8 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Rambut Rontok

Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Karena posisi rambut sebagai mahkota inilah yang menjadikan para wanita sangat serius dalam merawat rambutnya. Berupaya untuk menjadikan rambut kuat dan sehat. Namun ketika kita perhatikan, masalah yang sering dialami wanita pada bagian rambut adalah rentan terhadap rambut rontok.(Baca juga: Manfaat Daun Bengang, Manfaat Daun Kingkilaban, Manfaat Daun Alifuru)

Berdasarkan penelitian, hampir 8 orang dari 10 orang terutama para wanita, pernah mengalami masalah rambut rontok. Faktor penyebab rambut mudah rontok diantaranya kurang terjaganya kebersihan rambut, atau karena rambut tidak mendapatkan nutrisi secara maksimal, maupun karena rambut kita tidak cocok dengan jenis maupun merk dari shampoo maupun kondisioner yang kita pakai. (Baca juga: Manfaat Daun Adas, Manfaat Daun Jarak Merah, Manfaat Daun Andewi)

Untuk mengatasi masalah rambut rontok ini, maka tidak ada salahnya menggunakan pengobatan secara alami. Sebagaimana yang kita ketahui pengobatan alami ataupun herbal dipercaya baik bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping sebagaimana ketika menggunakan obat-obatan kimia di pasaran. Salah satu yang bisa dijadikan solusi pada rambut rontok adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Mungkin sebagian dari kita merasa aneh. Namun tentu saja ini bukan hal yang main-main, karena banyak web-web kecantikan maupun kesehatan yang menggunakan metode ini untuk memperbaiki rambut rontok.

Baca juga:

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Rambut Rontok

1. Nutrisi yang Cocok Untuk Rambut Rontok

Kandungan vitamin B kompleks dari daun jambu biji mampu dijadikan sebagai penumbu rambut yang terdiri dari Niassin, Tiamin, Riboflavin, Asam Folat, Asam Pantotenat serta Piridoksin. Vitamin-vitamin tersebut memiliki dampak yang cukup signifikan untuk menanggulangi permasalahan pada rambut berupa kerontokan. Hal ini dijelaskan pada Progressive Health. Selain itu juga, semua jenis makanan yang diperkaya vitamin B, dipercaya mampu mengurangi kerusakan rambut rontok dengan cara meningkatkan pertumbuhan rambut. (Baca juga: Manfaat daun Ciplukan untuk Hipertensi)

2. Membuatnya Cukup Mudah

Cara membuat ramuan daun jambu biji unuk mengatasi kerontokan rambut cukup mudah atau bahkan bsa dibilang sangat mudah. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini. Pertama adalah menyiapkan satu genggam daun jambu biji, satu liter air, dan panci untuk merebus. Kemudian merebus daun tersebut bersama dengan air selama kurang lebih 20 menit. Diamkan air rebusan hingga dingin. Setelah dingin saring air rebusan. Dari sini kita bisa memili mau memanfaatkn daunnya ataukah airnya. Tergantung lebih suka yang mana, karena keduanya berkhasiat mengatasi rambut rontok. (Baca juga: Manfaat Pohon Karet)

3. Praktis dalam Penggunaannya

Selain mudah dalam proses pembuatannya, ramuan daun jambu biji juga mudah dalam penggunaannya atau pengaplikasiannya. Caranya adalah dengan mengambi daun jambu biji yang telah direbus. Kemudian pijatkan ke kepala daun jambu biji tersebut. Upayakan daun jambu biji tersebar secara merata di kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 2 jam, kemudian bilas dengan air. Ada baiknya juga menerapkan proses ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Baca juga: Manfaat Buah Naga Bagi Kulit)

Namun, kita juga bisa menggunakan air rebusan sebagai toner, sehingga tinggal teteskan secara merata ke kulit kepala setelah kita membersihkan rambut terlebih dahulu. Kemudian pijit-pijit pada kepala dan mendiamkannya beberapa menit. Ramuan ini akan lebih efektif jika dipakai dalam waktu semalaman ketika kita tidur, kita bisa menggunakan topi mandi saat tidur dan membiarkan ramuan bekerja semalaman. Pada pagi harinya kita tinggal membilasnya hingga bersih. (Baca juga: Manfaat Ketumbar)


4. Hasil Efektif

Hasil dari penggunaan ramuan daunjambu biji mampu kita peroleh dalam waktu relatif cepat, dengan penggunaan yang rutin maka dalam waktu 1 hingga 2 bulan kita dapat terhindar dari masalah rambu rontoh. Selain itu, kita juga dapat mencegah masalah ketombe pada kulit kepala, melembutkan rambut dan juga menjadikan rambut lebih berkilau. (Baca juga: Manfaat Pohon Damar)

5. Hemat Biaya

Melihat bagaimana cara membuat ramuan daun jambu biji kita bisa simpulkan bahwa biaya yang dibutuhkan pun juga relatif murah. Sehingga dengan biaya yang murah kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini cocok banget untuk kawula muda yang sedang kuliah, karena notabenenya kebanyakan mahsiswa pasti menginginkan sesuatu yang murah namun bermanfaat dan berkualitas tinggi. (Baca juga: Manfaat Buah Kokosan)

6. Tidak Menimbuklan Efek Samping

Bahan alami yang digunakan pada ramuan daun jambu biji tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya. Kecuali bagi yang memiliki alergi terhadap daun jambu biji, maka lebih baik menggunakannya setelah berkonsultasi dengan dokterr yang ahli dibidangnya. (Baca juga: Manfaat Bunga Cempaka Putih)

7. Aman Digunakan Untuk Anak-Anak

Karena ramuan ini termasuk ramuan alami atau herbal, maka bisa dipastikan bahwa ramuan ini aman jika digunakan pada anak-anak. Tentu saja juga harus dengan pengawasan orang tua. (Baca juga: Manfaat Bunga Flamboyan)

8. Melunturkan Lemak dalam Tubuh

Sisa air rebusan daun jambu biji jangan dibuang, karena air rebusan daun jambu bija jiga memiliki khasiat. Selain bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, ternyata air rebusan daun jambu biji juga bermanfaat untuk melunturkan lemak di dalam tubuh, melawan kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Hal ini diperkuat dengan adanya hasil peneliian pada Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research. Sehingga menggunakan ramuan daun jambu biji akan mendukung proses diet sehat yang anda lakukan. Sehingga diet tidak akan membahayakan anda karena menggunakan bahan yang alami. (Baca juga: Manfaat Alpukat Untuk Asam Lambung)

Wah luar biasa bukan manfaat dari daun jambu biji untuk kesehatan rambut kita. Nah, buat kamu yang juga mengalami masalah pada rambut berupa rambut rontok, maka tidak ada salahnya buat mencoba ramuan herbal dari daun jambu biji ini di rumah. Selaman mencoba ya! (Baca juga: Manfaat Daun Inggu, Manfaat Daun Bungur, Manfaat Daun Zodia)

Itulah sekilah terkait manfaat daun jambu biji untuk rambut. Ingin manambah wawasan lain? jangan ragu-ragu buat baca artiel di web ini, seperti artikel tentang Manfaat Daun Mengkudu Muda, Manfaat Daun Jambu Air, Manfaat Daun Cuciwis, dan lain sebagainya. Happy Reading!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, May 2017 / 13:39 Oleh :
Kategori : Herbal