Sponsors Link

8 Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Asam urat adalah sebuah penyakit yang menyebabkan sendi si penderita menjadi nyeri, terasa panas, meradang, dan bahkan bengkak. Asam urat menyerang area di beberapa bagian tubuh kita seperti di area sendi jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki, dan juga lutut.

ads

Biasanya gangguan yang satu ini menyerang kelompok lanjut usia, namun sekarang asam urat tidak hanya menyerang orang-orang lanjut usia saja. Melainkan mulai menyerang orang-orang berusia produktif, tahun 2012 saja jumlah pasien yang menderita asam urat pada rentang usia 20-30 an melonjak hingga 30%.

Tentu saja karena munculnya penyakit yang satu ini akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari bukan? Pekerjaan rumah atau kantor kita akan terganggu karena nyeri sendi yang kita alami. Ada baiknya kita segera mengobatinya supaya tidak semakin merasakan sakit pada sekujur tubuh kita.

Baca juga:

Sekarang ini banyak sekali alternatif dari alam yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah daun salam, daun yang sangat mudah kita temukan ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat salah satunya untuk penyakit asam urat. Ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui penyebab si asam urat, simak baik-baik ulasan di bawah ini ya.

Penyebab Asam Urat

Sebenarnya sendi kita terasa nyeri ataupun terasa panas karena kadar asam urat yang meningkat pada tubuh kita. Kenapa bisa kadar asam urat meningkat? Kadar asam urat pada tubuh bisa meningkat karena kita terlalu banyak zat purin di dalam tubuh kita. Kandungan zat purin yang berlebihan di dalam tubuh kita akan menyebabkan ginjal tidak bisa mengolahnya dengan baik dan akan menyebabkan pengkristalan zat purin pada sendi-sendi kita. Itulah mengapa sendi kita terasa nyeri ketika mengalami asam urat.

Ada juga beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya asam urat, berikut ini adalah beberapa faktornya:

  • Pola Makan. Seperti yang sudah kita singgung sedikit di atas, mengonsumi zat purin berlebih bisa menyebabkan asam urat. Selain itu minum minuman alkohol juga bisa menjadi salah satu faktornya.
  • Genetik. Biasanya orang yang memiliki keluarga beriwayat asam urat bisa terkena penyakit ini juga
  • Obesitas. Dr. Kesley Jordan, dokter dan dosen senior di Abarighton & Sussex University Hospital NHS Trust menjelaskan jika obesitas juga menjadi salah satu faktor asam urat.
  • Kondisi Kesehatan. Biasanya orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes juga bisa terkena asam urat.

Baca juga: Manfaat Daun Salam BakarManfaat Daun Salam Koja.

Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat

Sejak jaman dahulu daun salam diketahui memiliki berbagai manfaat, tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja. Daun salam juga digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya adalah asam urat. Ini semua karena kandungan di dalam asam urat seperti minyak atsiri, tannin, alkaolid, dan flavonoid. Ingin tahu apa saja manfaat daun salam untuk menyembuhkan asam urat?

1. Daun salam dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Di atas tadi disebutkan jika salah satu faktor terjadinya asam urat adalah karena sang penderita sebelumnya memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Nah, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dan menderita asam urat. Ada baiknya Anda memilih daun salam sebagai alternatif pengobatan, karena kandungan mineral di dalam daun salam membuat aliran darah menjadi lancar dan tentunya akan menurunkan tekanan darah Anda dan asam urat Anda akan berangsur-angsur menghilang. Baca juga: Manfaat Daun Salam.

Sponsors Link

2. Daun salam bersifat diuretik (peluruh kencing)

Karena beberapa kandungan yang ada pada daun salam, daun yang satu ini bersifat diuretik atau peluruh kencing. Jika kita mengkonsumsi daun salam secara rutin mungkin Anda akan sering buang air kecil. Daun salam akan memperbanyak pengeluaran urine sehingga akan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh kita karena sudah ikut terbuang bersama urine kita. Baca juga: Manfaat Daun Salam untuk Diet.

3. Daun salam bersifat analgetik (penghilang nyeri)

Selain dapat membuang kadar asam urat, daun salam ini juga bersifat analgetik atau lebih sering disebut penghilang nyeri. Jika kita mengonsuminya dengan rutin, rasa nyeri akibat efek asam urat tadi berangsur-angsur menghilang. Anda jadi tidak merasakan nyeri lagi dan tentunya aktivitas Anda akan kembali membaik seperti sedia kala. Baca juga: Manfaat Asam Mefenamat.

4. Daun salam bisa menurunkan berat badan

Seperti yang kita ketahui di atas, menurut beberapa penelitian. Obesitas merupakan salah satu faktor terjadinya asam urat di dalam tubuh kita. Dan daun salam ternyata bisa menurunkan berat badan. Jika berat badan kita berangsur-angsur normal tentunya asam urat juga akan berangsur-angsur menghilang bukan? Baca juga: Manfaat Daun Salam Untuk Menurunkan Berat Badan.

5. Daun salam bisa menghilangkan bengkak akibat asam urat

Asam urat akan menimbulkan nyeri pada sendi, dan yang lebih parah bahkan kita mungkin akan mengalami pembengkakan karenanya. Dan daun salam lagi-lagi bisa mengatasi yang satu ini, jika Anda mengonsumi daun salam secara rutin pembengkakan di tubuh Anda akan berangsur-angsur menghilang sedikit demi sedikit. Asal rutin, pembengkakan karena asam urat bisa hilang. Baca juga: Manfaat Daun Salam Kering.

Cara Mengolah Daun Salam untuk Asam Urat

Setelah mengetahui beberapa manfaat daun salam untuk asam urat, ada baiknya kita mulai beralih dan memanfaatkan daun ini sebagai alternatif pengobatan penyakit asam urat. Dengan berbagai kandungan yang aman, daun ini sejak dahulu terbukti telah mengatasi penyakit asam urat. Beberapa cara mengolah daun salam ini mungkin bisa Anda lakukan di rumah sebagai tahap penyembuhan Anda.

1. Merebus daun salam

Ambil beberapa lembar daun salam lalu cuci hingga bersih, setelah itu rebus bersama air sekitar 10-15 menit. Minum rebusan daun salam itu secara rutin setiap pagi dan sore hari, usahakan meminum rebusan daun salam minimal 2 kali sehari supaya asam urat Anda segera hilang dari tubuh Anda. Baca juga: Manfaat Rebusan Daun Salam.

Sponsors Link

2. Di jus bersama alpukat

Bahan:

  • 5 lembar daun salam segar
  • 1 buah alpukat matang
  • Madu
  • Air matang

Cara membuat:

  • Rebus daun salam dengan segelas air
  • Campur alpukat dengan rebusan daun salam yang tadi
  • Masukkan madu lalu blender hingga halus
  • Jus daun salam alpukat siap Anda minum

Baca juga: Manfaat Daun Salam Untuk Diabetes.

3. Di jus bersama belimbing dan apel

Bahan:

  • 1 buah apel potong-potong
  • Air rebusan daun salam
  • 1 buah belimbing matang
  • Madu

Cara membuat:

  • Campur potongan apel belimbing dan rebusan air daun salam
  • Tambahkan madu, blender hingga halus
  • Jus siap dinikmati

Baca juga: Manfaat Daun Salam Untuk Maag.

Itu tadi beberapa ulasan tentang asam urat dan manfaat daun salam untuk mengobati penyakit asam urat. Tidak hanya untuk mengobati saja, Anda bisa menggunakan daun salam sebagai pencegah supaya Anda tidak terkena asam urat. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Selain itu untuk penderita asam urat ada baiknya juga menjaga pola makannya, ada beberapa pantangan untuk penderita asam urat supaya penyakitnya tidak kambuh atau tidak tambah parah. Itu sedikit info yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 25th, July 2017 / 03:43 Oleh :
Kategori : Herbal