6 Manfaat Daun Singkong Karet Untuk Kesehatan

Daun singkong karet merupakan salah satu jenis daun singkong yang sering dijadikan bahan masakan ataupun pakan ternak. Tanaman singkong karet memiliki ciri berdaun lebar dan berbatang besar, sehingga mudah untuk dikenali dan dibedakan dengaan jenis tanaman singkong lainnya. Namun popularitas daun singkong karet sebagai bahan masakan masih cukup rendah dibanding daun singkong jenis lain. Hal ini dikarenakan banyak informasi yang tersebar bahwa daun singkong karet mengandung racun sianida yang dapat membahayakan kesehatan.

Baca juga :

Meski demikian ada beberapa cara untuk menghilangkan racun yang ada dalam daun singkong karet yaitu dengan cara :

1. Daun singkong karet terlebih dulu dipotong-potong kemudian diremas-remas
2. Hasil potongan daun singkong karet direbus selama 5-10 menit
3. Buang air hasil rebusan, dan daun singkong pun siap dikonsumsi

Manfaat yang terkandung dalam daun singkong karet diantaranya yaitu :

1. Mengatasi penyakit stroke

Stroke merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan. Kandungan yang ada dalam daun singkong karet, salah satunya adalah senyawa isoflavon. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk mengobati stroke. (Baca juga : Manfaat jus sawi, Manfaat obat statin, Manfaat sari kedelai, Manfaat daun oregano).

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat daun singkong karet adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup besar dalam daun singkong karet sehingga dapat membuat daya tahan tubuh meningkat. Namun selain mengkonsumsi daun singkong karet, sebaiknya diiringi dengan menambah asupan vitamin C dari jenis bahan makanan lain seperti buah-buahan, dll.

Baca juga :

3. Membantu penyembuhan luka tanpa meninggalkan bekas

Menurut beberapa penelitian, kandungan serat dan zat besi dalam daun singkong karet berkhasiat dapat membantu proses pengeringan luka. Selain itu, pengobatan luka menggunakan daun singkong karet juga dapat meminimalisir terbentuknya bekas luka. (Baca juga : Manfaat biooil untuk bekas luka, Manfaat laser wajah untuk kerutan dan luka).


4. Mencegah osteoporosis

Mengkonsumsi daun singkong karet dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang anda. Kandungan fosfor dan kalsiumnya yang cukup tinggi dapat menurunkan resiko bagi anda yang sudah berada di usia lebih dari 50 tahun dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Penyakit osteoporosis ini juga dapat diminimalisisr dengan mengimbangi konsumsi daun singkong karet dengan susu tinggi kalsium, serta olah raga teratur.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Daun singkong karet memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui bahwa vitamin A sangat berguna bagi kesehatan mata. Sehingga dengan mengkonsumsi daun singkong karet ini dapat senantiasa meningkatkan dan menjaga kesehatan mata. (Baca juga : Manfaat vitamin A untuk kulit, Manfaat jus wortel, Manfaat daun wortel, Manfaat wortel untuk mata).


6. Melancarkan pencernaan

Tubuh membutuhkan banyak asupan serat untuk dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Salah satu pilihan sayur yang memiliki kandungan serat tinggi adalah daun singkong karet. Mengkonsumsi daun singkong karet dapat membantu memperbaiki proses pencernaan.

Setelah mengetahui beberapa manfaat singkong karet tersebut, maka anda tidak perlu khawatir lagi untuk mulai mengkonsumsi daun singkong karet.

Baca juga :

, ,
Post Date: Tuesday 06th, June 2017 / 02:46 Oleh :
Kategori : Sayuran