Sponsors Link

27 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sponsors Link

Bagi anda mungkin tidak asing lagi dengan daun kelor. Ya daun yang sering di dengar pada sebuah perumpamaan “dunia tak selebar daun kelor” yang berarti dunia itu luas tidak hanya kecil dan sempit seperti daun kelor. Menurut perumpaan tersebut disebutkan bahwa daun kelor memang kecil dan sempit namun tahukah anda bahwa manfaat dari daun kelor ini sangat banyak dan baik untuk manusia? Ya, meskipun bentuknya kecil tapi khasiat di dalamnya sangat besar. Pada era modern saat ini bahkan para ahli setuju bahwa daun kelor memang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

ads

artikel terkait:

Para ahli telah melakukan penelitian pada tanaman kelor baik daun, biji, batang dan buahnya. Hasilnya pun sangat mencengangkan dimana nutrisi di dalamnya lebih besar daripada beberapa sumber nutrisi lainnya yang dianggap sangat sehat. bahkan organisasi kesehatan PBB (WHO) menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree atau pohon keajaiban.

Kandungan daun kelor

Menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh WHO, di dalam daun kelor mengandung banyak kandungan nutrisi yang sangat baik bagi manusia, diantaranya adalah:

  • Potassium dimana jumlahnya tiga kali lipat dari yang ada di dalam buah pisang
  • Kalsium yang setara dengan jumlah empat kali lipat dari yang ada di dalam susu
  • Vitamin C yang setara dengan tujuh buah jeruk
  • Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari yang ada di dalam wortel
  • Protein setara dengan dua telur

Berdasarkan penemuan tersebut tentunya anda bisa membayangkan bukan bagaimana baiknya khasiat dari daun kelor ini? ya sudah pasti sangat banyak dan bermanfaat. Lalu apa sajakah manfaatnya bagi tubuh manusia? Simak artikel ini baik-baik ya.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk ginjal

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

  1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian ilmiah sudah dilakukan oleh para ahli yang melibatkan tikus sebagai hewan percobaannya. Hasilnya ternyata daun kelor mampu mencegah tumbuhnya bibit penyakit jantung dan bermanfaat juga sebagai antioksidan alami bagi tubuh. oleh karena itu bagi anda yang beresiko mengalami penyakit jantung lebih baik untuk mengonsumsi daun kelor atau ekstrak daun kelor sebesar 200 mg setiap harinya selama 30 hari dan rasakan perbedaannya pada tubuh anda.

  1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang saat ini semakin banyak penderitanya. Ironisnya penyakit kanker ini seperti penyakit yang tak bisa disembuhkan karena angka sembuh dari penyakit ini sangatlah sedikit, sisanya berujung pada kematian. Proses pembentukan sel kanker yang cukup lama dalam tubuh juga membuat tubuh tidak merasakan adanya gejala kanker pada awal dan baru merasakan saat sudah stadium cukup parah. Oleh karena itu alangkah baiknya bagi kita untuk selalu melakukan tindakan pencegahan pada kanker. Salah satu hal yang dapat membantu mencegah kanker adalah dengan daun kelor. Pada penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa daun kelor bermanfaat untuk membunuh sel yang sudah mati dan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. mereka juga mengatakan bahwa daun kelor ini merupakan potensi besar untuk mencegah kanker secara alami.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk kolesterol

  1. Mencegah diabetes

Penyakit lainnya yang dapat diatasi dengan daun kelor ini adalah untuk mencegah penyakit diabetes atau kelebihan kadar gula dalam darah. penyakit diabetes juga saat ini banyak diderita orang di dunia akibat gaya hidup modern yang tidak sehat. daun kelor mengandung zat seng dimana itu adalah mineral yang sangat penting dalam proses pembuatan insulin. Menurut penelitian dengan mengonsumsi daun kelor sebanyak 150 mg setiap harinya mampu mencegah timbulnya penyakit diabetes.

  1. Mengatasi alergi

Banyak orang mengalami alergi pada beberapa benda yang berbeda-beda pada tiap orang. jika anda mengalami alergi maka daun kelor dapat membantu untuk mengatasinya. Anda hanya perlu merebus daun kelor dengan pulasari dan bawang merah. Rebus hingga mendidih dan airnya berkurang. Setelah matang kemudian air rebusan daun kelor tadi disaring dan minum setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk jantung

  1. Mengatasi penyakit kulit

Penyakit kulit seperti herpes, gatal, kulit bernanah, dan luka juga dapat diobati dengan baik dengan menggunakan daun kelor. Daun kelor mengandung antisepktik yang mampu membunuh bakteri dengan cepat sehingga kulit menjadi cepat sembuh. Cara yang digunakan sangatlah mudah hanya dengan menumbuk tujuh daun kelor atau sesuai kebutuhan sampai halus dan kemudian tempelkan pada bagian luka. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Mengatasi sakit mata

Jika anda merasa mata anda sakit, pegal atau pedih maka juga dapat diatasi dengan menggunakan daun kelor. Daun kelor ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Cara yang digunakan sangatlah mudah hanya dengan memblender daun kelor sampai halus dan tambahkan 100 ml air bersih, kemudian saring dan pisahkan. Gunakan air yang telah disaring tadi atau sari kelornya untuk membasuh mata setiap hari. mata anda akan kembali segar dan cerah.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk diabetes

Sponsors Link

  1. Mengatasi rematik, nyeri dan pegal linu

Bagi anda yang sudah berusia lanjut mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa penyakit yang berhubungan dengan tulang seperti nyeri, rematik dan pegal linu. Hal ini sebenarnya adalah hal wajar karena kalsium dalam tubuh mulai menghilang dan tulang semakin lemah. Rasa sakit dari nyeri, rematik dan pegal linu ini kerap kali menyiksa tubuh. anda bisa menggunakan daun kelor untuk meredakan rasa sakitnya. Caranya sangatlah mudah hanya dengan menumbuk daun kelor dan kemudian dijadikan param.

  1. Mengatasi penyakit kuning

Penyakit kuning merupakan nama lain dari penyakit pembengkakan hati yang disebabkan oleh virus. Dikatakan sebagai penyakit kuning karena penyakit ini memiliki gejala menguningnya beberapa bagian tubuh seperti kuku, kulit, mata dan lainnya. penyakit kuning merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya sehingga harus diatasi dengan segera. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan daun kelor. Cara pengobatannya adalah dengan menumbuk daun kelor kemudian ditambahkan air kelapa, anda juga bisa menambahkan madu supaya rasanya lebih enak. Konsumsilah ramuan ini sehari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal. jangan lupa untuk mengkonsutasikannya dengan dokter anda ya.

artikel terkait: manfaat biji kelor

  1. Mengatasi mata rabun

Mata rabun menjadi masalah pada banyak orang tidak hanya untuk orang tua saja namun juga anak muda karena saat ini banyak yang mengalami mata minus atau rabun jauh. Selain melakukan pengobatan secara medis, pengobatan alternatif herbal juga  patut anda coba untuk memaksimalkan pengobatannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun kelor. Daun kelor ini cukup anda tumbuk dan rebus sampai mendidih dan airnya berkurang. Setelah matang minumlah ramuan ini selagi hangat dan rutin supaya mata rabun bisa cepat sembuh. Anda juga bisa menambahkan madu atau gula supaya rasanya lebih enak.

  1. Mengobati cacingan

Cacingan merupakan hal lumrah yang biasanya dialami oleh anak-anak. Faktor kebersihan anak yang seringkali kurang pengawasan membuat cacing mudah masuk ke dalam tubuh anak-anak. Cacingan ini perlu diatasi supaya nutrisi dari makanan dapat diserap baik oleh tubuh tidak dimakan oleh cacing. Nah, untuk mengobati cacingan juga dapat menggunakan daun kelor. Cara yang digunakan sangatlah mudah dan aman, hanya dengan merebus daun kelor, daun cabai dan batang meniran dan minum air rebusan tersebut setiap hari hingga cacingan sembuh. Untuk lebih memastikan anda bisa berkonsultasi dengan dokter ya.

artikel terkait: manfaat kayu les kelor

  1. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang berusaha menjalani program penurunan berat badan atau diet sebaiknya lakukanlah dengan cara yang benar. diet tidak hanya menahan lapar saja namun ada aturannya supaya tidak menyakiti tubuh. kelola kembali asupan makan yang benar dan pola hidup sehat akan membuat program diet anda maksimal. selain itu anda juga bisa mengonsumsi suplemen diet penunjang supaya diet menjadi maksimal seperti yang diharapkan. Salah satu yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan ramuan herbal dari daun kelor. Anda bisa membuat teh daun kelor yang diminum setiap hari karena di dalam daun kelor terdapat zat yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar sehingga tidak terjadi penumpukan makanan yang berpotensi menjadi lemak. Selain menurunkan berat badan, teh daun kelor ini juga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

ads
  1. Sumber energi

Selain untuk menurunkan berat badan, teh daun kelor juga bermanfaat sebagai penyedia energi. Dengan mengonsumsi teh daun kelor ini tubuh anda akan terasa lebih fit dan segar serta tidak mudah lelah karena sudah terdapat pasokan energi yang cukup bagi tubuh. jadi tunggu apa lagi untuk tidak minum teh daun kelor?

artikel terkait: manfaat daun kelor

  1. Sumber nutrisi

Karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam daun kelor, maka daun kelor pun menjadi salah satu daun yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi tubuh. nutrisi ini sangat penting selain untuk menjaga kesehatan tubuh, nutrisi juga sangat penting untuk proses di dalam otak sehingga otak dan tubuh dapat bersinergi dengan baik.

  1. Meningkatkan fungsi eksresi

Tubuh memiliki fungsi eksresi atau sistem pembuangan limbah yang dilakukan oleh organ ginjal dan organ hati. Supaya pembuangan limbah dalam tubuh semakin maksimal maka harus ditingkatkan fungsi setiap organ eksresi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin supaya tubuh tetap sehat tanpa racun di dalamnya.

artikel terkait: manfaat terapi waki

  1. Menyehatkan rambut

Manfaat lain dari daun kelor adalah untuk menyehatkan rambut seperti menguatkan dan melebatkan rambut. Rambut adalah mahkota yang harus senantiasa dijaga kesehatannya apalagi saat ini sangat banyak polusi sehingga membuat rambut menjadi mudah kotor, rontok dan bau. Dengan menggunakan daun kelor, rambut anda akan senantiasa terjaga kesehatan dan juga kekuatannya.

  1. Mengatasi demam pada anak

Jika anak demam biasanya orang tua akan panic dan langsung membawanya ke dokter. Padahal jika membawa anak ke dokter setiap kali sakit itu tidak baik karena sistem imun anak dapat terganggu dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu sebaiknya tunggu hingga tiga hari terlebih dahulu sebelum membawa anak ke dokter. Sebagai upaya menurunkan demam anda dapat memberikan tindakan herbal terlebih dahulu dengan menggunakan daun kelor. Tumbuklah daun kelor sampai halus dan tempelkan pada ubun-ubun pada pagi hari. tidak disarankan menggunakannya pada waktu siang hari, gunakan sampai tiga hari jika demam anak masih terasa segera bawa ke dokter namun secara umum pengobatan dengan daun kelor ini aman dan ampuh digunakan untuk anak.

artikel terkait: manfaat terapi ceragem

  1. Sebagai sumber beta karoten

Daun kelor juga mengandung zat betakaroten tinggi. betakaroten ini sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Selain itu beta karoten juga sangat dibutuhkan oleh mata sehingga mata menjadi jernih dan sehat.

  1. Sumber antioksidan

Tahukah anda bahwa di dalam daun kelor juga mengandung minyak. Minyak daun kelor ini lebih dikenal sebagai minyak ben. Minyak ben ini sudah dikenal akan khasiatnya yang baik bagi tubuh. khasiat dari minyak ben salah satunya adalah mengandung antioksidan tinggi sehingga jika tubuh anda merasa tidak fit anda dapat mengonsumsi minyak ben dari ekstrak daun kelor ini.

artikel terkait: manfaat terapi komplementer

  1. Sumber zat besi

Daun kelor juga dapat dijadikan sayur terutama daun kelor yang masih muda. Daun kelor muda ini ternyata mengandung zat besi tiga kali lipat dari daun bayam lho. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi sayur daun kelor ya. selain gizinya yang baik, rasanya juga sangat enak jika dimasak.

  1. Sumber asam amino esensial

Asam amino esensial merupakan kandungan yang ada di dalam protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.  asam amino esensial ini dibutuhkan oleh tubuh untuk memelihara dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Tubuh sebenarnya dapat memproduksi asam amino esensial secara mandiri namun masih tidak cukup dan harus ditambah dengan asupan makanan. Salah satu yang mengandung asam amino esensial adalah daun kelor. Anda bisa membuat sayur daun kelor sebagai sumber asam amino esensial.

artikel terkait: manfaat minyak kemiri untuk rambut

Itulah manfaat asam amino untuk kesehatan tubuh manusia yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi dan memanfaatkan daun kelor. Anda tentunya sudah tidak ragu lagi bukan untuk memanfaatkan keberadaan daun kelor ini?

Sponsors Link

Manfaat daun kelor untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh ternyata daun kelor juga sangat bermanfaat untuk kecantikan lho. Apa saja manfaatnya, simak selengkapnya berikut ini:

  1. Menjaga kecantikan kulit

Kulit merupakan bagian tubuh terluar dari manusia, karena di luar inilah keberadaannya seringkali terancam karena banyak bakteri, kuman dan virus pertama kali masuk melalui kulit. Oleh karena itu kulit harus senantiasa dijaga supaya tidak mudah sakit dan rusak. Daun kelor mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan ini juga berfungsi untuk menjaga kulit supaya tidak kusam, kering dan kotor sehingga kulit lebih sehat terbebas dari masalah kulit seperti jerawat. Menggunakan daun kelor untuk kecantikan kulit ini sangatlah mudah, selain mengonsumsi daun kelor yang bisa anda jadikan sebagai sayur, anda juga bisa menumbuk daun kelor menjadi cream yang dicampur dengan madu.

  1. Membersihkan darah kotor

Seringkali masalah kulit seperti jerawat, bintik hitam, bisul dan lainnya muncul karena darah dalam tubuh tidak sehat atau sering disebut sebagai darah kotor. Darah kotor merupakan istilah untuk menyebut darah yang memiliki racun di dalamnya atau darah yang sudah tua karena aliran darah yang kurang lancar. Daun kelor mengandung antioksidan dan zat besi yang cukup tinggi dimana kedua zat ini sangat penting untuk proses regenerasi sel darah yang baru sehingga darah menjadi lebih sehat. anda bisa mengolah daun kelor menjadi makanan yang anda suka misalnya saja menjadi sayur atau bahkan kue daun kelor. Saat ini sudah banyak yang membuat kue dari daun kelor karena sadar akan khasiat dari daun kelor yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

artikel terkait: manfaat daun suruhan

  1. Mengatasi jerawat

Sudah terbukti bahwa kandungan vitamin dan zat lainnya yang ada di dalam daun kelor sangat baik untuk mengatasi masalah kulit termasuk jerawat. Oleh karena itu anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan masker dari daun kelor untuk menjaga kecantikan kulit anda. Cara membuatnya sangat mudah hanya dengan membuat bubuk daun kelor dan kemudian campur dengan bahan lainnya seperti madu, yogurt, minyak zaitun, minyak kelapa atau lainnya sesuai selera dan gunakan masker tersebut secara menyeluruh di wajah secara rutin. Hasilnya anda akan mendapatkan wajah yang lebih cerah, bersih dan terhindar dari masalah jerawat.

  1. Mengatasi flek hitam

Pada era modern seperti saat ini dimana polusi semakin merajalela membuat radikal bebas tak terkendali di udara. Salah satu bahaya dari radikal bebas ini adalah akan masuk ke dalam kulit dan menimbulkan berbagai gangguan pada kulit salah satunya adalah flek hitam. Flek hitam di wajah tentunya akan membuat penampilan menurun dan membuat anda tidak percaya diri bukan? Oleh karena itu, flek hitam dapat diatasi dengan menggunakan daun kelor. Caranya tidak jauh berbeda dengan mengatasi jerawat, anda bisa membuat masker dari daun kelor yang dicampur dengan bahan lainnya seperti kunyit dan temulawak yang berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam. Mengkonsumsi daun kelor juga dapat membantu mengatasi flek hitam supaya lebih maksimal.

artikel terkait: manfaat sayur peleng

  1. Mengangkat sel kulit mati

Di tubuh kita sebenarnya terdapat banyak sel kulit mati tidak hanya di wajah saja, misalnya di bagian punggung, leher, tangan, perut, kaki dan lainnya. oleh karena itu sebaiknya menghilangkan sel kulit mati secara menyeluruh supaya kulit tetap bersih dan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti gatal, jerawat, bintik hitam dan lainnya. gunakanlah scrub yang terbuat dari daun kelor untuk membantu mengatasinya, anda bisa membuat scrub sendiri dengan menggunakan bubuk daun kelor. Anda hanya perlu menambahkan garam scrub, susu atau yogurt, madu ke dalamnya dan gunakanlah sebagai scrub atau lulur supaya hasilnya maksimal.

  1. Mengatasi kulit berminyak

Masalah kecantikan lainnya yang kerap menganggu sebagian besar orang adalah kulit berminyak. Masalah kulit berminyak memang menjadi masalah karena dapat menyebabkan masalah kulit lainnya misalnya saja jerawat. Jerawat dapat tumbuh subur di lahan kulit berminyak. Berdasarkan riset yang telah dilakukan pada kulit berminyak menunjukkan bahwa kulit berminyak dapat diatasi dengan menggunakan asupan vitamin A, vitamin C dan vitamin E. daun kelor menjadi salah satu daun yang sangat berguna untuk mengatasi kulit berminyak, anda bisa menambahkan alpukat pada masker daun kelor ya.

artikel terkait: manfaat sayur peleng

  1. Mengatasi kerutan

Kerutan adalah hal lumrah yang dialami baik oleh pria maupun wanita seiring dengan pertambahan usia. Namun terkadang masalah kerutan ini datang terlalu dini atau sering menjadi penanda penuaan dini. Ini tentunya sangat merisaukan terutama untuk kaum hawa. Untuk membantu mengatasinya anda juga bisa menggunakan masker daun kelor yang ditambah bahan lain seperti madu supaya kulit juga tidak kering dan terhindar dari kerutan.

Itulah manfaat dari daun kelor pada kesehatan dan kencantikan tubuh. manfaatkan daun kelor ini dengan baik karena khasiatnya sangatlah berguna bagi kita semua. Anda bisa menanam pohon kelor di rumah karena media tumbuhnya mudah dan tidak terlalu banyak memerlukan perawatan. Jadi, jika anda memiliki masalah kesehatan atau kecantikan anda tinggal memetik daun kelor saja. sekian artikel kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 09th, July 2017 / 16:52 Oleh :
Kategori : Herbal