Sponsors Link

Manfaat Daun Pepaya Bagi Ternak

Sponsors Link

Sektor peternakan memainkan peran ekonomi yang signifikan di sebagian besar negara-negara berkembang, dan sangat penting untuk keamanan pangan penduduk pedesaan. Ini memberikan kontribusi untuk pengentasan kemiskinan dan memberikan elemen yang penting bagi perekonomian nasional, seperti masalah transportasi, pupuk kandang sebagai pupuk dan bahan bakar, makanan, serat, kulit, dan dapat menghasilkan pendapatan tunai rumah tangga yang signifikan melalui penjualan langsung hewan atau produk ternak.

ads

Namun, di antara kendala utama yang membatasi pengembangan produksi ternak di banyak negara berkembang, tidak memadainya sumber pakan ternak yang paling sering menjadi faktor penting. Kekurangan pakan, baik kuantitatif maupun kualitatif berpengaruh terhadap produktivitas ternak. Selama membajak ladang sawah, kekurangan pakan ini serius mempengaruhi kemampuan kerja lembu dan mereka juga menekan produksi susu dan daging unit yang dikelola oleh petani komersial skala kecil. Dalam hal ini maka pakan menjadi perhatian penting, dan masalah penyakit menjadi kendala produktivitas hewan ternak. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang daya guna dari daun pepaya bagi kualitas pakan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas daging hewan ternak tentunya.

Kandungan yang Dimiliki Daun Pepaya

Daun pepaya merupakan sumber yang sangat baik sebagai makanan. Daun pepaya mengandung manfaat vitamin C, manfaat vitamin A, manfaat vitamin E, dan folat. Pada saat yang bersamaan daun papaya kaya akan manfaat antioksidan, flavonoid, dan karoten. Selain itu daun pepaya memiliki beberapa sifat penyembuhan, diantaranya adalah, sebagai berikut.

  • Peningkatan kualitas protein
  • Revitalisasi tubuh dan menjaga energi dan vitalitas
  • Pembaharuan jaringan otot
  • Meningkatkan sistem kardiovaskular
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membantu sistem pencernaan dengan memecah protein dan mendukung produksi enzim pencernaan
  • Pengobatan untuk luka kulit yang tidak kunjung sembuh dengan cepat.
  • Mencegah pembentukan katarak
  • Mengurangi peradangan
  • Membantu sembelit
  • Membantu sistem kardiovaskular dan pencernaan

Meskipun daun pepaya sering dipandang sebagai pengobatan yang sangat baik untuk gangguan pencernaan serta gangguan pada saluran pencernaan, namun hal ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Enzim papain yang terkandung ditemukan dalam pohon pepaya juga telah dimanfaatkan di seluruh dunia untuk menghilangkan parasit dalam tubuh.

Lalu bagaimana manfaatnya sebagai pakan ternak? berikut ini ulasannya :

1. Meningkatkan imunnitas

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan Journal farmakologi, Dang dan rekan-rekannya mendokumentasikan untuk pertama kalinya bahwa daun pepaya dapat meningkatkan produksi molekul sinyal kunci yang disebut Th1 tipe sitokin. Ini meregulasikan sistem kekebalan tubuh, selain langsung memberikan efek anti tumor terhadap berbagai kanker, hal ini juga menunjukkan strategi terapi yang menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

2. Anti parasit bagi

Parasit adalah salah satu kendala yang sering dihadapi oleh peternak kambing. Pakan yang mengandung tannin telah diuji untuk menghambat perkembangan parasit seperti cacing pada kambing. Dari berbagai jenis daun-daunan hijau, daun pepaya dan daun singkong yang berpotensi sebagai anti-parasit (anthelmintik) terbukti. Penambahan daun singkong atau daun pepaya daun menjadi pakan ternak dapat secara signifikan mengurangi pertumbuhan cacing. Hal ini dikarenakan pengaruh tanin dapat menghambat pertumbuhan larva cacing, dan mengurangi populasi cacing dewasa.

Daun  pepaya meninggalkan suplementasi memiliki potensi tinggi sebagai anti-parasit dibandingkan dengan daun singkong. Dalam hal jumlah telur cacing dan ookista dari coccidians dalam kotoran ternak, pakan yang diberikan tambahan daun pepaya memiliki penurunan lebih besar sebesar 10-15% dibandingkan dengan daun singkong.

ads

3. Meningkatkan berat badan

Selain berpotensi sebagai anti-parasit, daun pepaya juga mampu meningkatkan berat badan hewan ternak. Dengan penambahan pakan hijauan, berat dapat meningkat sekitar 40% lebih dibandingkan dengan berat hewan ternak yang pakan hijauannya tidak diberikan singkong atau daun pepaya tambahan.

Dia menambahkan beberapa tanaman lain, seperti daun turi, daun nangka, daun beringin, dan daun mahoni, dapat digunakan sebagai pakan ternak serta potensi anti-parasit. Namun masih perlu diuji, sedangkan daun pepaya telah diuji dan mendapatkan hasil signifikan.

Cara Menambahkan Daun Pepaya dalam Pakan Ternak

Tambahkan daun pepaya untuk diet ternak. Getah pepaya yang ada di daun dan batang tanaman pepaya memiliki efektifitas yang berbeda terhadap banyak parasit, terutama Ascaris suum. Sapi umumnya makan 4-8 gram getah pada daun pepaya per kilogram berat badan. Jadi anda bisa menambah sekitar 3 sampai 5 ons. getah pepaya untuk diet ternak anda untuk setiap 100 pon berat badan.

Manfaat Daun Pepaya Lainnya

Pepaya berasal dari negara-negara Amerika tropis. Pepaya sendiri ibudidayakan di sebagian besar negara tropis di seluruh dunia. Pepaya dengan nama latin carica papaya disebut Paw Paw di Australia dan Selandia Baru. Ini sama sekali tidak terkait dengan Paw Paw di Amerika Utara yang memiliki nama latin Asimina tribola, meskipun keduanya tanaman obat.

Daun pepaya diklaim telah menyembuhkan kanker pada banyak manusia yang tinggal di Gold Coast di Australia. Harold W. Tietze dalam bukunya The Papaya Medicine, menjelaskan cara membuat jus dan menceritakan kisah dari banyak penderita kanker yang dilaporkan meminum jus untuk menyingkirkan kanker mereka. Hal ini menjadi satu temuan betapa bermanfaatnya pepaya termasuk daunnya ini.

Berikut ini sejumlah pakan ternak lainnya :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 18th, November 2015 / 06:04 Oleh :
Kategori : Tumbuhan