Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Daun Jati Untuk Penderita Diabetes

Sponsors Link

Pohon jati memiliki nama ilmiah tectona grandis. Pohon jati memiliki umur sampai belasan tahun dan tetap masih bisa hidup serta berkembang biak. Pohon dari kayu jati banyak digunakan untuk membuat perabot rumah tangga seperti meja, kursi dan lemari. Karena nilai kualitas dari pohon ini yang bagus maka harga perabot dari kayu jati ini sangat mahal. Salah satu yang menyebabkan harganya mahal juga karena permintaan yang tinggi akan perabot dari kayu jati sedangkan stok yang dimiliki sangat sedikit.

Pohon jati tidak hanya kayunya yang digunakan untuk membuat perabot rumah tangga namun daun jati juga memiliki manfaat di bidang kesehatan. Manfaat daun jati di bidang kesehatan banyak di gunakan salah satunya untuk mengobati penyakit diabetes. Adapun kandungan yang terdapat pada daun jati adalah sebagai berikut :

  • Saponin merupakan salah satu jenis dari senyawa yang berfungsi untuk antioksidan dalam tubuh manusia yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas dari luar. Antioksidan berfungsi untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Sebagaimana diketahui antioksidan dapat memperlama proses penuaan pada kulit.
  • Tanin di bidang kesehatan berfungsi sebagai zat anti bakterimelawan bakteri dari luar sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kuinon berfungsi sebagai penambahan vitamin bagi tubuh untuk mencukupi kebutuhan vitamin bagi tubuh.
  • Flavonoid berguna untuk melawan alergi pada tubuh sehingga tubuh aman dari dampak alergi berupa rasa gatal dan bengkak.
  • Quercetin banyak difungsikan untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung dewasa ini merupkan salah satu penyakit nomor satu paling mematikan. Sehingga kesadaran untuk merawat jantung agar tetap sehat diperlukan sejak dini.

Jadi kandungan yang terdapat di dalam daun jati dimanfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Diabetes merupakan komplikasi dari tubuh terhadap hormon insulin yang tidak dapat digunakan dengan baik. Diabetes memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Sering merasa lapar dan haus yang berlebihan, ini bisa dilihat dari pola makan anda sehari – hari. Jika terjadi perubahan dari rasa lapar dan haus lebih baik di lakukan check up ke dokter.
  • Sering buang air kecil pada malam hari, sering ke kamar mandi meskipun anda tidak banyak minum bisa jadi salah satu indikasi dari penyakit diabetes.
  • Merasa letih ciri – ciri selanjutnya dari penyakit diabetes.

Meskipun tanda – tanda tersebut baru sebatas informasi ada baiknya untuk kelanjutan informasi yang lebih jelas di lakukan cek kesehatan kepada dokter ahli agar penyakit ini bisa diobati secepatnya.

Cara Membuat Ramuan herbal dari Daun Jati

Daun jati dipercaya sejak lama untuk mengobati diabetes dengan menormalkan kembali kadar gula dalam darah. Banyak yang memilih untuk menggunakan obat herbal karena lebih aman dan bebas dari efek samping. Dan langkah – langkah yang harus dilakukan untuk meracik daun jati ini ada dua yaitu sebagai rebusan atau jus. Untuk rebusan daun jati cukup mudah caranya adalah :

  • Sediakan daun jati yang masih segar atau dapat dipetik langsung dari batangnya.
  • Cuci daun jati dengan air yang mengalir hingga bersih.
  • Hidupkan kompor dan siapkan panci yang telah berisi air. Masukkan daun jati ke dalamnya dan tunggu hingga air tersebut mendidih.
  • Setelah mendidih angkat dari kompor dan matikan apinya.

Rebusan dari daun jati ini baik diminum sebanyak satu kali sehari saja sesudah makan. Dan untuk menjadikannya jus cukup sediakan daun jati yang sudah bersih untuk dicuci kemudian blender dan tambahkan air sehingga setelah selesai di blender tuangkan ke dalam gelas untuk diminum.

sponsored links

Manfaat Daun Jati di Bidang Kesehatan Lainnya

Tidak hanya untuk mengobati diabetes namun rebusan dari daun jati juga memiliki manfaat di bidang kesehatan lainnya seperti mengobati penyakit :

1. Kolesterol

Manfaat pertama dari daun jati adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dari dalam tubuh. Sebagaimana di ketahui kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa menimbulkan komplikasi untuk kesehatan jantung. Jantung merupakan organ paling vital dalam kehidupan manusia. Jantung bertugas untuk memompa darah keseluruh tubuh agar semua organ dapat bekerja dengan baik.

Banyak faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dari dalam tubuh salah satunya adalah makanan seperti lemak, daging, keju dan makanan cepat saji. Oleh sebab itu penting untuk menghindari makanan yang memberikan efek buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Biasakan untuk memasukkan buah dan sayuran segar dalam menu harian anda. Pada umumnya kadar kolesterol yang normal berkisan antara 160 – 200 mg. Dan tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi kesehatan. Kolesterol juga memiliki fungsi yang baik berupa perlindungan bagi tubuh di bidang kesehatan. Kolesterol baik bagi tubuh selama dalam batas jumlah yang normal.

Artikel terkait :

2. Hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang masih berhubungan dengan jantung. Salah satu dari manfaat yang di dapat dengan meminum rebusan daun jati adalah menormalkan kembali tekanan darah di dalam tubuh. Daun jati mengandung senyawa saponin yang berguna untuk antioksidan yang bersumber dari luar tubuh. Hipertensi bisa dicegah dengan cara berikut ini :

  • Konsumsi makanan sehat, buah dan sayuran.
  • Garam yang digunakan untuk citarasa makanan di gunakan secukupnya saja.
  • Olahraga yang teratur untuk menjaga kesehatan.
  • Hindari rokok dan minumal beralkohol.

Hipertensi bisa saja menyerang kalangan muda karena gaya hidup yang tidak sehat. Sementara untuk orang yang sudah berusia lanjut pada umumnya mudah terserang hipertensi karena faktor usia. Namun hipertensi juga bisa disebabkan karena riwayat dari keluarga. Jika salah satu anggota keluarga pernah mengalami hipertensi maka tidak menutup kemungkinn anggota keluarga yang lainnya bisa terkenan hipertensi juga. Oleh sebab itu terapkan pola hisup yang sehat seperti yang dijelaskan sebelumnya untuk menghindari tekanan darah tinggi.

Artikel terkait :

3. Anemia

Penyakit anemia disebabkan karena berkurangnya kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen dalam darah. Jika kemampuan ini berkurang maka tubuh akan menjadi mudah lemas dan letih. Anemia bisa di kategorikan sebagai salah satu penyakit yang tidak menular. Penyakit anemia ini jika dibiarkan berlanjut bisa berakibat fatal seperti kematian secara mendadak. Aenima ini dapat diobati dengan bahan – bahan alami seperti rebusan dari daun jati. Rebusan daun jati bisa di buat di rumah dan lebih prkatis ketimbang menggunakan obat – obat kimia lainnya. Belum lagi manfaat alami dari bahan ini tidak menimbulkan efek samping. Beberapa penyebab anemia yang perlu di ketahui adalah sebagai berikut :

  • Kurangnya kandungan zat besi baik yang berasal dari makanan – makanan.
  • Terjadinya banyak pendarahan sehingga tubuh kekurangan banyak darah dan ini bisa berakibat terjadinya anemia.
  • Datang bulan, disini yang menyebabkan anemia adalah datang bulan yang tidak teratur setiap bulannya. Dan juga lama waktu datang bulan bisa jadi faktor penyebab anemia.

Kondisi dari penyebab anemia sendiri dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi yang berguna untuk membentuk sel darah merah.

Artikel terkait :

Jadi itulah beberapa manfaat dari daun jati untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit yang berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Olahan dari daun jati ini bisa dibuat sesuai selera bisa dibuat menjadi ramuan herbal dan juga jus dari daun jati.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 13th, September 2016 / 07:03 Oleh :
Kategori : Herbal