20 Manfaat Daun Jambu Air untuk Kesehatan

Jambu air merupakan jenis buah-buahan yang ada di sekitar kita. Selain rasanya yang enak buah ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Namun ternyata tidak hanya buahnya saja, daun jambu air pun dapat dijadikan obat herbal alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Daun jambu air dapat dikenali dari warnanya yang hijau hingga hijau tua. Bentuknya juga lebih panjang dan lebih lebar dari daun lainnya dengan ujung meruncing dan permukaan daun yang halus. Jika didekati akan tercium aroma khas daun jambu.

Jika selama ini daun jambu air hanya dibuang begitu saja dan sekedar menjadi pengotor halaman maka mulai sekarang ada baiknya anda mulai mengonsumsinya terutama bila menderita penyakit tertentu karena daun ini sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan. Manfaat daun ini dihasilkan dari kandungan senyawa-senyawa aktif yang dimilikinya seperti senyawa fenolik, saponin, steroid, dan berbagai senyawa lainnya. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan daun jambu air adalah:

1. Mengatasi diare

Secara umum kita mengenal daun jambu air sebagai obat alami pereda diare. Penderita diare dapat langsung menguyah daun jambu air yang sebelumnya telah dicuci bersih untuk membantu mengentalkan feses. Karena seperti yang diketahui feses pada penderita diare sangat encer. Namun untuk tindakan selanjutnya tetap harus menggunakan obat lain karena fungsi daun jambu air hanya sebatas mengentalkan feses bukan mengobati diare. (Baca juga: manfaat yakult untuk diare)

2. Menurunkan kadar kolesterol

Meskipun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh namun kadarnya yang berlebihan di dalam darah dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Jika kolesterol dalam tubuh sudah terlanjur menumpuk kita dapat memanfaatkan daun jambu air untuk menurunkannya sehingga normal kembali. (Baca juga: manfaat daun kelor untuk kolesterol)

3. Mencegah dan mengatasi diabetes

Ekstrak daun jambu air merupakan salah satu bahan yang dianjurkan dalam komposisi obat diabetes. Ini disebabkan kemampuannya untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta mengatasi resistensi insulin yang terjadi di dalam tubuh penderita diabetes. Kita juga dapat mengolah manfaat daun jambu air sebagai obat herbal. Caranya dengan merebus 7 lembar daun jambu air yang masih segar dan belum terlalu tua dalam 3 gelas air. Rebus hingga tinggal 1 gelas. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Dengan pemakaian teratur setiap hari kadar gula darah akan turun. Dan jika kadar gula darah sudah mulai turun pemakaian dikurangi menjadi 4 hari sekali. (Baca juga: manfaat daun ceri untuk diabetes)

4. Mengatasi komplikasi diabetes

Jika sudah menyerang penyakit diabetes tidak hadir sendiri. Ada penyakit-penyakit lain yang ditimbulkannya seperti stroke, penyakit jantung, masalah pada kaki, kerusakan ginjal, kerusakan retina, impotensi, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi daun jambu air kita juga dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit di atas yang diakibatkan oleh komplikasi diabetes. (Baca juga: manfaat mendol)

5. Menyehatkan jantung

Sebagai salah satu organ vital kesehatan jantung mesti dijaga dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi daun jambu air yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. (Baca juga: manfaat olahraga kardio – 10 manfaat quaker oats bagi kesehatan)


6. Mengatasi maag

Para penderita maag sebaiknya mulai mencari atau menanam pohon jambu air di sekitar tempat tinggalnya karena daun jambu air sangat baik untuk mengatasi naiknya asam lambung serta menjaga perut tetap nyaman dan terhindar dari nyeri dan perih.(Baca juga: manfaat daun sirsak untuk maag kronis dan akut)

7. Melancarkan pencernaan

Manfaat lain yang juga bisa dirasakan dari konsumsi daun jambu air adalah melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan yang lancar maka nutrisi-nutrisi pada makanan dapat diserap secara maksimal dan sisa pemrosesannya dapat dibuang dengan baik. (Baca juga: manfaat yakult)

8. Mengatasi sakit gigi

Bagi anda yang pernah mengalami sakit gigi dan khawatir suatu saat akan kambuh ada baiknya menyediakan daun jambu air di rumah. Karena ramuan daun jambu air juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. (Baca juga: manfaat getah jarak)

9. Mengatasi demam berdarah

Penyakit yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti ini cukup berbahaya karena jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat mengakibatkan kematian. Untuk itu jika sudah terlihat gejala-gejala penyakit ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dan minum obat. Salah satu jenis obat herbal yang dapat menjadi pilihan adalah ramuan daun jambu air. (Baca juga: manfaat angkak)

10. Mengatasi demam

Daun jambu air dapat dimanfaatkan untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi melebihi batas normal. Caranya dengan melumatkan beberapa lembar daun jambu air yang telah dicuci bersih. Kemudian daun direndam di dalam air hangat. Air rendaman ini dapat dijadikan sebagai kompres pada penderita demam untuk menurunkan suhu tubuhnya. (Baca juga: manfaat daun zodia – manfaat obat neuralgin)

11. Mengatasi rasa nyeri

Ketika salah satu bagian tubuh kita mengalami keseleo atau yang lebih parah lagi patang tulang pasti rasanya nyeri dan sakit sekali. Untuk mengatasi hal ini kita juga dapat memanfaatkan daun jambu air. Caranya cukup mudah, daun jambu air yang masih segar dan telah dicuci bersih dilumatkan hingga lembut. Kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang nyeri sambil dipijat dan lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

12. Mengatasi gatal pada penderita cacar

Rasa gatal pada penderita cacar sungguh sangat menyiksa. Untuk mengurangi rasa gatal ini kita dapat memanfaatkan ramuan dari daun dan bunga jambu air. (Baca juga: 25 manfaat daun binahong)

13. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan. Kalaupun telah diobati dan dianggap sembuh namun sel-sel kanker tersebut sangat berpotensi untuk ganas kembali. Untuk itu lebih baik mencegah salah satunya dengan mengonsumsi daun jambu air dan makanan-makanan lain seperti manfaat buah manggis.

14. Mengatasi alergi

Alergi dapat terjadi pada siapa saja. Gejala umumnya adalah gatal-gatal, batuk, pembengkakan pada bagian tubuh, dan lain sebagainya. Manfaat daun jambu air dapat dijadikan ramuan herbal untuk mengatasi alergi yang diderita. Selain itu kita juga dapat mengatasi alergi dengan mengambil 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan.

15. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jika selama ini manfaat madu terkenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh maka ada bahan lain yang juga sama manfaatnya yaitu daun jambu air. Dengan meminum ramuan daun jambu air secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

16. Sebagai obat ambeien

Ambeien atau wasir merupakan jenis penyakit yang sangat mengganggu dan memalukan karena menyerang organ terdalam seseorang. Namun jangan khawatir karena penyakit ini bisa diatasi dengan daun jambu air dan jenis dedaunan lain seperti manfaat daun sirsak untuk wasir.

17. Mengatasi keputihan

Dapat dikatakan keputihan merupakan masalah kebanyakan wanita. Jika biasanya kita menggunakan manfaat daun beluntas untuk keputihan maka kini anda juga bisa menggunakan daun jambu air untuk mengatasinya.

18. Menghilangkan flek di wajah

Munculnya flek-flek hitam di wajah dapat mengurangi kecerahan wajah dan kepercayaan diri seseorang. Agar wajah mulus kembali dan terhindar dari flek ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti menggunaan ramuan daun jambu air atau manfaat melanox cream.

19. Mengatasi kembung

Jika selama ini kita menggunakan manfaat pucuk daun jambu biji untuk mengatasi kembung pada perut maka ada jenis dedaunan lain yang juga bisa kita manfaatkan yaitu daun jambu air sehingga perut kembung reda kembali.

20. Mengatasi sakit mata

Ramuan daun jambu air juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit mata. Namun jika sakit mata berlanjut ada baiknya untuk mengonsultasikannya ke dokter untuk memastikan jenis penyakitnya sehingga dapat diketahui obat yang tepat untuk dikonsumsi.

Sangat bermanfaat bukan? Oleh karena itu mulai sekarang daun jambu air jangan dibuang atau dibiarkan begitu saja. Olah, konsumsi, dan dapatkan berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya. Mudah, murah, dan menyehatkan.

,
Post Date: Wednesday 24th, May 2017 / 22:05 Oleh :
Kategori : Herbal