Sponsors Link

8 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Apa anda sering mendengar peribahasa “dunia tidak selebar daun kelor”?  Daun kelor? Apa sebenarnya anda sudah pernah melihat wujud asli dari daun kelor? Daun kelor atau yang bernama latin Moringa Oleifera ini memiliki bentuk daun bulat telur dengan ukuran kecil, berdaun majemuk, dan berwarna hijau. Daun ini memang terlihat kecil, tapi jangan remehkan khasiatnya. Karena daun mungil ini memiliki khasiat yang banyak sekali lho teman-teman. Memiliki beragam manfaat mulai untuk kesehatan sampai untuk kecantikan.

ads

Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Daun Kelor

Dibalik sejuta manfaat daun kelor, tentunya kita harus mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalam daun kelor. Dalam setiap 21 gram daun kelor terkandung :

  • 2 gram protein & Kalsium (4 kali lebih banyak dari kandungan di dalam susu ataupun Yoghurt)
  • 19% vitamin B6
  • 12% vitamin C (7 Kali lebih banyak dari kandungan vit C jeruk)
  • 11% zat besi (3 Kali lebih banyak dari kandungan zat besi kacang almond)
  • 11% vitamin B2
  • 9% vitamin A (3 Kali lebih banyak dari kandungan vit A wortel)
  • 8% Magnesium
  • Potassium (15 Kali lebih banyak dari kandungan potassium dari pisang)

Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti yang disebutkan diatas, daun kelor juga kaya akan antioksidan yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Baca juga:

Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil 

Dengan kandungan gizi dan juga vitamin yang begitu banyaknya, daun kelor ini sangat bermanfaat untuk anak-anak, ibu mengandung, dan ibu menyusui. Lalu apa saja manfaatnya untuk ibu hamil? Mari kita lihat yang berikut ini :

1. Menyediakan banyak zat besi

Kebanyakan ibu mengandung terkena anemia karena kekuarangan zat besi. Nah dengan mengkonsumsi daun kelor ini bisa menambah kadar zat besi si tubuh sang ibu. Jadi kebutuhan zat besi ibu dan si bayi akan terpenuhi dengan mengkonsumsi daun kelor. Baca juga: Manfaat Zat Besi.

2. Bagus untuk pengelihatan bayi dan ibu

Daun kelor juga mengandung vitamin A, bahkan menurut penelitian kandungan vitamin A di dalam daun kelor ini 3 kali lebih banyak dari dari wortel lho! Dan tentu saja jika di konsumsi akan bermanfaat baik untuk pengelihatan bagi si bayi dan si ibu. Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Mata.

3. Mengatasi masalah susah tidur untuk ibu hamil

Sebagian ibu hamil mungkin mengalami gangguan seperti insomia, nah dengan mengkonsumsi daun kelor juga akan membantu ibu hamil tertidur lelap dan tidak mengalami gangguan susah tidur lagi.

4. Menurunkan tekanan darah

Memiliki tekanan darah yang tinggi tidak baik bagi sang bayi di dalam kandungan, daun kelor sendiri memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah yang diatas normal selama masa kehamilan. Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Jantung.

Sponsors Link

5. Menjaga level gula darah

Selain itu daun mungil ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh ibu hamil yang pastinya akan berpengaruh baik terhadap kesehatan calon anak. Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

6. Mengandung antioksidan yang tinggi dan melawan radikal bebas

Radikal bebas itu sangatlah berbahaya bagi ibu dan calon bayinya, seperti yang sudah saya paparkan di atas. Daun kelor merupakan daun dengan kandungan antioksidan yang tinggi, oleh karena itu bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa melawan radikal bebas dan pastinya akan melindungi bayi anda. Baca juga: Sumber Antioksidan.

7. Menambah kalsium

Kalsium tentunya sangat diperlukan oleh ibu hamil. Selain vitamin dan mineral yang ada di atas, daun kelor sendiri juga kaya akan kalsium yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan anda dan janin anda. Bahkan menurut riset, daun kelor ini mengandung kalsium 4 kali lebih banyak dari kandungan kalsium dalam susu dan yoghurt. Tingkat kalsium yang ada di dalam daun kelor akan membantu tumbuh dan kembang janin anda dengan baik.

8. Melancarkan ASI untuk ibu menyusui

Daun kelor muda yang dikonsumsi ibu menyusui ini akan menderaskan ASI yang menjadi makanan utama bayi anda, yang pasti baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi anda. Jadi setelah anda melahirkan, daun kelor juga masih memiliki manfaat untuk anda. Baca juga: Manfaat ASI Eksklusif bagi Ibu dan Anak.

Bagaimana? Bukankah manfaat dari daun kelor ini sangat berlimpah? Selain mudah didapat juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan Anda bukan?

Cara Mengolah Daun Kelor

Anda bisa mendapatkan manfaat daun kelor untuk ibu hamil dengan membeli pil ekstrak daun kelor. Namun lebih aman jika anda bisa mengolahnya sendiri. Selain mudah juga tidak akan menguras kantong anda bukan? Berikut ini ada beberapa cara untuk mengolah daun kelor, anda bisa menerapkannya sendiri si rumah karena sangatlah mudah caranya.

Sponsors Link

  • Bisa dimasak menjadi sup daun kelor. Misalnya saja dibuat sayur sup daun kelor, selain segar juga bermanfaat.
  • Dibuat bubuk daun kelor. Caranya :
    • Cuci daun kelor lalu jemur hingga kering
    • Tumbuk hingga halus
    • Saring bubuk daun kelor
    • Bubuk daun kelor bisa langsung digunakan untuk campuran makanan atau minuman anda
  • Meminum rebusan sari daun kelor. Caranya :
    • Cuci daun kelor lalu rebus daun kelor
    • Saring rebusan daun kelor
    • Minum rebusan daun kelor tanpa mencampurinya dengan apapun agar khasiatnya tidak hilang

Efek Samping Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Walau memang memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi tetap saja daun kelor memiliki efek samping bagi tubuh jika digunakan dalam jumlah yang banyak dan tidak sesuai aturan. Walau belum ditetapkan dengan pasti, mengkonsumsi daun sirsak atau daun kelor ketika ibu hamil mengalami kesakitan dapat beresiko menggugurkan kandungan. Kandungan zat kimia yang terdapat di dalam akar, bunga, dan batang daun kelor bisa menyebabkan ibu hamil keguguran. Maka dari itu sebaiknya berhati-hati ya dalam mengkonsumsi daun kelor.

Baca juga:

Ada baiknya anda berkonsultasi pada bidan atau dokter sebelum memilih untuk mengkonsumsi daun kelor. Anda bisa bertanya apakah mengkonsumsi daun kelor berbahaya bagi anda dan kandungan anda. Dan juga anda bisa menanyakan batas aman daun kelor yang akan anda konsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 14th, July 2017 / 06:54 Oleh :
Kategori : Herbal