15 Manfaat Daun Mengkudu Muda Untuk Kesehatan

Mengkudu atau dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai Morinda Citrifolia merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Sehingga wajar jika kita yang hidup di Indonesia sering menemui pohon mengkudu di sekitar rumah kita. Tinggi pohon yang berkisar antara 4 sampai 6 meter menjadikannya cocok untuk ditanam di halaman rumah. (Baca juga: Manfaat Daun Zodia, Manfaat Daun Bengang, Manfaat Daun Kingkilaban)

Selain buahnya dari pohon mengkudu yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia, ternyata dari daun buah mengkudu juga memiliki khasiyat atau manfaat yang juga tidak kalah pentingnya bagi tubuh. Maka tidak salah jika tanaman mengkudu baik buah dan daunnya dikenal baik sebagai obat herbal alami yang efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit yang berbahaya bahkan yang berpotensi mengakibatkan kematian. (Baca juga: Manfaat Daun Alifuru, Manfaat Daun Adas, Manfaat Daun Jarak Merah)

Daun mengkudu bervolume tebal dan mengkilap pada permukaan daunnya. Letaknya berhadap-hapan di masing-masing ranting pohon dan memiliki ukuran yang besar-besar, tebal dan tunggal. Daun mengkudu sendiri dapat dimakan dengan diolah melalui proses pemasakan, bahkan jika dijadikan sayuran memiliki nilai gizi yang tinggi. disamping itu daun mengkudu juga bisa digunakan sebagai obat-obatan.

Baca juga:

Berikut ini manfaat dari daun mengkudu secara datailnya adalah sebagai berikut.

1. Makanan Tradisional

Jika ditilik secara nilai tradisional, maka masyarakat Aceh telah lama menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah pegugaga yang sering muncul sebagai menu wajib ketika berbuka puasa di bulan Ramadhan. Oleh karenanya, pohon mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di daerah Aceh. (Baca juga: Manfaat Daun Pepaya Jepang)

2. Menjaga dari Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada daun mengkudu dipercaya berkhasiat membantu melindungi sel jantung dari kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas. (Baca juga: Manfaat daun Ciplukan untuk Hipertensi)

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Meskipun belum ada pembuktian secara medis, namun kebanyakan masyarakat berpendapat bahwa khasiat daun mengkudu juga mampu untuk menjaga kesehatan jantung. (Baca juga: Manfaat Daun Karsen untuk Diabetes)

4. Mengatasi Arteriosklerosis

Ektraks alami yang terkandung dalam daun mengkudu dipercaya mampu mengatasi arteriosklerosis atau yang biasa disebut sebagai penyempitan atau pengerasan pada pembulu nadi. Dengan kandungan yang ada dalam daun mengkudu dipercaya dapat menghambat oksidasi lipoprotein yang akan menjadi penyebab penyumbatan di pembulu arteri. (Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat)

5. Menambah Stamina Tubuh

Dengan kandungan alami yang ada dalam mengkudu dan apabila kita rutin mengonsumsi ramuan obat daun mengkudu dipercaya mampu menambah stamina tubuh dan menghindari tubuh yang sering mengalami lemas, letih dan lesu. Sehingga ketika kita merasa lelah saat bekerja, maka tidak ada salahnya menguranginya dengan meminum ramuan obat daun mengkudu. (Baca juga: Manfaat Teh Murbei)

6. Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Kandungan alami dalam daun mengkudu juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Sehingga bagi kita yang mengalami masalah dalam sistem pencernaan, tidak ada salahnya mencoba obat ramuan daun mengkudu. (Baca juga: Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji)

7. Menyembuhkan Ambein

salah satu kelebihan daun mengkudu adalah kandungan vitamin A yang banyak. Dengan kandungan vitamin A inilah yang mampu menjadikan daun mengkudu berkhasiat dalam mengobati ambein. (Baca juga: Manfaat Teh Daun Sukun)

8. Meremajakan Kulit

Manfaat lain dari daun mengkudu adalah memiliki khasiat untuk meremajakan kulit. Selain itu menjaga agar wajah tetap sehat dan cantik. Yang pastinya tidak akan merusak kulit karena terbuat dari bahan alami yang sudah disediakan oleh alam. Disisi lain pengolahannya juga dengan cara yang alami. (Baca juga: Manfaat Timun Bagi Kulit)

9. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak ditakuti oleh masyarakat pada umumnya. Disisi lain kanker juga memiliki sifat yang ganas sehingga bisa dengan cepat menyebar ke tubuh. Tentu saja upaya pencegahan lebih baik dari pengobatan. Kandungan alami dalam daun mengkudu dipercaya mampu menghambat proses pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh kita. Sehingga dengan rutin mengonsumsi ramuan obat herbal alami dari daun mengkudu akan membantu kita mencegah dari kanker. Dan bagi yang sudah terinfeksi maka meminum ramuan ini pun bisa membantu proses pengobatan karena kemampuan daun mengkudu dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. (Baca juga: Manfaat Jambu Air Merah)

10. Menurunkan Berat Badan

Kandungan alami daun mengkudu berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, hal ini menjadikan semua kotoran yang ada dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui feses maupun urine. Dengan lancarnya pencernaan dan pembuangan akan menghindarkan kita dari perut buncit dan timbunanlemak di bagian tubuh lainnya. Tidak lupa, upaya ini juga harus dibarengi dengan olahraga secara rutin. Karena selain melangsingkan tubuh, harapannya kita juga memiliki tubuh yang sehat dan kuat. (Baca juga: Manfaat Renang untuk Diet)

11. Menormalkan Tekanan Darah

Dengan meminum teh daun mengkudu sesuai anjuran dokter dapat membantu dalam menormalkan tekanan darah. (Baca juga: Manfaat Kayu Pasak Bumi)

12. Sebagai Anti-Inflamasi

Sifat anti inflamasi yang dimiliki daun mengkudu terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Disamping itu juga mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung. (Baca juga: Manfaat Sabun Fruitamin)

13. Memperlambat Proses Penuaan Dini

Kandungan anti oksidan dalam daun mengkudu dipercaya dapat memperlambat proses penuaan dini, mengatasi penyakit kencing manis, persendian serta tekanan darah. (Baca juga: Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan)

14. Mengobati Perut Kembung Bayi

Daun mengkudu dipercaya juga untuk mengobati perut kembung pada bayi. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencuci daun mengkudu, digulung dan dikucek sebentar pada telapak tangan, kemudian membalurkan pada perut kembung pada bayi. (Baca juga: Manfaat Lotus Birth)

15. Baik untuk Burung Ocehan Kenari

Dengan mengkonsumsi daun mengkudu yang masih muda dapat membantu dalam memaksimalkan volume ocehan dari kenari. Caranya cukup mudah, yaitu mencuci bersih dahulu daun mengkudu, berikan bagian pucuk daunnya, kemudian gantung daun dalam jeruji sangkar sebagaimana menggantung daun sawi sendok. (Baca juga: Manfaat Apel untuk Burung Kenari)

Luar biasa bukan? Ternyata manfaat dari daun mengkudu sangatlah banyak dan patut kita coba bagi yang memiliki masalah kesehatan seperti apa yang disampaikan di atas. Namun, tetap harus berhati-hati bagi yang memiliki alergi dengan daun mengkudu, lebih amannya lagi kalau menggunakannya dengan berkonsultasi dulu ke dokter.

(Baca juga: Manfaat Bunga Kencana Ungu, Manfaat Bunga Arum Dalu, Manfaat Bunga Marigold)

Selain manfaat daun mengkudu, di web ini kita juga bisa menambah wawasan kita dengan pengetahuan yang lainnya terkait manfaat setiap apa yang ada di bumi ini. Contohnya Manfaat Daun Cuciwis, Manfaat Daun Bungur, Manfaat Daun Inggu, dan lain sebagainya yang kita bisa baca dan pastinya akan menambah wawasan kita. Happy Reading!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, May 2017 / 01:13 Oleh :
Kategori : Tumbuhan