Sponsors Link

18 Manfaat Daun Gamal – Kesehatan – Ternak

Sponsors Link

daun gamalTANAMAN ini bernama Gamal (Gliricidia sepium). Ada yang menyebut sebagai lirisida, kelor laut atau cebreng. Nama Gamal sendiri adalah akronim dari “Ganyang Mati Alang-alang”. Senyatanya, tanaman yang awalnya dijadikan pelindung tanaman teh ini mampu mematikan alang-alang.  Tanaman Gamal akan mengeluarkan zat yang menyerang sistem akar alang-alang dan menghambat pertumbuhan alang-alang. Inilah sebabnya Gamal mulai dikenal sebagai herbisida alami pembasmi alang-alang.

ads
Apa saja manfaat dari Tanaman Gamal?

1. Atasi Defisiensi Vitamin dan Mineral.

Sebagai tanaman yang termasuk jenis polong-polongan, daun  Gamal berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

2. Sebagai Obat Penyakit.

Rebusan daun & akar Gamal bisa dipakai sebagai obat penyakit reumatik, epilepsi, diuretikum, dan gonorrhoea. Epilepsi penyakit yang terkait dengan syaraf, diuretikum adalah kesulitan kencing sehingga ramuan rebusan daun Gamal  bisa sebagai peluruh air seni, sedangkan gonorrhoea adalah penyakit kelamin. Air rebusan ini juga bisa sebagai peluruh dahak atau riak, penyakit batuk, peluru haid, pelancar ASI, pereda kejang.

3. Obat Penyakit.

Ekstrak daun bisa digunakan sebagai obat bagi penyakit kulit, reumatik (diminum), sakit kepala, batuk, dan sebagai obat luar untuk luka-luka tertentu.

4. Obat Sakit Kuning.

Daun Gamal ditumbuk halus dengan air kelapa secukupnya. Saring airnya, dan tambahkan dengan madu secukupnya. Air seduhan diminumkan ke penderita sakit kuning, setidaknya 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Gamal bisa meningkatkan fungsi normal hati.

5. Obat Penyakit.

Ekstrak (daun dan bunga) Gamal bisa mengobati radang tenggorokan, flu, dan cacingan. Penderita minum air seduhan bunga dan daun Gamal.

6. Merangsang Pencernaan.

Ekstrak daun dan buah Gamal mampu mengaktifkan sistem pencernaan makanan. Seduhan daun Gamal dalam air hangat mampu menambah nafsu makan.

7. Obat Kencing.

Daun Gamal bisa menyembuhkan diuretikum. Gamal bisa meningkatkan fungsi ginjal

8. Lauk dan Sayur.

Bunga dan daun Gamal dapat pula dimakan sebagai urap atau sayur untuk pecel, atau sayur asem.

9. Menghilangkan Flek Wajah.

Gamal bisa untuk menghaluskan kulit. Daun Gamal dicuci bersih dan ditumbuk sampai halus. Bisa dioleskan sebagaimana masker ke wajah.

10. Atasi Pegal Linu, Reumatik dan Nyeri.

Daun Gamal bisa dipakai sebagai obat luar. Daun Gamal ditumbuk sampai halus kemudian campur dengan kapur sirih. Oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

11. Obat Mata.

Daun (beserta kulit dan akar  Gamal) bisa direbus. Airnya diteteskan ke dalam mata untuk penyakit obat mata.

Herbisida / Pestisida

12. Pestisida Alami.

Daun Gamal bisa untuk pestisida dan rodentisida alami sebagai racun tikus. Daun (bersama akar) ditumbuk dengan lumpang, haluskan kemudian dicampurkan dengan air. Air bisa disiramkan ke tanah di setiap sudut tertentu. Ekstrak (daun, kulit batang, serta biji) Gamal bila dicampur dengan umpan akan membunuh tikus.

13. Penawar Racun.

Ekstrak Gamal (Daun dan kulit batang) bisa dipakai sebagai penawar racun. Ekstrak ini ditumbuk halus untuk atasi pembengkakan, sariawan dan karang gigi.

14. Membasmi Kutu Kulit.

ads

Ekstrak (Daun, akar, dan kulit batang) hasil rebusan dioleskan/dibalurkan pada seluruh tubuh atau kulit anjing, kambing atau sapi. Hal ini akan membunuh kutu (scabies) pada hewan-hewan itu. Pada manusia bisa untuk menghilangkan jamur kulit.

15. Obati Penyakit Kulit.

Ekstrak tumbukan daun Gamal bila ditambah air dan ether akan dapat membasmi rayap.

16. Racun Alami (herbisida).

Daun (beserta biji dan kulit batang Gamal) memiliki zat yang bersifat racun bagi manusia dan ternak.

Manfaat Lainnya

17. Pakan Ternak.

Daun-daun Gamal mudah dicerna sehingga cocok untuk pakan ternak khususnya ruminansia (sapi, kerbau). Pakan dari daun-daunan  Gamal akan berpengaruh pada berat badan Domba Ekor Gemuk, kinerja reproduksi dan pembiakannya.

18. Menyuburkan tanah.

Tanaman Gamal termasuk jenis leguminosa. Jenis ini mempunyai bintil akar yang dapat mengikat Nitrogen dari udara, sehingga berfungsi untuk meningkatkan kandungan Nitrogen dalam tanah. Daun-daun dan rantingnya bisa dibuat sebagai pupuk hijau untuk kesuburan tanah. Tanaman Gamal bisa sebagai pagar, pencegah erosi, dan penguat tanah.

Cara Pemanfaatan Daun Gamal

Ramuan Tradisional. Semua bagian tanaman Gamal bisa digunakan sebagai ramuan tradisional. Campuran akar, batang dan daun Gamal direbus dengan air sampai mendidih. Tunggu sampai tinggal 1/3 nya, atau direbus sekitar 20 menit. Airnya kemudian didinginkan, disaring dan diminum sebagai obat penyakit reumatik. Bisa juga dipakai sebagai obat luar untuk tetes mata penyakit mata.

Sebagai Tapal. Daun (atau akar dan kulit batang  Gamal) ditumbuk halus untuk ditapalkan pada perut bayi. Tapal ini bisa dipakai sebagai obat penyakit kulit dan sebagai parem yang dibalurkan untuk penyakit bengkak dan beri-beri. Ramuan ini juga bisa ditapalkan pada daerah anggota tubuh untuk penyembuhan kaki pegal-pegal dan lemah.

Gamal ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Tanaman Gamal yang didatangkan dari Brazil dan Mexico ini juga menjadi sumber kayu api yang baik. Kayunya diketahui lama saat dibakar dan sedikit mengeluarkan asap. Kayunya pun baik untuk perabot rumah tangga, meubel, dan konstruksi bangunan dan lainnya. @

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 18th, May 2015 / 10:11 Oleh :
Kategori : Tumbuhan