Sponsors Link

Manfaat Daun Krokot untuk Obat Asam Urat

Sponsors Link

Tanaman krokot adalah tanaman yang sering dianggap gulma karena hidupnya yang berada di mana saja. Kualitas tanaman ini tergantung pada lingkungan hidupnya. Apabila hidup di tanah yang subur maka daunnya akan lebar, lebat, dan berwarna hijau. Namun apabila hidup pada tanah yang jelek, maka daunnya akan lebih kecil dan agak kuning. Meskipun sering dianggap sebagai tanaman yang mengganggu atau tidak penting, ternyata tanaman ini bisa dikonsumsi dan diolah menjadi sayuran.

ads

Selain itu, kandungan nutrisinya juga banyak dan mendatangkan banyak khasiat untuk tubuh. Daun krokot mengandung kandungan omega 3, asam alfalinolenat, dan asam lemak. Daun krokot juga mengandung vitamin A yang tinggi, vitamin C, vitamin B kompleks (karotenoid, prydoxine, riboflavin, dan niacin), berbagai mineral (magnesium, kalsium, natrium, kalium, mangan), juga pigmen betalain alkaloid dan pigmen beta xantins yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti mutagenik yang baik.

baca juga :

Manfaat daun krokot untuk asam urat

Asam urat merupakan peradangan pada sendi yang diakibatkan penumpukan kadar purin yang kemudian mengendap pada sendi – sendi tulang dan membentuk kristal – kristal asam urat.

Manfaat daun krokot dalam menurunkan asam urat :

  1. Kandungan vitamin C, vitmin B kompleks yang memiliki khasiat sebagai anti inflamasi dan anti oksidan mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi.
  2. Untuk mengurangi kadar purin dalam darah sendiri, perlu disertai konsumsi air putih yang banyak.
  3. Daun krokot juga tinggi serat. Serat mampu membantu penyerapan kadar asam urat dalam darah sehingga menurunkan asam urat.
  4. Peningkatan kadar asam urat dalam darah juga menandakan adanya penurunan fungsi ginjal sebagai penyeimbang kadar asam urat dalam darah. Vitamin C dan kandungan lainnya dalam daun krokot mampu menjaga kekebalan tubuh dan antioksidannya mampu mempertahankan fungsi ginjal. Sehingga asam urat dalam darah tidak semakin berlebih.

baca juga :

Sponsors Link

Cara mengkonsumsi daun krokot

Mengkonsumsi daun krokot, yaitu dengan mengolahnya terlebih dahulu :

  1. Ambil daun krokot dan batangnya, lalu bersihkan
  2. Masukkan ke dalam panci dan rebus dengan air hingga mendidih dan air rebusan menyusut.
  3. Air rebusan daun krokot diminum secara teratur 3 kali sehari.
  4. Daun yang sudah direbus juga dapat dikonsumsi sebagai sayuran lalap dengan kombinasi makanan lainnya.

baca juga :

Daun krokot bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit lainnya, seperti mencegah penyakit paru – paru, memperlancar aliran darah, antioksidan alami, anti inflamasi, menghilangkan rasa nyeri dan pegal – pegal, dan juga baik untuk kesehatan mata. Daun krokot dapat menjadi alternatif obat tradisional atau herbal untuk mengatasi keluhan pada kesehatan Anda. Alternatif alami lainnya untuk menangani kadar asam urat yang tinggi yaitu dengan konsumsi air putih yang banyak, aktivitas olahraga yang cukup, dan membatasi makan makanan tinggi purin yang berlebih.

baca juga :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 18th, November 2016 / 04:34 Oleh :
Kategori : Herbal