4 Manfaat Daun Kelor Untuk Ginjal

Kelor tidak hanya berfungsi sebagai pagar pembatas saja. Setiap bagian dari tumbuhan ini ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sejak tahun 1980-an, banyak penelitian yang membahas manfaat dari daun, biji dan kulit batang kelor. Kelor banyak dipergunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan. Bahkan WHO sangat menganjurkan daun kelor untuk dikonsumsi anak-anak karena kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan buah-buahan maupun sayur-sayuran.

(Baca juga : manfaat daun kelor untuk diabetes, manfaat daun kelor untuk jantung,  manfaat daun kelor untuk mata, manfaat biji kelor, manfaat kayu les kelor)

Keunggulan Nutrisi dalam Daun Kelor

Hakim Bey dalam bukunya All Think Moringa (2010) menyebutkan tentang keunggulan nutrisi yang terdapat dalam daun kelor, diantaranya :

  • Vitamin A, 10 kali lebih banyak dari wortel,
  • Vitamin C, 0,75 kali lebih banyak dari jeruk,
  • Vitamin C, 10 kali lebih banyak dari anggur,
  • Vitamin E, 3 kali lebih banyak dari bayam,
  • Protein, 2 kali lebih banyak dari susu,
  • Protein, 9 kali lebih banyak dari yougurt,
  • Protein, 3 kali lebih banyak dari telur
  • Zat besi, 25 kali lebih banyak dari bayam, dan
  • Zat besi, 3 kali lebih banyak dari almond.

Sedangkan menurut Dr. Gary Bracey seorang ahli di Afrika, daun kelor pun memiliki kandungan Kalsium 17 kali dan 2 kali lebih banyak dari susu, serta kandungan Kalium yang juga lebih banyak dari pisang.

(Baca juga : manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, 22 manfaat kalsium bagi tubuh di segala usia, manfaat vitamin E, manfaat tomat,  manfaat susu)

Manfaat Daun Kelor Untuk Ginjal

Kandungan nutrisi dalam daun kelor sangat bermanfaat bagi ginjal. Seseorang yang mengalami masalah dalam ginjalnya akan sangat terbantu dengan mengkonsumsi daun kelor, karena daun ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih unggul, yaitu :

1. Antioksidan dalam daun kelor bagi ginjal

Kelor memiliki 46 senyawa antioksidan yang dapat menangkal dan menetralisir radikal bebas.  Radikal bebas yang diserap tubuh karena lifestyle yang buruk dapat menyerang organ-organ penting seperti ginjal. Di sinilah manfaat kandungan antioksidan dalam daun kelor. Dengan mengkonsumsi daun kelor, tubuh akan selalu bugar setiap saat.

(Baca juga : manfaat jambu klutuk merah, manfaat jambu kristal,  manfaat kacang panjang, manfaat belimbing)

2. Asam Amino dalam daun kelor bagi ginjal

Salah satu asam amino yang terkandung dalam daun kelor adalah metionin. Metionin berperan sebagai pemasok sulfur dalam tubuh. Zat ini sangat ampuh dalam mengurangi lemak hati dan melindungi ginjal dari iritasi kantung kemih.

(Baca juga : manfaat air lemon)

3. Kalsium dalam daun kelor bagi ginjal

Umumnya, kita hanya mengetahui tentang kandungan kalsium yang banyak dari susu atau produk olahannya. Ternyata, daun kelor justru memiliki kalsium yang jauh lebih banyak dari susu. Kebaikan dari kalsium ini dibutuhkan oleh ginjal agar kinerja organ tersebut semakin maksimal.

(Baca juga : manfaat kentang, manfaat buah semangka, manfaat wortel)


4. Magnesium dalam daun kelor

Kandungan magnesium dalam daun kelor pun jauh lebih tinggi dari anggur merah. Magnesium berguna untuk memelihara tulang, gigi dan otot, produksi energi dan proses metabolisme. Magnesium tersimpan dalam tulang. Akan berakibat fatal, saat kandungan magnesium dalam darah sedikit karena tubuh akan secara otomatis mengambil magnesium yang tersimpan dalam tulang sehingga dalam jangka panjang menimbulkan oteoporosis. Itulah mengapa daun kelor sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

(Baca juga : manfaat jambu air, manfaat buah naga, manfaat kulit manggis, manfaat buah melon)

Daun Kelor Menyembuhkan Penyakit Lainnya

Semua bagian dalam tumbuhan kelor memiliki khasiat untuk menyembuhkan. Hal itu diungkapkan oleh Fahey, J.W. (2005), dari Johns Hopkins School of Medicine, Department of Pharmacology and Molecular Sciences, dalam laporan penelitiannya.

Menurut Fahey, tumbuhan kelor dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan diantaranya Antibakteri, Infeksi Saluran Kemih, Herpes Simplex Virus (HSV-1), HIV AIDS, Cacingan, Trypanosomes, Bronkitis, Luka luar atau Borok, Demam, Hati, Anti-Tumor, Prostat, Pelindung hati dan ginjal, Anti-anemia, Anti-hipertensi, Diabetes / Hypogclycemia, Diuretik, Hypocholestemia, Thyroid, Hepatorena, Kolitis, Diare, Disentri, Maag / Gastritis, Rematik dan banyak lagi.

Demikianlah manfaat daun kelor untuk ginjal. Semoga bermanfaat.

, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 26th, October 2016 / 09:00 Oleh :
Kategori : Herbal