Sponsors Link

20 Manfaat Daun Kingkilaban untuk Pengobatan dan Hiasan

Sponsors Link

Memang benar jika dikatakan semua penyakit ada obatnya. Betapa tidak berbagai tumbuhan yang ada di sekitar kita ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya tumbuhan kingkilaban yang akan kita bahas pada artikel ini. Tumbuhan yang memiliki nama latin mussaenda frondosa ini dapat dikenali dari bentuk bunganya yang unik menyerupai terompet sehingga sangat disukai oleh kupu-kupu. Selain itu tumbuhan ini memiliki daun pemikat yang berwarna putih kehijauan sehingga cukup mudah dibedakan dengan tumbuhan lain.

ads

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan herbal yang kaya manfaat baik bagi kesehatan maupun untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Bagian yang paling sering dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, getah, dan akarnya. Manfaat-manfaat tersebut dihasilkan dari kandungan berbagai nutrisi dan zat-zat yang diperlukan tubuh seperti tanin, terpenoid, polifenol, steroid, karbohidrat, flavonoid, serta alkaloid. Diantara manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi kingkilaban adalah:

  1. Mengatasi demam Meskipun demam merupakan gangguan kesehatan yang sering dan umum diderita serta tidak dianggap berbahaya namun cukup membuat khawatir kaum ibu. Jika anak mulai demam segala macam obat dan ramuan dikeluarkan agar suhu tubuh anak segera normal. Salah satu obat tradisional yang dapat kita manfaatkan adalah daun kingkilaban ini. (Baca juga: manfaat parasetamol)
  2. Membersihkan luka Luka luar seperti terkena pisau atau benda tajam lainnya jika tidak terlalu dalam biasanya tidaklah berbahaya. Namun harus selalu diingat untuk segera membersihkan luka tersebut agar tidak dihinggapi kuman penyakit. Salah satu caranya dengan menggunakan daun dan getah dari kingkilaban yang diaplikasikan langsung pada luka.
  3. Menyembuhkan luka luar dengan cepat Selain membersihkan luka daun kingkilaban juga bermanfaat untuk penyembuhan luka sehingga luka kering dan sembuh lebih cepat. Caranya adalah dengan mencampurkan akar kingkilaban yang sudah kering dan minyak kelapa. Ramuan ini kemudian dibalurkan pada luka secara rutin 3 kali sehari. (Baca juga: manfaat rivanol – 25 manfaat daun binahong)
  4. Membantu penyerapan nutrisi Konsumsi daun kingkilaban dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan secara lebih optimal sehingga setiap makanan yang kita makan akan diserap dengan baik oleh tubuh. (Baca juga: manfaat protein)
  5. Sumber antioksidan Daun kingkilaban juga kaya akan antioksidan sehingga dapat menjadi sumber antioksidan alami bagi tubuh jika dikonsumsi. (Baca juga: manfaat jagung)
  6. Mencegah penyakit kanker Kandungan antioksidan pada daun kingkilaban dapat membantu tubuh untuk memerangi perkembangan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker. (Baca juga: manfaat kunyit)
  7. ads
    Mencegah penuaan dini Manfaat lain yang juga bisa kita rasakan dari antioksidan adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput di sektiar daerah mata. Meskipun tua merupakan sesuatu yang pasti kita lewati namun menua terlalu cepat juga bukanlah hal yang diinginkan banyak orang. (Baca juga: manfaat wortel)
  8. Meningkatkan kekebalan tubuh Tubuh memiliki sistem kekebalan sendiri yang membuatnya tidak mudah terserang penyakit. Sistem kekebalan tubuh ini bisa menguat ataupun melemah yang ditentukan oleh beberapa faktor seperti asupan makanan dan gaya hidup. Salah satu makanan yang baik bagi peningkatan kekebalan tubuh adalah daun kingkilaban. (Baca juga: manfaat buah naga)
  9. Menutrisi tubuh Daun kingkilaban juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperti zat-zat yang terkandung dalam alkaloid dan flavonoid yang dimilikinya. Dengan mengonsumsi daun kingkilaban tidak hanya mengobati berbagai penyakit namun juga menambah asupan nutrisi bagi tubuh. (Baca juga: manfaat tomat)
  10. Baik untuk kesehatan rongga mulut Sebagian orang suka menganggap remeh kesehatan rongga mulut. Padahal organ ini merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Tidak hanya penting bagi penampilan namun di sini pula lah dimulainya proses pencernaan makanan sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan rongga mulut kita juga dapat menggunakan daun kingkilaban. (Baca juga: manfaat buah jeruk bagi kesehatan gigi)
  11. Mengobati luka pada lidah Akar dari tumbuhan ini dipercaya dapat membantu mengobati luka yang dialami lidah. Selain itu gangguan atau penyakit rongga mulut lainnya seperti sariawan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun kingkilaban.
  12. Anti bakteri Daun kingkilaban juga bersifat anti bakteri sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai bakteri yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. (Baca juga: manfaat jeruk nipis – manfaat daun serai)
  13. Melancarkan saluran kemih/kencing Tidak hanya proses pencernaan yang mesti lancar, proses pembuangan pun butuh kelancaran. Jika tidak, dapat dipastikan tubuh kita akan mengalami gangguan kesehatan. Untuk itu kita dapat memanfaatkan daun kingkilaban sebagai obat tradisional untuk melancarkan saluran kencing / saluran kemih. Caranya dengan meminum rebusan kelopak daun kingkilaban. (Baca juga: manfaat lembayung)
  14. Mencegah penyakit ISK (Infeksi Saluran Kemih) Air rebusan daun kingkilaban juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya berbagai keluhan seperti sakit ketika buang air kecil atau dorongan buang air kecil yang terlalu sering. Hal ini dapat terjadi karena infeksi saluran kemih yaitu infeksi organ-organ saluran kemih seperti ureter, kandung kemih, uretra, dan ginjal oleh kuman-kuman penyakit. (Baca juga: 15 manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan)
  15. Mengatasi gejala anyang-anyangan Gejala anyang-anyangan juga dapat muncul jika seseorang mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini salah satunya ditandai dengan adanya rasa nyeri ketika buang air kecil. Gejala anyang-anyangan ini juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun kingkilaban.
  16. Baik untuk kesehatan ginjal Mengonsumsi daun kingkilaban juga sangat baik untuk kesehatan ginjal sehingga ginjal terpelihara kesehatannya dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. (Baca juga: manfaat kulit manggis untuk ginjal – manfaat jahe untuk ginjal)
  17. Mencegah penyakit kencing batu Penyakit lain seputar kelancaran saluran kemih yang juga dapat dicegah dengan mengonsumsi daun kingkilaban adalah penyakit kencing batu. Penyakit ini merupakan akibat dari pembentukan batu atau kristal di saluran kemih yang dapat menghambat kelancaran buang air kecil serta menimbulkan rasa nyeri.
  18. Membersihkan mata Daun kingkilaban juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Tumbuhan ini dipercaya dapat membersihkan mata sehingga digunakan oleh masyarakat Jawa untuk mencuci mata sehingga mata bersih dan terbebas dari segala kotoran. (Baca juga: manfaat tomat untuk mata – manfaat teh untuk mata)
  19. Dijadikan sebagai makanan binatang Tumbuhan ini juga disukai oleh beberapa hewan seperti tupai, kupu-kupu, dan serangga sehingga dapat menjadi sumber makanan bagi hewan-hewan tersebut.
  20. Dijadikan sebagai hiasan Karena keindahan bunganya yang menyerupai terompet tumbuhan ini juga sering dijadikan tanaman hias baik di taman atau di halaman rumah. (Baca juga: manfaat cabai hias – manfaat bunga anggrek)

Sangat bermanfaat bukan? Kingkilaban tidak hanya menjadi tanaman obat yang dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Namun tumbuhan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan hewan tertentu serta menjadi penghias taman ataupun rumah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 29th, April 2017 / 13:12 Oleh :
Kategori : Tumbuhan