Sponsors Link

6 Manfaat Daun Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat kacang panjang bagi kesehatan mungkin sudah banyak orang yang tahu jika kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang paling digemari dan kerap dimasak bersama sayuran lain. Selain rasanya yang enak, harga yang murah menjadikan kacang panjang menjadi salah satu sayuran yang paling banyak dibudidayakan. Biasanya kacang panjang dijadikan campuran dalam masakan seperti asam lodeh, gado gado, tumisan dan masakan jenis lainnya.

daun kacang panjangUntuk kacang panjang tentu sudah familiar dikenal oleh masyarakat, namun jika menyebut daun kacang panjang pasti masih banyak sebagian orang belum pernah melihat ataupun mengkonsumsinya. Padahal daun dari tanaman kacang panjang juga bisa dijadikan makanan dan yang terpenting kelezatan rasanya dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Daun kacang panjang atau lembayung memiliki tekstur yang agak kasar ketika sudah tua, sehingga yang sering diambil untuk kebutuhan sayuran yaitu daun yang masih muda. Untuk mendapatkan lembayung dengan kualitas yang baik sebenarnya cukup sulit karena daun ini sangat rentan terserang hama penyakit sehingga bentuknya menjadi tidak sempurna dan kurang layak untuk dikonsumsi.

Beberapa hama penyakit yang sering menyerang daun kacang panjang seperti kutu putih (Aleurodicus dispersus Russel), ulat grayak (Spodoptera litura F), Kepik (Anoplocnemis phasiana), kutu daun (Myzus persicae), ulat penggulung daun (Lamprosema indicata Fabrricus) dan ngengat (Plusia caichites). Hama hama tersebut dapat menyebabkan daun terlihat layu karena menyerap cairan daun, menyebabkan daun melengkung dan merusak daun secara masif.

Kandungan Gizi Daun Kacang Panjang

Manfaat daun kacang panjang tidak terlepas dari kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Kandungan gizi yang terdapat dalam lembayung tidak kalah jika dibandingkan dengan kacang panjang. Dalam setiap 100 gram daun kacang panjang mengandung 43 kkal, karbohidrat 5.8 gram,oprotein 4.1 gram, lemak 0.4 gram, fosfor sebanyak 145 miligram, kalsium 134 miligram dan zat besi sebanyak 6 miligram. Selain itu daun kacang panjang juga kaya dengan berbagai macam vitamin yang paling dominan seperti vitamin A 5240 UI, vitamin C sebanyak 29 miligram, vitamin B1 0.28 miligram dan vitamin lain dengan kadar lebih sedikit.

Makanan Hasil Olahan Daun Kacang Panjang

Daun lembayung dapat dikonsumsi oleh manusia dengan berbagai macam cara mulai untuk campuran urap, kuah bening hingga botok. Setiap daerah memiliki cara dan resepnya sendiri dalam mengolah daun kacang panjang ini. Berikut masakan yang berbahan dasar daun lembayung.

  • Bobor Daun Kacang Panjang

Merupakan masakan asal jawa barat dengan bahan dasar daun kacang panjang, tahu putih dan udang rebon yang sebelumnya sudah disangrai serta bahan lainnya seperti lengkuas dan santan kelapa. Selain itu terdapat pula bumbu halus seperti bawang putih dan merah, ketumbar, kunyit, kencur, gula merah dan garam secukupnya. Masakan bobor ini begitu lezat karena kaya dengan rasa yang didapat dari bumbu rempah rempahnya, bisa juga ditambah sedikit cabai sesuai selera.

  • Jukut Mapelepah

Masakan dengan bahan dasar lembayung yang berasal dari Bali. Bahan bahan yang diperlukan tentu saja daun kacang panjang yang dipotong kasar, bawang merah yang diiris, bawang putih, kencur jahe, lengkus, serai semuanya dimemarkan terlebih dahulu. Selain itu cabai rawit, daun salam, air asam, garam secukupnya dan air putih. Cara masaknya sangat mudah, masukan semua bahan aduk hingga rata dan mendidih, setelah siap untuk disajikan.

Manfaat Daun Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Manfaat daun kacang panjang bagi kesehatan memang cukup besar perannya bagi kesehatan. Tidak hanya memiliki rasa yang enak dan lezat, kacang panjang berserta daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun pada artikel ini hanya akan dijelaskan manfaat daun nya saja, karena sering kali orang mengabaikan daun kacang panjang ini, dengan mengetahui berbagai khasiatnya mungkin bisa saja mengubah pandangan kita selama ini terhadap daun kacang panjang. Berikut khasiat khasiat yang akan didapatkan.

sponsored links

1. Untuk Meluruhkan Air Seni

Pada sebagian orang yang jarang minum memiliki masalah terhadap air seni seperti berbau dan lebih sedikit dari biasanya. Dengan mengkonsumsi daun kacang panjang dapat mengatasi berbagai problem tersebut, caranya cukup mudah dengan merebus beberapa lembar lembayung kemudian air hasil rebusan tersebut didiamkan hingga dingin kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

2. Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut yang sering rontok dapat menyebabkan kebotakan dan hal ini menjadi masalah yang serius terutama bagi kaum wanita. Kerontokan rambut dapat diatas dengan lembayung, caranya ambil 11 lembar daun kacang panjang yang masih muda, kemudian tambahkan daun waru sebanyak 9 lembar lalu semuanya ditumbuk hingga halus. Setelah itu balurkan di kulit kepala sambil dipijat secara merata, kemudian bungkus kepala dengan handuk biarkan hingga ramuan menyerap kedalam pori pori kulit kepala.

3. Melancarkan Produksi ASI

Pada sebagian ibu yang sedang berada dalam masa menyusui seringkali menghadapi problem ASI yang berjumlah sedikit. Dengan ramuan dari lembayung dapat merangsang pembentukan ASI sehingga menjadi lebih lancar dan banyak. Cukup dengan menjadikan daun kacang panjang sebagai masakan dan dikonsumsi secara teratur dan hasilnya akan terlihat dalam beberapa hari.

4. Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit anemia disebabkan oleh tubuh yang kekurangan sel darah merah sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemah, mudah mengantuk dan tidak bersemangat. Untuk mengatasinya bisa menjadikan daun kacang panjang sebagai jus karena khasiatnya akan lebih cepat terasa jika dikonsumsi secara segar dan rutin.

5. Menguatkan Tulang Dan Sendi

Kadar kalsium yang cukup banyak pada daun kacang panjang bisa memperkuat tulang dan gigi. Sangat cocok dikonsumsi oleh anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan dapat mencegaj osteoporosis pada orang tua.

6. Mencegah Rabun Pada Mata

Karena mengandung vitamin A yang cukup besar maka dengan mengkonsumsi daun kacang panjang juga akan berguna untuk kesehatan mata sehingga tidak mudah rabun dan meningkatkan kejernihan pandangan bagi orang yang sudah berusia lanjut. Selain itu dapat memperhalus kulit terutama pada ibu ibu sehabis melahirkan.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai manfaat dan khasiat dari daun kacang panjang yang dapat dikonsumsi oleh semua usia dari anak kecil hingga orang lanjut usia. Semoga artikel ini dapat berguna dan menambah wawasan pembaca dan semakin mengerti bahwa terdapat banyak manfaat  dari tumbuhan yang selama ini jarang diketahui khasiatnya seperti halnya lembayung ini.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 11th, November 2015 / 12:33 Oleh :
Kategori : Sayuran