Sponsors Link

22 Manfaat Daun Jarak Merah Pada Kesehatan

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mengetahui mengenai manfaat pohon jarak? Manfaat pohon jarak yang telah tersohor bahkan membuat pohon ini menjadi rebutan para penjajah. Pada jaman penjajahan Jepang, pohon jarak merupakan salah satu tanaman yang wajib di tanam untuk pagar pekarangan rumah dikarenakan bijinya dapat digunakan untuk bahan bakar minyak (BBM).

ads

artikel terkait:

Jenis-jenis pohon jarak

Tanaman yang konon berasal dari Amerika Selatan ini memiliki beberapa macam jenis. Diantara beberapa jenis tersebut, setidaknya ada empat jenis pohon jarak yang dibudidayakan di Indonesia, antara lain sebagai berikut.

  1. Jarak Pagar

Jarak Pagar (Jathropa Curpas L.) merupakan salah satu jenis jarak yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia karena pohon jarak ini dapat digunakan untuk membuat bahan bakar alternatif. Pohon jarak ini memiliki ciri pohon yang kokoh dengan batang kayu yang bulat dan banyak getah. Selain itu, daunya juga berbentuk tunggal, lebar, menjari dan berlekuk kira-kira sebanyak 3-5 buah. Terkadang pun, terdapat bunga hermaprodit yang berwarna kekuningan. Buahnya pun berbentuk bulat halus, tidak berbulu hampir mirip buah jambu. Pada waktu muda, buah jarak ini berwarna hijau kemudian berangsur-angsur berwarna kuning kecoklatan ketika telah tua.

2. Jarak kepyar

Berbeda dengan jarak pagar, jarak kepyar (Riccius communis Linn) justru penampakannya hampir mirip dengan pohon singkong dari sii batang, bunga hinga daunnya. Sedangkan buah jarak kepyar ini hampir sama penampakannya dengan buah rambutan namun dengan ukuran yang lebih kecil.

3. Jarak Bali

Jarak Bali (Jatropha Podagrica Hook) sering pula disebut dengan jarak hias karena jarak jenis ini sering digunakan sebagai tanaman hias. Ciri-ciri jarak jenis ini adalah adanya pangkal yang menyerupai umbi dengan buah yang berbentuk elips dan berwarna oranye.

4. Jarak Wulung atau Jarak Merah

Jarak Wulung (Jathropa gossyphofolia L) atau juga yang dikenal dengan jarak merah merupakan salah satu jarak yang dipercaya memiliki berbagai macam manfaat. Penasaran? Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat jarak merah.

artikel terkait: manfaat berenang setiap harimanfaat vitamin A untuk mata

Tentang Jarak Merah

Jarak merah merupakan salah satu jenis jarak yang tumbuh subur di Indonesia. Sejak jaman dahulu kala, jarak merah (Jathropa gossyphofolia L) telah terkenal keampuhannya dikarenakan berbagai macam khasiat yang ditawarkannya. Pada umumnya, tanaman ini dapat tumbuh subur di semak-semak, lapangan rerumputan maupun tepi jalan. Adapun klasifkasi jarak merah dapat dilihat dalam deskripsi seperti berikut ini.

Kingdom Plantae (tumbuhan)
Subkingdom Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super divisi Spermatophyte (menghasilkan biji)
Divisi Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
Kelas Magnoliopsida (berkeping dua/ dikotil)
Sub kelas Rosidae
Ordo Euphorbiales
Family Euphorbiaceae
Genus Jatropha
Spesies Jatropha Gossypifolia Linn

artikel terkait: manfaat lari 12 menitmanfaat jeruk asam

Ciri-ciri Jarak Merah

Jarak merah merupakan perdu tahunan yang dapat tumbuh tegak dengan ketingian sekitar 1-2 m dengan rambut kelenjar yang berbentuk bintang bercabang dan getah bersabun. Secara fisik, jarak merah memiliki ciri batang berkayu bulat dan bercabang dengan warna coklat.

Daun jarak merah merupakan daun tunggal yang panjang, bertangkai dengan helaian daun bulat telur sungsang hingga bulat. Daun jarak ini memiliki panjang sebesar 6-23 cm dan lebar kira-kira 7-20 cm. warna daun jarak merah adalah keunguan saat muda serta ungu kecoklatan saat tua dan memliki ujung yang runcing .

Sedangkat bunga jarak merah merupakan bunga majemuk dalam malai rata bertangkai, berbentuk corong kecil dengan warna keunguan yang keluar dari ujung batang. Biasanya, dalam satu pohon jarak terdapat setidaknya satu bunga jantan dan satu bunga betina yang berwarna kehijauan saat muda serta coklat kehitaman saat tua. Biji jarak merah berbentuk bulat dengan warna coklat kehitaman dan mengandung minyak.

artikel terkait: manfaat lari zig-zagmanfaat lari bolak-balik

Kandungan kimia jarak merah

Daun jarak merah mengandung tannin, sulfur dan kalsium oksalat. Selain itu, daun jarak merah ini juga megandung beberapa senyawa kimia seoerti alkaloid jatroiden, isagodain, cleomiscosin, propasin, clilatrione, jatrofon, jatrofeno, jatrofolon A-B, fraxetin dan cyclogossine A-B.

Di sisi lain, akar jarak merah juga mengandung senyawa alkalloida serta batangnya juga megandung belerang dan tannin. Biji jarak merah juga dapat menghasilkan minyak yang mengandung zat anti karsinogen dan odroforbol yang bisa bertindak sebagai anti kanker.

artikel terkait: manfaat hidroponik

ads

Manfaat daun jarak merah

Penggunaan jarak merah sebenarnya tidak begitu disarankan untuk bahan konsumsi dikarenakan daun jarak merah ini konon mengandung racun. Untuk itu, akan lebih baik untuk Anda agar menggunakn daun jarak merah hanya untuk obat luar. Berikut kami sajikan informasi mengenai manfaat apa saja yang ditawarkan oleh daun jarak merah. Adapun manfaat dari daun jarak merah antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu meredakan demam

Demam merupakan reaksi tubuh untuk melawan virus maupun infeksi yang ditandai dengan tingginya suhu tubuh. Apabila hal ini terjadi pada anak Anda, cobalah tenangkan diri Anda untuk tidak panic terlebih dahulu. Biasanya ketika sedang demam, tubuh tidak disarankan untuk mandi air dingin agar demamnya tidak meningkat. Akan tetapi, untuk meredakan demam Anda dapat menggunakan air rebusan daun jarak merah untuk membantu menurunkan demam pada anak.

Adapun cara menggunakan daun jarak merah untuk mandi adalah sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa lembar daun jarak merah secukupnya. Ada pula yang menyarankan bahwa Anda dapat menggunakan 15 lembar daun jarak merah.
  • Cuci bersih daun jarak merah tersebut dengan air mengalir
  • Rebus daun jarak merah dengan air secukupnya hingga mendidih
  • Gunakan air rebusan air jarak merah untuk mandi guna membantu menurunkan demam pada anak

artikel terkait: manfaat bulu landak

2. Membantu mengobati penyakit kulit

Kulit yang sehat merupakan idaman hampir semua orang. adanya penyakit kulit terkadang dapat menggangu indahnya penampilan seseorang. Penyakit kulit merupakan penyakit yang menyerang kulit permukaan pada tubuh. Penyebab penyakit kulit adalah beragam seperti kebersihan diri yang buruk, virus, bakteri alergi maupun daya tahan tubuh yang rendah. Apabila Anda mengalami penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dsb, jangan khawatir! Rebusan daun jarak merah konon dipercaya mampu mengobati beberapa jenis penyakit yang menyerang kulit. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu merebus daun jarak merah seperti cara di atas dan menggunakannya untuk mandi.

artikel terkait: manfaat KB impian

3. Membantu mengobati memar

Memar merupakan cedera pada kulit yang dikarenakan benturan yang memecahkan pembuluh darah kecil di bawah jaringan. Memar yang disebabkan oleh benturan benda keras kadang menimbulkan bekas yang apabila dipegang terasa sakit. Untuk mengobati memar, kami memiliki solusi dengan cara menggunakan daun jarak merah sebagai obat tradisional untuk mengatasinya. Adapun cara yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut.

  • Siapkan 3 lembar daun jarak merah segar lalu cuci bersih dengan air mengalir
  • Tumbuk daun jarak merah tersebut hingga lumat kemudian campur dengan minyak kelapa secukupnya
  • Setelah itu, bubuhkan tumbukan daun jarak merah pada luka yang memar

artikel terkait: manfaat rumah susun

4. Membantu mengobati sembelit

Sembelit merupakan kelainan pada sistem pencernaan ketika seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan. Tinja yang mengalami pengerasan tersebut kemudian menjadi sulit untuk dikeluarkan sehingga menyebabkan rasa sakit pada penderita. Sembelit dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti dehidrasi, panas dalam, stress, hormone, usus kurang elastis, sering menahan rangsangan buang air besar, kurang konsumsi serat, kurang berolahraga dsb.

Untuk mengobati sembelit, biasanya seseorang melakukan perubaha gaya hidup maupun konsumsi obat-obatan seperti obat pencahar . Akan tetapi bagi Anda yang tidak menyukai konsumsi obat-obatan namun sembelit ingin segera disembuhkan, ada solusi tradisional yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan daun jarak merah. Adapun cara penggunaanya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan 3 lembar daun jarak merah segar dan cuci dengan air mengalir hingga bersih
  • Olesi daun jarak merah tersebut dengan menggunakan minyak kelapa murni
  • Panaskan daun jarak merah dengan api kecil hingga daun terlihat layu
  • Saat masih hangat, balurkan daun jarak merah tersebut pada perut Anda

artikel terkait: manfaat ilmu fisika

5. Membantu mengobati penyakit hernia

Hernia atau yang lebih dikenal dengan turun beok, merupakan penyakit yang terjadi apabila organ dalam tubuh menekan dan mencuat melalui titik lemah atau celah pada permukaan tubuh. Daun jarak merah juga dipercaya dapat membantu mengobati hernia dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan sekitar 10 helai daun jarak merah kemudian cuci hingga bersih
  • Campurkan daun jarak merah dengan sedikit garam lalu lumatkan hingga halus dan lembut
  • Tempelkan lumatan daun jarak merah pada bagian tengah telapak tangan dan telapak kaki
  • Usahakan untuk melakukan pengobatan ini secara teratur, minimal sehari sekali selama dua bulan

artikel terkait: manfaat tempered glass

6. Membantu mengobati masuk angina

Manfat lain dari daun jarak merah adalah membantu mengobati masuk angin, khususnya pada bayi. Untuk menggunakan daun jarak merah sebagai obat masuk angina adalah dengan

cara sbb:

  • ambil sebanyak 2-3 lembar daun jarak merah dan cuci bersih
  • Olesi daun jarak merah tersebut dangen minyak makan
  • Panaskan daun hingga layu dengan api selama 1-2 menit
  • Setelah panas pada daun merata, tempelkan daun jarak merah tersebut pada punggung bayi untuk mengobati masuk angin

artikel terkait: manfaat gas spontan

7. Membantu menghentikan pendarahan pada gusi

Untuk membantu mengentikan pendaharan pada gusi dengan menggunakan daun jarak merah, Anda dapat merebus daun jarak merah dengan air hingga mendidih. Kemudian setelah matang, gunakan air rebusan jarak merah tersebut sebagai obat kumur agar pendarahan pada gusi dapat berhenti.

artikel terkait: manfaat dialis

8. Membantu meredakan rasa nyeri pada tulang dan anggoba tubuh lain

Rasa nyeri pada tulang yang mengganggu, ternyata juga dapat diredakan dengan menggunakn daun jarak merah. untuk cara penggunaanya, Anda dapat menggunakan rebusan daun jarak merah yang masih hangat untuk mandi maupun membalurkan lumatan daun jarak merah pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Cara ini dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri pada tulang seseorang.

9. Membantu membersihkan dan menyembuhkan patukan ular dan kalajengking

Ular dan kalajengking merupakan dua binatang yang dapat menimbulkan luka pada tubuh manusia akibat patukannya. Untuk menyembuhkannya, barangkali Anda dapat menggunakan daun jarak merah sebagai obat tradisional penyembuh patukan ular dan kalajengking. Hal ini dikarenakan daun jarak merah juga dipercaya dapat  Membantu membersihkan dan menyembuhkan patukan ular dan kalajengking.

artikel terkait: manfaat sumber daya air

10. Membantu menyembuhkan sakit dan nyeri gigi

Manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari penggunaan daun jarak merah adalah untuk membantu menyembuhkan sakit dan nyeri gigi. Untuk dapat memanfaatkannya, Anda dapat menggunakan daun jarak merah untuk obat kumur seperti untuk menghentikan pendarahan pada gusi.

11. Membantu mengatasi kuman dan bakteri

Daun jarak merah dipercaya dapat membantu mengatasi kuman dan bakteri yang menjadi sumber penyakit bagi tubuh. untuk menggunakannya, cukup gunakan air rebusan daun jarak merah untuk air mandi Anda.

12. Membantu menetralkan racun

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari penggunaana daun jarak merah adalah untuk menetralkan racun. Konon, daun jarak merah dipercaya dapat mebantu mengatasi racun dalam tubuh agar tidak berkembang menjadi zat yang membahayakan.

13. Membantu melancarkan BAB

Layaknya dapat membantu untuk mengatasi sembelit, daun jarak merah juga dipercaya dapat membantu untuk melancarkan buang air besar (BAB) Anda. Daun jarak merah dipercaya dapat menawarkan solusi untuk melancarkan BAB tanpa memberikan efek samping.

artikel terkait: manfaat pohon sagu

Selain manfaat di atas, berikut kami sajiikan pula beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan daun jarak merah.

  1. Anti inflamasi
  2. Anti mikroba/ mikroorganisme
  3. Membantu mempercepat penyembuhan luka
  4. Membantu menyehatkan gigi
  5. Sebagai obat borok
  6. Membantu mencegah dari serangan virus
  7. Baik untuk kesehatan lambung
  8. Membantu mengatasi panu dan kurap
  9. Dipercaya pula sebagai obat radang telinga

artikel terkait: manfaat pohon angsana

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun jarak merah. Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan daun jarak merah ini untuk menghindari reaksi yang tak terduga. Selain itu, manfaat daun jarak merah ini juga tidak lebih dari pengamatan ilmiah yang efek sampingnya telah dilaporkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 25th, March 2017 / 08:04 Oleh :
Kategori : Herbal