Sponsors Link

10 Manfaat Daun Pepaya Muda Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Pepaya (Papaya Carica L) merupakan tanamanbuah tropis yang pada awalnya berasal dari  Meksiko bagian selatan dan utara Amerika Serikat. Pepaya kini telah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Pepaya menjadi favorit dikarenakan buahnya yang manis dan enak dimakan saat matang. Apakah Anda tahu? Penggunaan papaya tidak hanya terbatas pada buahnya yang matang saja. Buah mentah, daun, akar bahkan batangnya pun berguna baik untuk konsumsi, obat tradisional bahkan untuk kecantikan. Hmmm,luar biasa ya! Namun, kali ini kia hanya akan membahas manfaat daun pepaya pada artikel ini.

ads

artikel terkait manfaat pepaya:

Daun pepaya memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, lemak, fosfor, hidrat arang, protein, dan air. Dengan kandungan-kandungan tersebut daun pepaya memiliki kemampuan untuk memyembuhkan beragai penyakit. Selain itu, daun pepaya juga sangat penting bagi kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, dan dapat dijadikan sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas. Berikut merupakan beragai manfaat yang dapat diperoleh dari daun pepaya.

Manfaat Daun Pepaya untuk Masakan

Bagi orang Indonesia, daun pepaya dapat digunakan sebagai bahan makanan untuk sayuran, tumisan dan juga lalapan. Sayangnya daun pepaya memiliki rasa pahit ketika memakannya. Rasa pahit pada daun pepaya ini disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid karpain yang dapat berguna untuk menurunkan demam, tekanan darah bahkan membunuh mikroba penyebab berbagai penyakit. Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi daun pepaya namun tidak menyukai rasa pahitnya, berikut merupakan salah satu tips untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya. Silahkan pilih salah satu yang menurut Anda paling mudah.

  1. Remas-remas daun pepaya dengan garam dapur hingga layu dan mengeluarkan air sebelum Anda rebus.
  2. Rebus daun pepaya dengan daun jambu biji dengan perbandingan 3:10, di mana setiap 3 lembar daun pepaya direbus bersamaan dengan 10 lembar daun jambu biji.
  3. Ketika merebus daun pepaya tambahkan satu genggam tanah liat atau batu bata. Setelah matang, cuci bersih sebelum di makan.

Daun pepaya juga dapat bermanfaat sebagai sarana mengempukkan daging, lho! Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Iris daun pepaya dan campurkan dengan daging yang akan diempukkan dalam jumlah sedang agar tidak mempengaruhi rasa daging
  2. Masak keduanya bersamaan

 artikel terkait: 10 manfaat bunga pepaya untuk kesehatan dan pengobatanmanfaat rebusan daun pepayamanfaat daun pepaya bagi ternak

Manfaat Daun Pepaya untuk Kecantikan

Selain berguna untuk bahan makanan, daun pepaya juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit. Anda dapat mengaplikasikannya denga caran menggunakan air rebusan atau melumatkannya. Berikut adalah beberapa manfaat daun pepaya untuk kecantikan.

  1. Membersikan kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit kotor akibat noda, jerawat dan bintik-bintik hitam, Anda dapat mencoba menggunakan daun pepaya untuk membantu membersihkan klit Anda. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki senyawa karpain yang ampuh untuk membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan oleh kulit.

ads

Untuk mengobati jerawat menggunaka daun pepaya, berikut merupakan langkah-langkahnya.

  • Ambil daun pepaya muda dan keringkan
  • Blender daun pepaya kering dan beri air secukupnya hingga menjadi seperti pasta
  • Ambil pasta dan gunakan sebagai masker
  • Tunggu sekitar 10-30 menit hingga kering
  • Bilas dengan air bersih

artikel terkait: manfaat biji pepaya

  1. Mengurangi ketombe

Bagi Anda yang memiliki ketombe mebandel dan sudah mencoba berbagai macam shampoo namun hasilnya belum memuaskan, Anda dapat mencoba menggunakan daun pepaya untuk mengobati ketombe Anda. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki senyawa karpain yang mampu menghancurkan kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit kepala guna membantu menghilangkan ketombe.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk asam urat

  1. Menjadi kondisoner

Daun pepaya dapat pula dijadikan sebagai kondisioner guna melembutkan rambut Anda,terlbih apabila Anda mencampurkannya dengan bahan lain.

artikel terkait: manfaat daun kemangi untuk ejakulasi dini

  1. Melembutkan wajah

Anda dapat pula menggunakan daun pepaya untuk mengatasi kulit kasar dan kering.

artikel terkait: manfaat okra merah

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

  1. Menyembuhkan penyakit demam berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit mematikan yang ditularkan oleh nyamuk Aedes. Namun hinga saat ini, belum ada obat khusus untuk menanganinya.Di sisi lain, dalam beberapa studi disebutkan bahwa ekstrak daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat meningkatkan trombosit penderita demam berdarah. Berikut merupakan resepnya.

  • Campurkan 3 gelas air dengan 3 lembar daun pepaya
  • Rebus hingga hanya tersisa satu gelas saja
  • Minum secara berkala

artikel terkait: manfaat daun seledri untuk diet

  1. Mengurangi nyeri haid

Tidak dapat dipungkiri bahwa nyeri haid memang sangat menyiksa bagi kaum wanita, bahkan terkadang dapat mengganggu aktivitas mereka. Jus daun pepaya dianggap sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid saat datang bulan. Berikut merupakan resep daun pepaya untuk mengurangi nyeri haid.

  • Siapkan 1 lembar daun pepaya, 1 gelas air, asam jawa dan garam
  • Rebus semua bahwan tersebut dalam air mendidih
  • Saring dan minum ramuan tersebut selagi hangat

artikel terkait: manfaat jamu kunci suruh bagi kesehatan wanita

  1. Mengobati sakit perut Balita

Sakit perut pada balita dapat terjadi kapan saja. Namun Anda tak perlu khawatir dengan hal itu, dikarenakan daun pepaya dapat membantu mengobati sakit perut pada balita Anda. Berikut merupakan resepnya.

  • Ambil daun pepaya 2 lembar, daun dadap srep 3 lembar dan kapur sirih
  • Tumbuk ke semua bahan tersebut hingga halus
  • Oles pada perut

artikel terkait: manfaat gula merah

  1. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin merupakan penyakit yang sering menyerang ketika kondisi cuaca atau suhu sedang tidak bersahabat. Namun resep dari daun pepaya berikut mungkin dapat membantu Anda dalam mengobati masuk angin.

  • Siapkan daun pepaya, daun sembung, jinten, sereh, jauh dan gula jawa
  • Rebus semua bahan tersebut dan minum selagi hangat

artikel terkait: manfaat kembang kol

  1. Sebagai penambah nafsu makan

Selain beberapa hal di atas, daun pepaya juga dapat berguna sebagai obat penambah nafsu makan. Penasaran? Begini resepnya.

  • Campurkan daun pepaya segar, garam dapur dan air hangat secukupnya
  • Tumbuh hingga galu, saring dan minum 2-3 kali sehari. Namun untuk anak-anak, porsinya cukup ¼ gelas saja.

artikel terkait: manfaat pohon trembesi

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun pepaya. Mekipun demikian, hindari konsumsi daun pepaya pada wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, jus esktrak daun ini juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan dtimulator tiroid maupun Co- enzim Q10.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 03rd, August 2016 / 14:45 Oleh :
Kategori : Kesehatan