Sponsors Link

18 Manfaat Daun Jukut Pundul Pada Kesehatan

Sponsors Link

Barangkali belum banyak yang mengetahui mengenai jukut pendul. Jukut pendul atau rumput pendul merupakan tumbuhan sejenis rumput-rumputan yang sering dianggap sebagai gulma. Namun siapa sangka bahwa tanaman yang sering dianggap sebagai gulma ini memiliki berbagi manfaat yang luar biasa.

artikel terkait:

Artikel ini akan membahas mengenai manfat daun jukut pendul. Akan tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai hal itu, alangkah baiknya apabila kita bahas satu persatu dahulu dari pengertian gulma, deskripsi jukut pendul hingga kemudian kita bahas mengenai manfaanya.

Tentang Gulma

Gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diharapkan pada lahan pertanian karena dapat menurunkan produktivitas hasil tani. Apabila tidak dikendalikan secara serius, gulma dapat menyebar di setiap lahan pertanian. Secara fisik, gulma bersaing dengan tanaman pertanian untuk mendapatkan ruang, cahaya dan senyawa kimia seperti air, nutrisi serta gas penting dalam proses allelopati. Persaingan antara gulma dan tanaman pertanian ini dapat terjadi apabila komponen yang dibutuhkan kedua tanaman jumlahnya terbatas serta jarak kedua tanaman tersebut berdekatan.

Adapun macam-macam gulma dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

1. Rerumputan (grasses)

Gulma kelompok ini memiliki daun sempit namun menghasilkan stolon di dalam tanah berbentuk jaringan rumit. Ukuran gulma jenis ini beragam, mulai dari tegak, menjalar, hidup semusim bahkan tahunan. Batang gulma jenis in tumbuh bergantian pada dua buku sedangkan ruas daunnya terdiri dari dua bagian berupa pelapah daun dan helaian daun. Contoh gulma jenis rerumputan antara lain panicium repens, eleusine indica, anxonopuss compresus

2. Teki-tekian (sedges)

Gulma kelompok ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rerumputan namun batangnyan berbentuk segitiga. Selain itu, teki-tekian juga tidak memiliki umbi di dalam tanah. Adapun contoh dari teki-tekian adalah Cyprus rotundus dan Cyprus compresus.

3. Berdaun lebar (board leaf)

Golongan gulma berdaun lebar ini memiliki dua macam habitat, yaitu di darat maupun di air. Adapun contoh gulma darat yaitu agerathum conyzoides, digitaria spp, imperata cylindrical amaranthus spinosus. Sedangkan contoh dari gulma air antara lain eichhorina crasipes, silvinia spp (terapung di air), ceratophylium demersum (tengelam di dalam air) dan nymphae sp, sagitaria sp (timbul ke permukaan air dari dasar air).

artikel terkait: manfaat teh murbei

Tentang Jukut Pendul

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jukut pendul merupakan tanaman sejenis rumput yang sering dianggap sebagai gulma. Jukut pendul maupun rumput pendul juga disebut dengan rumput udel-udelan dikarenakan mungkin bunganya yang berbentuk seperti pusar (udel). Rumput ini sangat baik tumbuh di daerah tropis seperti Asia layaknya negara Malaysia. Singapura, Myanmar dsb termasuk Indonesia.

Jukut pendul merupakan terna menahun dengan tinggi sekitar 7-20 cm yang dapat tumbuh hingga di ketinggian 2.600 mdpl. Jukut pendul dapat tumbuh berkumpul dengan rimpang pendek meayarp da terletak sedikit ke bawah di permukaan tanah,

artikel terkait: manfaat pucuk daun jambu biji

Klasifikasi Jukut Pendul (kyllinga brevifolia)

Jukut pendul (kyllinga brevifolia) termasuk dalam family teki-tekian (cyperaceae) yang memiliki bunga. Adapun klasifikasi jukut pendul dapat dilihat dalam deskripsi berikut ini.

Kingdom : Plantae Angiosperms monocots commelinids

Order: poales

Family : cyperaceae

Genus : kyllinga

Species : k. breviofiola

artikel terkait: manfaat teh daun sukun

Morfologi Jukut Pendul

Rumput yang termasuk dalam gulma golongan teki-tekian ini memiliki ciri-ciri yang dapat dibedakan dari teki-tekian jenis lain. Adapun ciri-ciri dari jukut pendul antara lain sebagai berikut.

  • Akar

Akar jukut pendul berbentuk serabut  sebesar benang dan menyebar di sekitar tumbuhan tersebut. Akar jukut pendul yang pendek membuat tanaman ini mampu bertahan hidup pada cuaca yang panas dan kering.

  • Batang

Batang jukut pendul berbentuk segitiga, berwarna hijau di seluruh batang dan memiliki panjang sekitar 20-30 cm dengan posisi tegak lurus ke atas.

  • Daun

Jukut pendul memiliki daun yang berbentuk tidak rata di bagian tengah seperti daun pandang. Panjang daun berukuran sekitar 20-30 cm dengan bagian ujung yang runcing. Sedangkan lebar daun jukut pendul adalah sekitar 3-4 mm dengan jumlah daun pada batang hanya sekitar 3-4 buah saja.

  • Bunga

Bunga jukut pendul berbentuk bulat sebesar 0,3-1 cm dan terletak di ujung batang tumbuhan. Selain itu, bunga jukut pendul juga berwarna coklat terang.

artikel terkait: manfaat daun beluntas untuk hipertensi

Kandungan jukut pendul

Meskipun termasuk gulma, jukut pendul ternyata memiliki kandungan zat yang cukup berguna bagi tubuh manusia. Diantara kandungan zat yang terdapat dalam jukut pendul antara lain minyak terbang. Selain itu, jukut pendul juga memilii efek farmakologis seperti diuretil, anti inflamasi, antipiretik, ekspektoran dan antitusif.

artikel terkait: manfaat daun sirih untuk maag

sponsored links

Cara penggunaan jukut pendul

Setelah mengetahui mengenai kandungan jukut pendul, alangkah baiknya apabila kita mengetahui cara penggunan rumput ini. Sebenarnya, dalam menggunakan rumput ini terdapat dua cara, yaitu untuk pemakaian luar dan pemakaian dalam.

  • Pemakaian luar

Untuk pemakaian luar, silahkan ambil jukut pendul yang segar kemudian cuci bersih. Setelah itu, lumatkn dan bubuhkan pada tempat yang sakit. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara menggodok jukut pendul kemudian menggunakan air godokan untuk mencuci luka.

  • Pemakaian dalam

Rasa dari jukut pendul ini agak pedas dan netral. Untuk pemakaian dalam, jukut pendul in dapat dimasak untuk diminum. Caranya dalah dengan mengambil sebanyak 30-60 gr jukut pendul segar untuk dicuci kemudian digodok dan diminum airnya. Selain itu juga dapat menggunakan cara lain yaitu dengan menumbuknya dan memeras airnya untuk kemudian diminum.

 artikel terkait: manfaat daun salam untuk maag

Manfaat daun jukut pendul

Layaknya gulma pada umumnya, jukut pendul sering dianggap remeh oleh banyak orang. akan tetapi, siapa sangka bahwa jukut pendul ini memiliki beragai macam khasiat yang tak di duga-duga. Adapun manfaat dari jukut pendul tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu meredakan batuk

Batuk merupakan respon alami tubuh pada sistem pertahanan saluran pernafasan apabila terdapat gangguan dari luar guna membersihkan lendir maupun penyebab iritasi. Ada beberapa penyebab batuk, antara lain penyakit jangka panjang, alergi, GERD, cairan hidung yang menetes ke tengorokan, rokok,paparan debu, asap maupun senyawa kimia. Adapun jenis batuk yang dapat diobati dengan jukut pendul antara lain batuk rejan dan bronkitis.

Cara penggunaan:

  • Ambil sebanyak 60 gram jukut pendul dan cuci dengan air mengalir.
  • Rebus jukut pendl ke dalam 3 gelas air hingga tersisa satu gelas air saja
  • Biarkan air rebusan dingin dan minum setelah sarapan dan setelah makan malam

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk asam urat

2. Membantu mengobati malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit mematikan yang ditularkan oleh nyamuk. untuk membantu mengobati malaria, konon banyak ahli herbal yang menyarankan menggunakan jukut pendul sebagai obat herbal.

Cara penggunaan:

  • Ambil sebanyak 30 gram jukut pendul, cuci bersih
  • Tumbuk jukut pendul dan peras untuk diambil sarinya
  • Minum air perasan jukut pendul secara rutin hingga gejala penyakit malaria berangsur hilang

artikel terkait: manfaat daun krokot untuk asam urat

3. Membantu mengatasi disentri

Disentri merupakan infeksi pada usus yang dapat menyebabkan diare yang disertai dengan keluarnya darah maupun lendir. Salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk membantu mengobati disentri yaitu dengan cara mengkonsumsi daun jukut pendul.

Cara penggunaan:

  • Ambil sebanyak 45 gram jukut pendul segar dan cuci bersih
  • Olah jukut pendul bersama gula pasir dan sedikit air dengan cara di tim
  • Setelah 60 menit, angkat kemudian konsumsi airnya pada setiap pagi

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk maag kronis dan akut

4. Membantu mengobati urin berlemak

Manfaat lain dari jukut pendul adalah membantu mengobati urin yang mengandung lemak.

Cara penggunaan:

  • Siapkan buah lengkeng dan jukut pendul dengan masing-masing 60 gram
  • Rebus kedua bahan dalam air sebanyak 500 ml dengan api kecil hingga tersisa 250 ml
  • Setelah selesai, angkat dan minum sebanyak ½ gelas air rebusan pada pagi dan petang hari

artikel terkait: manfaat teh daun manggis

5. Membantu mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning merupakan penyakit yang ditimbulkan dari sel darah merah yang menumpuk dan tumpah. Penyakit ini ditandai dengan menguningnya kulit,bagian putih mata serta membrane mukrosa hidung dan mulut. Jukut pendul merupakan salah satu obat rumahan yang dapat digunakan untuk membantu mengobatinya.

  • Ambil sebanyak 50 gram jukut pendul, cuci bersih
  • Tumbuk jukut pendul kemudian minum airnya hingga gejala penyakit kuning hilang

6. Rematik (gout)

Rematik merupakan penyakti yang dapat menyebabkan nyeri pada anggota gerak terutama sendi. Penyakit ini sangatlah mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan jukut pendul untuk mengatasinya.

Caranya:

  • Ambil sebanyak 50 gram jukut pendul segar dan cuci bersih
  • Tumbuk jukut pendul kemudian peras airnya
  • Konsumsi airnya secara teratur hingga gejala rematik semakin berkurang

artikel terkait: manfaat daun manggis

7. Membantu mengobati gatal pada kulit

Gatal pada kulit yang dapat disebabkan ole alergi sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari. apabila kulit terasa gatal, salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan jukut pendul.

Cara menggunakan:

  • Ambil beberapa jukut pendul, cuci bersih kemudian tumbuk hingga lumat
  • Peras airnya kemudian konsumsi untuk membantu mengatasi gatal
  • Gunakan sebagian air perasan untuk mencuci bagian tubuh yang gatal

artikel terkait: manfat daun jeruk lemon

8. Sakit perut karena peredaran darah tidak lancar

Manfaat lajn dari jukut pendul adalah untuk mengobati Sakit perut karena peredaran darah tidak lancar.

Cara menggunakan:

  • Ambil sebanyak 30 gr jukut pendul segar, cuci, godok kemudian minum secara teratur

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk ginjal

Selain itu, jukut pendul juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Membantu menurunkann kolesterol
  2. Membantu menghentikan pendarahan
  3. Sebagai anti alergi
  4. Obat borok
  5. Membantu mengatasi jamur di kulit
  6. Sebagai anti inflamasi
  7. Membantu meredakan nyeri
  8. Membantu antipiretik untuk menurunkan demam
  9. Bersifat diuretic untuk melancarkan saluran kemih
  10. Membantu menjaga ginjal dan mencegah infeksi saluran kemih
  11. Membantu mencegah masuk angin

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk kolesterol

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 24th, March 2017 / 04:44 Oleh :
Kategori : Herbal