Sponsors Link

10 Manfaat Daun Jeruk Nipis – Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk buah yang sering digunakan sebagai bahan minuman. Jeruk nipis terkenal karena mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C yang tinggi, zat anti oksidan, dan beberapa macam asam esensial. Daun jeruk nipis memiliki karakter bentuk seperti jenis daun jeruk lainnya. Hanya saja daun jeruk nipis biasanya bersifat tunggal dengan berbagai macam ukuran. Daun mengeluarkan aroma yang segar seperti harumnya buah jeruk nipis. Ketika di belah daun akan mengeluarkan bau minyak asam esensial yang unik. Hal inilah yang membuat daun jeruk nipis sering dibuat untuk bahan aroma parfum, pewangi ruangan dan menghilangkan bau tidak sedap pada makanan.

ads

Senyawa Aktif Daun Jeruk Nipis

Daun jeruk nipis dikenal sebagai daun yang bisa mengeluarkan aroma yang sangat kuat. Ternyata dalam setiap helai darin jeruk nipis mengandung ekstrak aroma yang terdiri dari berbagai jenis minyak esensial. Beberapa jenis aroma yang khas itu antara lain adalah seperti aroma citrus dan sitronelal.

daun jeruk nipisSelain itu setiap daun jeruk nipis juga mengandung beberapa senyawa aktif seperti kampferol, quercetin, rosmarinik, flavonoid, luteolin dan apigenin. Berbagai jenis senyawa aktif inilah yang membuat daun jeruk nipis memiliki khasiat sebagai obat herbal.

Manfaat Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Pada jaman dahulu daun jeruk nipis sering dipakai untuk membuat berbagai macam aroma tradisional. Di Inggris daun jeruk nipis sering digunakan untuk campuran bahan teh karena bisa memberikan efek menyegarkan. Sudah sejak lama daun jeruk nipis digunakan sebagai bahan-bahan untuk membuat obat-obatan tradisional.

Beberapa negara yang sudah populer menggunakan obat dari daun jeruk nipis adalah seperti China, India, Inggris, Eropa, Amerika dan beberapa bagian negara di Afrika. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun jeruk nipis untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Gigi dan mulut memang salah satu bagian tubuh yang harus kita perhatikan. Menjaga kesehatan dan kebersihan pada area mulut ini akan memberikan efek menyehatkan dan juga mendukung penampilan. Masalah yang paling sering terjadi adalah kesehatan gigi yang buruk seperti karang, gusi bengkak dan gigi yang berlubang. Semua masalah itu bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Daun jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga masalah kesehatan gigi dan gusi. Anda bisa mengunyah daun jeruk nipis kemudian gunakan untuk berkumur. Nafas akan terasa harum dan bau mulut juga akan hilang.

2. Menyembuhkan Sakit Perut dan Mual

Rasa mual dan sakit perut bisa muncul kapan saja. Penyebabnya sangat beragam mulai dari gangguan pencernaan, masuk angin hingga flu yang berkepanjangan. Minyak esensial yang terdapat pada daun jeruk nipis bisa mengatasi semua gangguan tersebut. Bahkan minyak esensial yang mengandung senyawa aktif bisa membuat pencernaan menjadi lebih baik. Untuk membuat ramuan ini Anda bisa melarutkan beberapa lembar daun jeruk nipis yang masih segar dengan air hangat. Diamkan sebentar hingga senyawa larut dalam air. Tambahkan madu atau gula batu untuk memberikan rasa manis.

3. Mengobati Perut Kembung

Ketika tubuh terlalu lelah dan ada beban pikiran maka bisa menyebabkan perut kembung. Tekanan perasaan dan pikiran yang berat bisa memicu reaksi gas pada lambung. Daun jeruk nipis mengandung beberapa senyawa asam esensial dan juga apigenin. Senyawa ini bisa memperbaiki produksi gas dalam lambung dan memiliki efek menenangkan. Gunakan rebusan daun nipis untuk campuran minuman seperti teh. Anda juga bisa menambahkan madu atau gula sesuai dengan selera.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Bisa mendapatkan tidur yang nyenyak akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Bahkan saat kita tidur sebenarnya tubuh sedang melakukan tugasnya untuk beberapa organ termasuk proses metabolisme. Bagi orang yang tidak bisa tidur nyenyak karena berbagai hal maka bisa minum teh dari daun jeruk nipis menjelang tidur. Esktrak senyawa yang dihasilkan ternyata bisa menenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Bahkan rebusan teh daun jeruk nipis juga bisa menghilangkan rasa lelah.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk nipis memang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Namun ternyata vitamin itu juga bisa ditemukan pada bagian daun. Selain itu daun jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti oksidan alami. Konsumsi teh dari daun jeruk nipis akan meningkatkan kesehatan tubuh. daun jeruk nipis juga sangat baik untuk mengatasi berbagai jenis penyakit karena infeksi virus seperti influenza dan juga penyakit kerusakan sel seperti kanker.

6. Menyembuhkan Luka

Luka karena goresan atau terkena pisau juga bisa diobati dengan daun jeruk nipis. Caranya adalah ambil daun jeruk nipis yang masih segar dari pohonnya. Setelah itu cuci hingga bersih dan tumbuk halus. Tempelkan pada bagian yang luka dan selalu ganti secara berkala. Senyawa dalam daun jeruk nipis bisa membunuh semua bakteri yang mengenai luka dan mempercepat pengeringan luka.

7. Menyembuhkan Diare

ads

Diare bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti makanan yang kurang bersih dan memicu pertumbuhan bakteri dalam usus besar. Selain itu juga bisa disebabkan karena masuk angin atau kondisi tubuh yang memang sedang lemah. Untuk meringankan diare maka bisa mengunyah daun jeruk nipis yang sudah dihancurkan. Rasanya memang sedikit pahit tapi bisa ditambahkan gula atau sesendok madu. Efek daun jeruk nipis bisa meningkatkan kualitas pencernaan dan meringankan rasa tidak nyaman.

8. Meringankan Gangguan Pernafasan

Gangguan pernafasan yang bisa disebabkan karena alergi atau reaksi lain ternyata juga bisa diobati dengan daun jeruk nipis. Ekstrak daun jeruk nipis yang sudah direbus dalam air madu bisa memberikan efek hangat untuk tenggorokan dan saluran pernafasan. Cara ini sudah digunakan sejak jaman dahulu dan ternyata sangat efektif untuk mengatasi rasa sesak dan nafas yang kurang lega.

9. Mengobati Reumatik

Penyakit reumatik atau radang sendi adalah jenis penyakit yang banyak menyerang orang tua. Penyakit ini sering menyebabkan rasa sakit pada sendi yang berlebihan dan menyebabkan tubuh tidak bisa beraktifitas dengan nyaman. Rasa sakit biasanya akan lebih terasa saat sore menjelang malam. Untuk mengatasi masalah ini maka bisa mengambil beberapa helai daun jeruk nipis yang masih segar. Potong menjadi beberapa bagian dan gunakan untuk menggosok lembut pada bagian sendi yang sakit.

10. Detoksifikasi

Terakhir manfaat daun jeruk nipis dipercaya sangat penting untuk proses detoksifikasi dalam tubuh. Daun jeruk nipis mengandung zat anti oksidan yang cukup tinggi. zat anti oksidan ini bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah penumpukan racun dalam tubuh. Racun yang berasal dari berbagai jenis makanan dan minuman bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti kanker,jantung, dan jenis penyakit degeneratif. Untuk melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh maka bisa mengkonsumsi teh daun jeruk nipis.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 04th, May 2015 / 09:15 Oleh :
Kategori : Tumbuhan