17 Manfaat Daun Oregano Untuk Kesehatan

Tumbuhan merupakan salah satu kekayaan alam yang bisa diperbarui. Termasuk didalamnya tumbuhan-tumbuhan herbal yang dipercaya dari zaman dahulu kala sebagau ramuan pengobatan alami yang terbukti mampu mengobati berbagai macam penyakit bergantung kandungan dari masing-masing tumbuhan. Siapa yang menyangsikan kemampuan dari tumbuh-tumbuhan herbal ini? Tidak ada pastinya.

Baca juga: Manfaat Olahraga Bowling, Manfaat Apel Washington, Manfaat Terapi Hiperbarik

Termasuk bagian dari tanaman herbal yang ada di dunia ini adalah Origanum Vulgae atau yang biasa kita sebut sebagai daun oregano. Daun dari oregano yang biasanya dimanfaatkan dalam berbagai hal. Umumnya daun oregano digukanan sebagai bumbu masakan di Italia, Spanyol, Mediterania, dan negara Eropa lainnya. Namun pada kenyataannya, daun oregano memiliki segudang manfaat yang perlu kamu ketahui. Di Indonesia sendiri daun oregano termasuk dalam rempah-rempah yang masuk klasifikasi dedaunan.

Baca juga: Manfaat Lotion Vampire, Manfaat Semangka Kuning, Manfaat Happy Call

Manfaat daun oregano adalah sebagai berikut :

  1. Mengharumkan Masakan – Daun oregano termasuk tumbuhan yang memiliki bau harum, sehingga cocok digunakan sebagai bahan campuran saat membumbui daging dan ayam sehingga mengurangi bau amis pada daging dan ayam. (Baca juga: Manfaat Wajan Bolic Wifi)
  2. Memberikan Cita Rasa – Daun oregano juga dapat digunakan sebagai penambah cita rasa menyengat atau pungency sebagaimana bawang putih maupun jahe karena oregano memiliki rasa yang kuat, sedikit pahit dan khas. (Baca juga: Manfaat Radio)
  3. Campuran Masakan Italia, Spanyol, dan Eropa lainnya – Dengan rasa yang sedikit pahit dan aroma khas tersebutlah yang menjadikan daun oregano banyak digunakan pada masakan Italia, hal ini karena masakan Italia identik dengan menambahkan campuran herbal atau mixed herbs ke dalam masakan. Begitu juga dengan di negara-negara Eropa lainnya. (Baca juga: Manfaat Lilin)
  4. Melawan Radikal Bebas – Kandungan daun oregano berupa thymol dan asam rosmanic yang banyak mampu mengurangi stress oksidatif di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ke dua zat tersebut mengandung sifat antioksidan kuat. Stress oksidatif itu sendiri merupakan kondisi berlebihnya radikal bebas di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menetralisirnya. Akibat dari stress oksidatif adalah terjadinya kerusakan sel-sel DNA akibat produksi peroksida yang berlebihan. (Baca juga: Manfaat Mixer)
  5. Menguatkan Sistem Imun – Kandungan vitamin A dan Mangan dalam daun oregano dikenal mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi daun oregano dapat memulihkan energy dan mencegah kelelahan kronis. (Baca juga: Manfaat Lampu LED)
  6. Meredakan Nyeri Menstruasi – Mengkonsumsi daun orgeno sebelum masa haid dapat membantu mengurangi atau meredakan rasa nyeri ketika menstruasi atau haid. Sehingga cocok untuk dicoba bagi para wanita yang sering mengalami nyeri haid saat menstruasi. Dan tentu saja harus diimbangi dengan olahraga secara teratur. (Baca juga: Manfaat Panjat Tebing)
  7. Melancarkan Pencernaan – Daun oregano yang kaya akan serat baik dikonsumsi untuk melancarkan BAB dan pencernaan. Disisi lain, kandungan senyawa penting seperti varvacrol dan thymol sangat baik untuk pencernaan serta mampu mencegah sembelit. (Baca juga: Manfaat Oven)
  8. Meredakan Demam – Daun oregano yang telah diolah menjadi minyak dipercaya mampu meredakan demam. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencampurkan minyak oregano dengan air secukupnya, kemudian diminum. Minyak oregano juga dipercaya memiliki sifat penyembuh alami. (Baca juga: Manfaat Hand Spinner)
  9. Membersihkan Racun dalam Hati – Adanya senyawa esensial seperti kalsium (Ca), mangan (Mg), vitamin K, zat besi (Zinc), serat, dan sejumlah senyawa organic lainnya berperan sebagai detoksi tubuh, dan juga bermanfaat dalam proses membantu pengeluaran racun dari hati. (Baca juga: Manfaat Ventilasi Udara)
  10. Menyehatkan Usus – Sifat anti bakteri yang terkandung dalam senyawa carvacrol dan thymol pada daun oregano sangat efektif dalam melawan bakteri pathogen yang menyerang usus, kulit dan lain sebagainya. 

  11. Baik untuk Kesehatan Jantung – Kandungan asam lemak omega-3 pada daun oregano berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga berkhasiat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, dan mencegah inflamasi pada sistem kardiovaskular. Dengan kata lain mampu menghindarkan dari resiko penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke. (Baca juga: Manfaat Senter)
  12. Mengobati Sariawan dan Luka – Keberadaan thymol dalam daun oregano yang memiliki sifat anti bacteria dan anti jamur sangat efektif dalam melawan bakteri maupun jamur pada kulit. Sehingga bisa digunakan untuk mengobati daerah-daerah yang rawan terkena bakteri maupun jamur. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan menumbuk daun oregano kemudian mengoleskannya pada kulit yang terluka. (Baca juga: Manfaat Jus Frambos)
  13. Mengatasi Sulit Tidur – Daun oregano yang dimodivikasi menjadi the bermanfaat dalam mengatasi gangguan sulit tidur atau yang biasa disebut insomnia. Teh herbal dari daun oregano dapat menenangkan saraf dan merileks-kan tubuh sehingga menguangi bahkan menghindarkan dari stress. (Baca juga: Manfaat Cumi-Cumi Bakar)
  14. Mencegah Kanker – Adanya antioksidan kuat di dalam daun oregano berkhasiat dapat mencegah berbagai jenis penyakit kanker. (Baca juga: Manfaat Daun Cuciwis

  15. Mencegah Penuaan Dini – Teh oregano yang kaya akan zat antioksidan juga dipercaya mampu mencegah kerusakan sel kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. (Baca juga: Manfaat Tokoferol)
  16. Menghilangkan Jerawat – Daun oregano yang ditumbuk berkhasiat untuk mengobati jerawat yang timbul pada kulit. (Baca juga: Manfaat Akar Angin)
  17. Apotek Hidup – Sebuah keluarga idealnya memiliki apotek hidup di rumah masing-masing. Termasuk menanam daur oregano di rumah bisa memperkaya tamanam apotek hidup kita. Sehingga ketika sangat membutuhkan daun oregano dan supply di pasaran habis, kita bisa langsung memetik di halaman rumah kita, bahkan kita juga bisa menghemat pengeluaran. (Baca juga: Manfaat Bunga Kencana Ungu)

Berikut ini ada satu tips bagi kamu yang ingin merasakan manfaat daun orimaru segera. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaburkan atau mencampurkan satu sendok daun oregano kering ke atas masakan kita, seperti menaburkan di atas pizza ataupun dengan cara mencampurkannya dengan sauce. Hal ini dikarenakan daun oregano kering lebih cocok digunakan dalam tambahan masakan, dan oregano kering bisa kita jumpai di swalayan-swalayan terdekat.

Baca juga: Manfaat Batang Rotan, Manfaat Bunga Marigold, Manfaat Sayuran Kering

Wah keren bukan manfaat dari daun oregano. Bukan hanya bermanfaat bagi menyedapkan masakan kita, namun juga bisa untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Buat kita yang ingin memiliki badan yang sehat dan menjaga kecantikan, tidak ada salahnya mencoba ramuan dengan campuran daun oregano yang pastinya cukup mudah kalau kita buat sendiri di rumah. Untuk anak kecil, tetap dalam pengawasan orangtua ya dalam memasaknya!

Baca juga: Manfaat Futsal, Manfaat Panci Presto, Manfaat Teflon

, ,
Post Date: Tuesday 30th, May 2017 / 04:30 Oleh :
Kategori : Herbal