat dalam tubuh. Beberapa diantaranya sepert daging, jeroan, ikan kalengan, teri, asparagus, kembang kol, kacang kacangan, dan jamur. Nenerapa makanan diata sdapat menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

  1. Konsumsi Alkhol Berlebih

Asam urat bisa ditimbulkan karena konsumsi alkohol secara rutin. Dua gelas meminum alkohol setiap hari bagi pria dan satu gelas bagi wanita dapat menyebabkan timbulnya penyakit asam urat.

  1. Hubungan Dengan Penyakit Lain

Penyakit satu dengan yang lain dapat menimbulkan hubungan sehingga satu penyakit bisa memicu munculnya penyakit yang lain. Beberapa gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi, diabetes, kolesterol tinngi, gangguan tiroid, psoriasis, anemia, serta gangguan ginjal dapat memicu terseangnya penyakit asam urat.

Beberapa penyebab timbulnya asam urat yang dapat dihindari sebaiknya dihindari agar tidak terjadi penyakit asam urat. Apabila sudah terserang asam urat maka perlu diatasi dan dibeikan pengobatan agar tidak semakin parah.

artikel terkait: solusi asam urat herbal buahmanfaat buah naga merah utnuk asam uratmanfaat viostin DS

Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak

Jika tidak menginginkan pengobatan secara medis, pengobatan asam urat dengan cara tradisional dapat dilakukan. Pengobatan asam urat secara tradisional dapat dilakukan dengan menggunakan kompres es batu sekitar 20 menit pada bagian sendi yang sakit. Cara lain yakni dengan obat tradisional. Salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat mengobati asam urat adalah dengan menggunakan daun sirsak. Kandungan dalam manfaat daun sirsak untuk asam urat terbukti efektif untuk mengatasi penyakit asam urat.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk asam lambung

sponsored links

Kandungan dalam Daun Sirsak

Daun sirsak sudah dikenal sebagai salah satu jenis daun yang memiki khasiat untuk berbagai jenis penyakit. Beberapa kandungan yang berkhasiat yang dimiliki oleh daun sirsak diantara :

  1. Senyawa kimia yang ada dalam daun sirsak sangat ampuh untuk membunuh bakteri, virus dan dapat digunakan untuk proses regenerasi sel yang rusak.
  2. Selain senyawa kimia, daun sirsak juga mengandung beberapa zat yang sangat efektif untuk menyebuhkan beberapa jenis penyakit. Beberapa zat ini diantaranya adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin dan asam linoleat. Acetogenin bahkan dapat membunuh sel sel kanker yang ada dalam tubuh.
  3. Senyawa lain yang ada di dalam daun sirsak adalah glikosida, tannin dan berbagai senyawa lain yakni alkaloid dan juga flavanoid.

Karena memiliki beberapa kandungan seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirsak berfungsi untuk berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, membantu proses pencernaan dan antimikroba.

Cara meramu daun sirsak untuk mengobati asam urat yakni sebagai berikut:

  1. Ambil 6 sampai 10 helai daun sirsak yang masih dipohon, kemudian cuci hingga bersih. Pencucian dilakukan pada air yang mengalir.
  2. Potong daun sirsak menjadi beberapa bagian. Tujuannya yakni agar zat yang terkandung dalam daun sirsak dapat keluar dan menyatu dengan air.
  3. Rebus potongan daun sirsak tersebut pada air sebanyak sekitar 400 ml.
  4. Tunggu hingga air rebusan hanya tersisa setengahnya saja. Tunggu hingga dingin dan kemudian dapat dikonsumsi setelahnya.
  5. Untuk mendapatkan hasil yang optimal air rebusan ini dapat diminum rutin setiap hari.
  6. Apabila tidak suka rasanya, bisa ditambahkan 2 sendok teh madu agar rasanya sedikit manis.

Selain untuk mengobati penyakit asam urat, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Meskipun asam urat dapat diatas, namun akan lebih baik lagi apabila menghindari beberapa hal yang dapat mengakibatkan munculnya asam urat.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk asam lambung

Cara Pencegahan Penyakit Asam Urat

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidak terserang atau dapat mengurangi penyakit asam urat diantaranya :

  1. Jangan mengkonsumsi makanan yang banyak menghasilkan zat purin. Hal ini disebabkan karena salah satu pemicu asam urat yakni karena zat purin. Beberapa makanan yang arus dihindari oleh penderita asam urat yakni : jenis ikan ikanan seperti sarden, ikan tuna, ikan trout, selain itu yang perlu dihindari adalah hati hewan, kaldu, jeroan, daging, lobsterm kerang, semua jenis kacang kacangan, kembang kol, dan beberapa jenis makanan lain yang mengandung zat purin.
  2. Apabila terbiasa meminum minuman beralkohol, sebaiknya mengurangi kadar meminumnya. Atau jauh lebi baik lagi untuk menghindari minuman beralkohol atau berhenti meminum alkohol bagi orang yang sudah terbiasa meminum alkohol. Alkohol mengandung zat purin yang dapat memicu timbulnya asam urat.
  3. Mengkonsumsi air putih 12 gelas dalam sehari. Lebih dianjurkan lagi untuk meminum air putih yang mengandung alkaline. Air putih dapat membantu kerja ginjal dan membersihkan dari beberapa zat yang dianggap tidak perlu. Sehingga ginjal akan lebih mudah untuk membuang asam urat yang ada daam tubu. Dengan begitu, kadar asam urat akan normal dan terhindar dari penyakit asam urat.
  4. Selain meminum air putih 12 gelas dalam sehari, mnuman lain yang dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh yakni dengan mengkonsumsi susu. Susu dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Dengan meminum susu, dapat menurunkan kadar asam urat ingga 0.24 mg/dl.
  5. Menjaga berat badan pada kadar berat badan normal juga dapat membantu agar tidak menimbulkan kandungan asam urat yang tinggi. Memiliki lemak dan tubuh yang terlalu besar dan memiliki kandungan lemak yang tinggi biasanya akan menimbulkan asam urat dalam tubuh juga ikut naik. Untuk itu, dengan memiliki berat badan yang stabil dapat mengurangi risiko timbulnya asam urat dalam tubuh.
  6. Konsumsi vitamin juga dapat membantu menjaga kesehatan agar terhindar dari asam urat. Multivitamin dan vitamin C sangat penting untuk menghindarkan tubuh dari serangan asam urat.

artikel terkait: manfaat jeruk lemon untuk maag

Dari beberapa penyebab asam urat hingga bagaimana cara menyembuhkan asam urat dengan obat tradisional dengan menggunakan daun sirsak, mungkin bisa menjadi salah satu referensi agar asam urat yang diderita oleh banyak orang dapat diatasi tanpa obat kimia. Selain itu, daun sirsak juga mudah didapatkan disekitar pekarangan, terlebih bagi orang yang hidup di daerah pedesaan. Apabila sulit mendapatkan daun sirsak segar. Dapat dilakukan pengobatan dengan daun sirsak yang telah diracik menjadi obat herbal dan banyak ditemukan ditoko obat herbal. Namun meskipun sudha dilakukan pengobatan, harus diperhatikan juga hal yang dapat menjadi pemicu asam urat. Agar pengobatan yang telah dilakukan tidak sia-sia.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 14th, September 2016 / 10:06 Oleh :
Kategori : Herbal