Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Daun Kelor Untuk Penyakit Jantung

Sponsors Link

Para peneliti dunia telah menelaah kandungan yang terdapat dalam tanaman Kelor, dan menujuluki tanaman ini dengan sebutan “Miracle Tree” atau “Trees of Life”. Sebutan ini bukan tanpa sebab, Kelor telah terverifikasi oleh berbagai lembaga ilmiah dan universitas dari belahan dunia sebagai tanaman dengan kandungan nutrisi yang melimpah. Bahkan Kelor banyak digunakan untuk mengatasi gizi buruk di negara-negara miskin Afrika.

Artikel terkait daun kelor dan manfaatnya :

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Menurut Fuglie LJ dalam The Miracle Tree: The Multiple Attributes of Moringa, menyebutkan bahwa dalam berat yang sama, daun segar Kelor mengandung :

  • Vitamin C, 7 kali lebih banyak dibanding jeruk
  • Vitamin A, 4 kali lebih banyak dibanding wortel
  • Kalsium, 4 kali lebih banyak dibanding susu (tanpa laktosa)
  • Kalium, 3 kali lebih banyak dibanding pisang
  • Protein, 2 kali lebih banyak dibanding yoghurt
  • Zat besi, 25 kali lebih banyak dibanding bayam
  • Kalsium, sampai 8,79 kali lebih banyak dalam bentuk bioavailable
  • Kromium, sampai 25 kali lebih banyak dalam bentuk bioavailable
  • Tembaga, 1.85 lebih banyak yang disimpan dalam hati
  • Besi, 1,77 kali lebih banyak banyak yang diserap ke dalam darah
  • Magnesium, sampai 2,20 kali lebih banyak bioavailable
  • Mangan, 1,63 kali lebih banyak yang disimpan dalam hati
  • Molybdenum, 16,49 kali lebih banyak yang diserap ke dalam darah
  • Selenium, Sampai 17,60 kali efek antioksidan
  • Zinc, 6.46 kali lebih diserap ke dalam darah
  • 46 antioksidan kuat alami
  • 36 senyawa anti-inflamasi alami
  • 18 Asam Amino, 8 diantaranya merupakan asam amino essensial

Artikel terkait nutrisi dalam buah-buahan dan sayuran :

Manfaat Daun Kelor Untuk Jantung

Daun kelor memiliki 46 senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah produk alamiah hasil metabolisme sel. Radikal bebas sama alamiahnya dengan kita menghirup udara. Tubuh memiliki sistem pertahanan untuk menangkal radikal bebas ini.

Sayangnya, pengaruh gaya hidup dan lingkungan membuat sistem pertahanan yang seharusnya mampu diproduksi oleh tubuh menjadi terganggu. Jika tubuh kita dipenuhi radikal bebas secara berlebihan, maka molekul tidak stabil yang ada di dalam tubuh kita akan berubah menjadi molekul pemangsa sehingga tidak dapat membedakan sel tubuh yang sehat atau tidak sehat.

Artikel terkait manfaat buah dan sayur untuk atasi penyakit jantung:

Berdasarkan hasil penelitian, diduga aktivitas radikal bebas ini menimbulkan penyakit-penyakit seperti stroke, asma, pankreatitis, berbagai penyakit radang usus, penyumbatan kronis pembuluh darah di jantung, penyakit parkinson, Sel Sickle Leukemia, Artritis rematoid, pendarahan otak dan tekanan darah tinggi, bahkan AIDS.

Daun Kelor yang memiliki kandungan antioksidan dapat membantu dalam menangkal radikal bebas. Antioksidan merupakan suatu zat yang memperlambat proses oksidasi. Oksidasi adalah jenis reaksi kimia yang melibatkan pengikatan oksigen, pelepasan hydrogen, atau pelepasan elektron.

sponsored links

Antioksidan ini dapat ditemui dalam buah-buahan dan sayuran, salah satunya dalam daun kelor. Para peneliti pun tidak ragu lagi dengan berbagai manfaat dari antioksidan ini. Antioksidan mampu mengurangi risiko terhadap oksidasi kolesterol dan penyakit jantung. Kehebatan daun kelor yang mengandung antioksidan ini memberikan mekanisme pertahanan tubuh yang mampu menjaga sel-sel penting dalam tubuh kita seperti jantung, hati, ginjal, paru-paru, kulit bahkan tubuh kita selalu bugar.

Kandungan 46 Antioksidan dalam Daun Kelor

Kandungan antioksidan dalam kelor ini adalah kandungan terbanyak karena senyawa antioksidan itu diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B (Kolin), Vitamin B1 (Thiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B6, Alanin, Alpha-carotene, Arginine, Beta-carotene , Beta-sitosterol, Caffeoylquinic Asam, Campesterol, Karotenoid, Klorofil, Chromium, Delta-5-Avenasterol, Delta-7-Avenasterol, Glutathione, Histidine, Asam Indole Acetic, Indoleacetonitrile, Kaempferal, Leusin, Lutein, Metionin, miristat-Asam, palmitat-Asam, Prolamine, Proline, Quercetin, Rutin, Selenium, Treonin, Triptofan, Xanthins, Xanthophyll, Zeatin, zeaxanthin, Zinc.

Demikianlah manfaat daun kelor untuk jantung. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 25th, October 2016 / 02:25 Oleh :
Kategori : Buah Buahan