10 Manfaat Daun Jambu Biji Ungu Untuk Kesehatan

Jambu biji memiliki banyak jenis yang mungkin beberapa diantaranya belum banyak diketahui masyarakat. Salah satunya adalah jambu biji ungu atau yang biasa disebut Jambu Biji Australia. Jenis jambu biji yang berasal dari Australia ini memiliki ciri berwarna merah keunguan mulai dari akar hingga buahnya. Karena penampakannya yang unik ini, jambu biji ungu lebih sering dijadikan tanaman hias daripada dipanen untuk dikonsumsi buahnya. Selain itu juga karena buah jambu biji ungu ini tidak semanis jambu biji jenis lain seperti jambu bangkok, dll.

Seperti jambu biji pada umumnya, jambu biji ungu juga memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sumber antoksidan dan vitamin C
  • Kaya akan sumber serat larut sehingga mampu memperlancar pencernaan
  • Kaya kalium yang dapat mengurangi pengaruh eksternal terhadap tekanan darah di dalam tubuh
  • Memiliki kandungan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan
  • Mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV
  • Meningkatkan jumlah trombosit untuk penderita DB

Tidak hanya buahnya, daun dari tanaman jambu biji ungu ini juga kaya akan manfaat. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai obat diare

Salah satu manfaat daun jambu biji yang banyak diketahui masyarakat adalah sebagai obat diare. Begitupun manfaat daun jambu biji ungu yang juga memiliki kandungan astringent yang berperan sebagai desinfektan dan anti bakteri berkhasiat untuk menghentikan diare. (Baca juga : Manfaat oralit saat diare, Solusi diare, Manfaat yakult untuk diare, Manfaat pucuk daun jambu biji)

2. Berperan sebagai antiinflamasi

Antiinflamasi merupakan obat yang mampu mengatasi radang yang bukan dikarenakan mikroorganisme namun yang timbul sebagai cedera jaringan dan infeksi. Di pasaran banyak beredar obat-obat kimia yang berfungsi sebagai antiinflamasi, tapi sebagai alternatif untuk pengobatan herbal dapat kita gunakan daun jambu biji ungu.

3. Menurunkan resiko terkena diabetes

Berikut adalah cara memanfaatkan daun jambu biji ungu untuk mengatasi diabetes yaitu kita cuci daun jambu terlebih dahulu. Kemudian keringkan daun jambu tadi dibawah terik matahari. Setelah kering, remas atau tumbuk daun jambu, kemudian rebus dengan 2 gelas air putih. Proses perebusan kira-kira sekitar 5-10 menit.

4. Mengurangi rambut rontok

Para ilmuwan menyebutkan bahwa penggunaan daun jambu biji ungu secara teratur setiap hari akan membantu untuk melawan penipisan dan kerontokan rambut. Daun jambu biji ungu banyak mengandung vitamin B yang merupakan vitamin yang paling signifikan untuk kesuburan rambut dan perlindungan kesehatan. Adapun cara menggunakan daun jambu biji ungu untuk mengatasi kerontokan rambut yaitu dengan merebus daun jambu dalam 1 L air selama 20 menit lalu didiamkan selama 15 menit dan diaplikasikan pada kulit kepala dengan cara dipijat. (Baca juga : Manfaat hair tonic, Manfaat shampo natur untuk perawatan)


5. Mengandung antihipertensi

Daun jambu biji memiliki khasiat dapat membantu menurunkan tekanan darah. (Baca juga : Manfaat daun alpukat, Manfaat daun sirih hitam, Manfaat daun kersen)

6. Sumber antioksidan

Daun jambu biji ungu memiliki kandungan senyawa flavonoid seperti kuersetin yang mampu menangkal pengaruh paparan radikal bebas terhadap tubuh. (Baca juga : Manfaat antioksidan, Manfaat jambu madu, Manfaat jambu mete, Manfaat daun jambu biji putih)

7. Menghilangkan jerawat

Dengan adanya kandungan antiinflamasi pada daun jambu biji ungu maka salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah munculnya jerawat dan peradangan pada kulit wajah. (Baca juga : Manfaat acnol, Manfaat batu es untuk wajah berjerawat, Manfaat laser wajah, Manfaat cream temulawak gold, Manfaat kulit pisang kepok)


8. Menghambat penuaan dini

Daun jambu biji ungu memiliki banyak kandungan antioksidan yang mempu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

9. Mencerahkan wajah

Manfaat daun jambu biji ungu dapat diolah menjadi bentuk masker dengan scrub yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Sehingga wajah menjadi lebih cerah.

10. Meningkatkan trombosit

Bagi penderita DB umumnya akan mengalami penurunan trombosit yang cukup besar. Mengkonsumsi air rebusan daun jambu biji ungu dapat membantu menaikka jumlah trombosit dalam darah. (Baca juga : Manfaat buah akar dewa , Manfaat daun jambu air, Manfaat daun singkong arab, Manfaat sawi asin, Manfaat akar kelembak)

, , , ,
Post Date: Monday 05th, June 2017 / 02:32 Oleh :
Kategori : Herbal