Sponsors Link

5 Manfaat Daun Jambu Air Untuk Diabetes

Sponsors Link

Daun jambu air siapa yang tidak mengetahuinya, daun yang merupakan berasal dari buah yang memiliki kandungan air tinggi ini memiliki manfaat yang cukup besar dalam hal penyakit diabetes atau kencing manis. Maka dari itu terdapat manfaat yang belum orang mengetahuinya dalam hal penyakit diabetes karena terdapat kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa tersebut diantaranya :

ads
  • ¬†Golongan fenolik
  • Saponin
  • Steroid

Lalu terdapat pula senyawa utama yang dimana senyawa tersebut memiliki tanggung jawab yang mampu merevitalisasi resistensi insulin bagi penderita diabetes tipe 2, yaitu diantaranya:

  • 4-Hydroxybenzaldehyde
  • Europetin-3-0-Rhamnoside
  • Myrigalone-G
  • Myricetin-3-0 Rhamnoside
  • Phloretin
  • Myrigalone-B

Dari kandungan senyawa diatas terdapat senyawa yang mampu mengatasi atas setidaknya meminimalisir dalam penyembuhan diabetes, tanpa kita sadari ternyata daun jambu air yang kita anggap sebagai hanya daun biasa yang hanya merupakan tempat fotosintesis yang hanya membantu dalam respirasi pertumbuhan dalam tumbuhan yang ada ternyata memiliki manfaat lain diantaranya dalam penyembuhan diabetes.

Maka saat ini banyak para ahli farmasi yang mulai menggunakan daun jambu air dalam memproduksi obat- obatan untuk menyembuhkan diabetes atau kencing manis.

Manfaat daun jambu air untuk diabetes, diantaranya :

1. Mengembalikan fungsi kerja Insulin

Insulin merupakan hormon yang dihasilkan dari pankreas ini dapat terjadi resistensi insulin yang disebabkan oleh adanya gangguan metabolisme yang diantaranya seperti diabetes, resistensi insulin merupakan kondisi tubuh yang adanya penolakan terhadap insulin yang dihasilkan oleh pankreas.

Insulin ini yang dimana memiliki fungsi dalam menjaga kadar gula dala tubuh, jadi jika terjadi resistensi insulin dalam tubuh maka akan dapat dengan mudah terserah diabetes. Untuk mengatasi restensi ini dapat diatasi atau dapat dengan mengonsumsi daun jambu air yang dimana memiliki manfaat dalam mengatasi diabetes atau kencing manis dengan mengembalikan fungsi kerja dari insulin.

baca juga: manfaat glukosa dalam darah bagi tubuh

2. Mengurangi tingkat gula darah

Penyebab timbulnya diabetes dalam tubuh dtandai dengan adanya peningkatan gula darah dalam tubuh. Meningkatnya tingkat gula darah diakibatkan adanya resistesi insulin yang dimana megakibatkan glukosa dalam tubuh menjadi meumpuk karena tidak berfungsiya insulin dalam tubuh, fungsi insulin disini yaitu untuk mensirkulasikan glukosa. Lalu jika terjadinya penumpukan glukosa dalam aliran darah, maka pankreas bekerja dengan melepaskan lebih banyak insulin untuk dapat menyeimbangkan gula darah.

baca juga: manfaat cabe bagi penderita diabetes

3. Menangani komplikasi diabetes

Komplikasi diabetes biasanya akan timbul penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke, kerusakan pada Neuropati dan pembuluh darah, kerusakan pada organ kaki, kerusakan pada retina, kerusakan pada ginjal, disfungsi seksual, dan keguguran. Hal ini dikarenakan oleeh adanya peningkatan gula darah dalam tubuh yang nantinya akan mempengaruhi fungsi kerja sistem dalam tubuh yang lain. Manfaatnya dari daun jambu air ini mengembalikan kadar gula yang tinggi menjadi rendah yang menghindari terjadinya penyakit lain dalam tubuh dengan diakibatkan oleh tingginya kadar gula dalam tubuh.

baca juga: manfaat jus tomat campur kacang panjang untuk diabetes

4. Meningkatkan adiponektin pada tubuh

Adiponektin memiliki peran dalam terjadinya resistensi insulin, pada resistensi insulin ini terjadi karena insulin ini tidak berfungsi dalam proses terjadinya metabolisme. pada adiponektin ini pula sama seperti halnya pada insulin yang berperan dalam menyeimbangkan kadar gula dan lemak dalam tubuh, maka dengan adanya adiponektin dalam tubuh kadar gula yang dimiliki dapat seimbang dengan bantuan senyawa yang ada pada daun jambu air. namun hal itu pula dapat dilakukan dengan kegiatan lain seperti berpuasa untuk menigkatkan hormon adiponektin.

baca juga: manfaat berpuasa bagi tubuh

5. Meningkatkan absorpsi glukosa

Biasanya diabetes terjadi karena kadar gula dalam tubuh tinggi, yang dimana terjadi karena adanya kelambatan dalam penyerapan glukosa oleh sistem organ tubuh. organ tubuh yang mengatur pemecahan karbohidrat ini, melalui pemecahan tersebut maka terdapat seperti glukosa yag dijadikan sebagai bahan untuk menghasilkan energi. namun pada penderita diabetes terjadi kekurangan dalam menyerap glukosa, maka senyawa dalam daun jambu air ikut membantu dalam meningkatkan penyerapan glukosa dalam tubuh. sehingga kadar gula dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik, jadi gula darah dalam tubuh menjadi normal kembali.

baca juga: manfaat karbohidrat bagi tubuh

Faktor Penyebab Diabetes

Kencing manis atau diabetes tidak hanya menyerang pada usia lanjut saja, tetapi dapat menyerang usia muda yang dikarenakan oleh beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya diabetes ini. Faktor tersebut diantaranya karena :

ads
  • Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat disini maksudnya karena pada saat mengisi cadangan energi dengan memakan makanan yang diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi ini tidak memperhatikan seberapa banyak makanan yang diperlukan oleh tubuh dan makan yang mampu menghasilkan cadangan energi pada manfaat nasi putih. Namun tanpa kita sadari bahkan kita sadari kita telah melewati batasitu dengan memakan segala sesuatu yang ada secara berlebihan. Seperti banyaknya mengkonsumsi manis, atau mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.

  • Kurang berolahraga

Selain terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi ternyata hal ini tidak dibarengi dengan olahraga yang rutin. Olahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga yang berat namun hanya melakukannya secara rutin mampu memberikan atau mampu menghindari yang namanya diabetes. Maka terdapat olahraga yang dapat dilakukan untuk diambil manfaatnya seperti manfaat lari untuk kesehatan tubuh.

baca juga: manfaat lari pagi hari, manfaat lari siang hari, manfaat lari sore hari

  • Faktor keturunan

Faktor keturunanan disini bisa dikatakan dari hasil gen atau karena kebiasan dalam makan yang buruk diturunkan kepada keturunannya, jadi bukan hanya karena faktor gen saja tapi faktor kebiasan yang buruk diturunkan kepada keturunannya.

baca juga: manfaat rekayasa genetika dalam berbagai bidang kehidupan

Itulah mengenai beberapa manfaat dari daun jambu air yang dikonsumsi untuk menyembuhkan atau mengatasi dalam diabetes atau kencing manis yang dimana disebabkan oleh beberapa faktor. Bukan hanya dengan mengonsumsi daun jambu air saja namun diperlukan adanya pola hidup yang sehat serta olahraga yang rutin dalam proses penyembuhan diabetes ini, pada proses penyembuhan pun tidak dengan cepat akan sembuh namun perlu adanya waktu pula dalam penyembuhan. Maka sayangilah tubuh kita dengan pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 14th, June 2016 / 03:15 Oleh :
Kategori : Kesehatan