Sponsors Link

Manfaat Daun Pisang Bagi Kulit, Kesehatan, dan Pembungkus

Sponsors Link

Pisang merupakan tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan. Bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit serta memenuhi nutrisi tubuh, daun pisang juga memiliki banyak manfaat. Inilah ulasan lengkap manfaat daun pisang untuk kesehatan kulit tubuh Anda.

Kandungan Buah dan Daun Pisang

daun pisangPisang mengandung karbohidrat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama di perut. Selain mengandung karbohidrat, buah ini juga mengandung mineral dan vitamin yang cukup tinggi seperti vitamin C, vitamin E, kalori yang tinggi, potassium,mangan, vitamin B6, dan nutrisi lainnya berupa fosfor, kalsium, magnesium, karoten, asam amino, hingga vitamin A. Bukan hanya buahnya saja yang mengandung kandungan nutrisi yang tinggi, namun daunnya juga mengandung bahan obat alami berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan daun pisang yang paling tinggi ialah kandungan allantolin yang berperan untuk memperbarui sel kulit mati di lapisan kulit Anda. Bahan antioksidan mampu menetralisir racun di dalam tubuh hingga mengandung zat anti radang. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengetahui kumpulan manfaat daun pisang ini, segera simak ulasan lengkapnya dalam lanjutan wacana berikut ini.

1. Sebagai Ramuan Obat Luka dan Ketombe

Daun pisang mengandung bahan obat alami yang mampu menyembuhkan luka kecil di kulit Anda. Bukan hanya menyembuhkan luka, namun daun pisang ini juga bermanfaat untukmengobati gangguan kulit seperti ketombe, sengatan matahari, dan eksim. Untuk membuat ramuan obat daun pisang ini, Anda hanya perlu membuat jus sari daun pisang segar dan gunakan secara bertahap dalam menyembuhkan gangguan kulit tersebut. Rendamlah dengan air dingin jika Anda ingin mengobati luka bakar kulit yang terkena dengan sengatan sinar matahari.

2. Sebagai Obat Penetralisir Racun Serangga

Sering mendapatkan gigitan serangga yang beracun? Daun pisang mempunyai sifat obat yang dapat menetralisir racun akibat gigitan serangga seperti lebah dan laba laba. Inilah obat alami yang mampu menghilangkan racun alami dan mengandung antioksidan tinggi menghindarkan kulit tubuh dari pengaruh buruk lingkungan. Iritasi kulit dan ruam ruam dapat disembuhkan dengan cepat menggunakan ramuan daun pisang ini.

3. Sebagai Obat Kecantikan  Kulit

sponsored links

Daun pisang mengandung bahan aktif allantolin yang dimanfaatkan sebagai campuran krim kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi di daun pisang ini bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit, peradangan, hinga membunuh kuman. Dengan memanfaatkan allantolin dari manfaat daun pisang ini, kulit dapat meningkatkan rangsangan pertumbuhan sel  kulit terbaru.

4. Sebagai Obat Peradangan Alami

Bayi memiliki jenis kulit yang sensitif. Jadi, pemilihan produk perawatan kuli bayi juga harus dipilih dengan hati hati. Jika kulit bayi terjadi iritasi atau peradangan, Anda dapat memilih daun pisang sebagai salep alami yang mengandung zat alami penyembuh masalah kulit bayi. Hanya mencampurnya dengan minyak zaitun serta beeswax, Anda dapat mengatasi ruam popok maupun gigitan serangga. Selain itu, campuran daun pisang, comfrey, dan cabai rawit dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka di kulit Anda, mengurangi pendarahan, hingga gatal gatal.

Adakah Manfaat lainnya ?

Manfaat daun pisang lainnya adalah sebagai berbagai pembungkus bahan makanan, kue, hingga berbagai sayuran dan masakan di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk berbagai resep kue dan masakan sudah tidak terhitung jenisnya yang memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus yang akan menambah gurih makanan dan aneka hidangan kue anda. Berikut adalah beberapa makanan yang menggunakan daun pisang untuk membungkusnya.

  1. Kue
  2. Otak otak
  3. Pepes ikan

manfaat daun pisangMasih banyak lagi olahan makanan yang memanfaatkan daun pisang, selain untuk tubuh fungsi eksternal daun pisang sangatlah banyak. Mengapa orang menggunakan daun pisang untuk membungkus kue dan masakan? aroma daun pisang sangat harum yang dapat menambah gurih masakan anda.

Nah, inilah uraian kandungan daun pisang beserta dengan kumpulan manfaat daun pisang yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Menyembuhkan luka, gigitan serangga, hingga iritasi dapat Anda sembuhkan dengan meracik ramuan daun pisang ini karena mengandung allantolin, zat antioksidan yang tinggi, hingga zat anti radang alami yang aman untuk tubuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 02nd, December 2014 / 09:50 Oleh :
Kategori : Tumbuhan