Sponsors Link

Manfaat Daun Pandan Untuk Mengobati Asam Urat

Sponsors Link

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan sehingga menyebabkan pembengkakkan disertai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan seperti ditusuk-tusuk jarum kecil. Akibat dari rasa sakit tersebut kulit yang ada disekitarnya berubah menjadi merah. Penyakit asam urat ini biasanya terjadi berlangsung selama 3 sampai dengan 10 hari. Asam urat bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti riwayat keluarga yang pernah menderita asam urat, suka makanan seperti jeroan, daging merah dan mengkonsumsi alkohol. Penyakit asam urat ini juga lebih rentan menyerang laki- laki dengan usia diatas 30 tahun. Sedangkan pada wanita umumnya terjadi setelah memasuki masa menopause.

Untuk mengetahui anda menderita asam urat memang tidak dapat disimpulkan begitu saja dari gejala – gejala yang dirasakan. Diperlukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk di lakukan cek terhadap kadar asam urat sebelum memutuskan untuk mendiagnosis anda terkena asam urat. Pengobatan asam urat juga banyak menggunakan pemberian obat dari dokter kepada pasien, namun jika anda lebih menyukai pengobatan secara herbal maka banyak terdapat bahan – bahan alami yang mudah di dapatkan dan dapat di olah sendiri di rumah untuk mengobati dan mencegah asam urat.

Artikel terkait asam urat :

Kandungan dalam daun pandan

Salah satu bahan alami yang biasa digunakan oleh masyarakat pada umumnya adalah manfaat daun pandan untuk asam urat. Nama ilmiah dari daun pandan adalah pandanus. Daun pandan merupakan tumbuhan monokotil yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini tumbuh berumpun karena memiliki jenis akar tunggang. Daun pandan ini memiliki daun yang panjang sekitar 60 cm dan sebagian dari daun pandan memeiliki daun yang berigi.  Pandan digunakan sebagai salah satu bahan dapur untuk menyedapkan rasa olahan makanan menjadi lebih wangi. Disamping itu ternyata manfaat daun pandan ini juga berguna di bidang kesehatan untuk mengobati penyakit asam urat. Ini karena beberapa senyawa yang terdapat pada daun pandan yaitu :

  • Alkaloid merupakan senyawan yang terdapat pada daun pandan yang berfungsi sebagai faktor pertumbuhan dan cadangan makanan bagi tumbuhan tersebut.
  • Saponin Berfungsi sebagai obat luar dalam arti tidak dikonsumsi sebagai pembersih yang membersihkan.
  • Flavoida merupakan senyawa alami yang banyak terdapat pada buah – buahan yang segar dan memiliki warna yang cerah. Flavoida memiliki fungsi untuk mencegah radikal bebas dengan antioksidan yang dimilikinya.
  • Tanin dalam dunia kesehatan memiliki fungsi yang sangat penting diantaranya adalah untuk menawarkan racun dan mengandung zat pencegah bakteri jahat.
  • Polifenol berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh berguna untuk menangkal serangan virus dan bakteri dari luar tubuh yang dapat menjadikan tubuh sakit.
  • Zat warna kandungan warna yang terdapat pada daun pandan adalah hijau. Pandan memberi wana hijau alami yang dapat digunakan sebagai pewarna makanan ringan seperti ondeh ondeh.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat pada daun pandan secara alami yang bermanfaat untuk kesehatan.

Cara Membuat Minyak Dari Daun Pandan

Daun pandan yang memiliki manfaat untuk mengobati penyakit rematik dapat diolah menjadi minyak urut dengan di campur minyak kelapa alami. Berikut ini bahan – bahan yang harus disiapkan antara lain daun pandan yang masih segar sebanyak 3 lembar dan minyak kelapa

Cara membuatnya sebagai minyak urut adalah :

  • Cuci bersih 3 lembar daun pandan tersebut pada air yang mengalir kemudian potong – potong dengan tipis – tipis.
  • Tuangkan minyak kelapa sebanyak 3 sendok kedalam suatu wadah dan campurkan dengan daun pandan yang telah di potong – potong sebelumnya.
  • Diamkan campuran ini selama beberapa menit.
  • Kemudian baru oleskan pada bagian yang sakit karena asam urat.

Pemberian minyak urut ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dama satu hari. Waktu yang cocok dan dianjurkan adalah pada waktu pagi dan sore hari.

sponsored links

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Lainnya

Selain mengobati asam urat manfaat daun pandan untuk kesehatan lainnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit sebagai berikut :

  1. Rematik

Rematik merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang yang telah berusia lanjut. Rematik terjadi karena sendi yang mengalami pembengkakkan dan meradang. Cara untuk mengobati rematik ini juga dapat memanfaatkan daun pandan dengan minyak kelapa. Cara pembuatannya hampir sama dengan mengobati penyakit asam urat.

Artikel terkait :

2. Tekanan darah tinggi

Manfaat dari daun pandan salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Penyebab timbulnya tekanan darah tinggi adalah meningkatnya kolesterol akibat mengonsumsi makanan – makanan yang kaya akan lemak. Cara membuat ramuan daun pandan untuk menurunkan tensi adalah :

  • Ambil tiga lembar daun pandan kemudian cuci dengan air mengalir hingga bersih.
  • Potong – potong daun pandan tersebut dengan ukuran sedang.
  • Siapkan panci dan isi dengan air kemudian panaskan diatas kompor.
  • Masukkan daun pandan yang telah di potong tadi kedalam panci yang berisi air.
  • Tunggu hingga air mendidih dan angkat kemudian tunggu hingga dingin.

Ramuan herbal ini baik di konsumsi sebanyak dua kali sehari untuk menurunkan tekanan darah yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Jika tekanan darah sudah kembali normal maka diberhentikan karena tidak baik juga jika terlalu sering mengonsumsinya.

Artikel terkait :

3. Meningkatkan nafsu makan

Jika anda merasa kurang bernafsu untuk makan maka dengan mencoba air rebusan dari daun pandan maka bisa menjamin nafsu makan akan segera meningkat. Seiring dengan semakin meningkatnya pekerjaan yang anda jalani dalam kehidupan sehari – hari kadang juga ikut mempengaruhi pola makan anda. Kadang pola makan menjadi berantakan dan idak teratur yang justru menjadikan anda mudah terserang penyakit maag. Untuk menerapkan pola makan yang seimbang dan teratur maka anda bisa mencoba daun pandan untuk mengatasinya. Berikut ini langkah – langkah untuk membuat rebusan daun pandan :

  • Ambillan beberapa helai daun pandan dari batangnya kemudian cuci dengan air yang bersih.
  • Daun pandan yang telah di cuci tersebut di potong – potong dengan ukuran yang sedang agar memudahkan pencampurannya dengan air yang telah disediakan di dalam panci.
  • Masukkan dua gelas air minum kedalam panci tersebut dan campurkan dengan daun pandan yang telah di potong – potong tadi.
  • Naikkan panci keatas kompor dan panaskan airnya. Sesekali aduk ramuan herbal tersebut sambil mencium aroma wangi yang akan keluar dari rebusan tersebut karena daun pandan.
  • Tunggu beberapa menit sampai air mendidih, setelah mendidih jangan lupa untuk mematikan kompornya dan tunggu hingga rebusan herbal tersebut dingin.

Saat sudah dingin saring air rebusan daun pandan tersebut ke dalam gelas untuk diminum sebanyak dua kali sehari. Waktu yang cocok untuk meminumnya adalah pada pagi hari menjelang sarapan dan pada sore hari sebelum makan. Jika nafsu makan dirasa sudah teratur dan cukup maka meminum rebusan dari daun pandan ini tidak perlu dilanjutkan lagi.

Artikel terkait :

Jadi penggunaan daun pandan untuk mengobati penyakit seperti meningkatkan nafsu makan, rematik dan juga tekanan darah tinggi dapat diolah untuk dijadikan minyak urut ataupun dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari. Namun dalam meminum ramuah herbal dari daun pandan ini juga tidak dianjurkan terlalu sering cukup minum sebatasnya saja. Jika sudah merasa lebih baik maka dihentikan meminumnya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 07th, September 2016 / 06:38 Oleh :
Kategori : Herbal