Sponsors Link

Manfaat Daun Ekor Naga

Sponsors Link

Sesuai dengan namanya, daun ekor naga, merupakan jenis tanaman yang memiliki bentuk daunnya yang menyerupai ekor naga, dimana daunnya lebar – lebar dan cukup besar. Daun ekor naga ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang cukup populer di Indonesia, walaupun pembudidayaannya masih kurang banyak apabila dibandingkan dengan jenis tanaman herbal lainnya.

daun ekor nagaDaun ekor naga sendiri memiliki nama latin Raphidophora Pinnata Schott, yang masuk ke dalam keluarga tumbuhan araceae. Tanaman ini berasal dari daerah Pasifik, Himalaya dan Australia, dan juga Indonesia. Daun ekor naga sendiri di Indonesia memiliki nama dan istilah yang berbeda – beda tiap daerahnya.

Jalu Mampang merupakan sebutang bagi daun ekor naga di daerah Jawa. Sedangkan di bali, daun ekor naga ini dikenal dengan sebutan Samblung. lain lagi pada daerah Sunda, daun ini dikenal dengan sebutan Lolo Munding dan Lolo Tali.

Tanaman daun ekor naga sendiri tumbuh secara merambat kea rah atas dengan ketinggian hingga 15 cm. Tanaman ini memiliki ujung daun yang runcing, dengan batang yang berbentuk bulat.

Apa saja manfaat daun ekor naga?

Daun ekor naga sendiri, sama seperti istilahnya yang beragam di tiap daerah, memiliki manfaat yang beragam pula. Kebanyakan daun ekor naga merupakan salah satu jenis obat – obatan herbal yang sering digunakan dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun ekor naga :

  1. Obat batuk

Daun ekor naga sering menjadi obat herbal alternative untuk menyembuhkan penyakit batuk yang muncul. Anda dapat merebus daun ekor naga hingga mendidih, dan bisa juga menambahkan jenis obat herbal lainnya seperti jenis jahe untuk memaksimalkan efek pengobatan dari sakit batuk yang anda derita.

  1. Obat paralysis

Paralysis merupakan kondisi tubuh yang mengalami kelumpuhan. Daun ekor naga juga sering dimanfaatkan terutama pada daerah Vietnam sebagai salah satu obat yang dapat menyembuhkan paralysis. Biasanya pasien penderita paralysis dapat mengkonsumsi rebusan dari daun ekor naga untuk membantu menyembuhkan penyakit yang dideritanya.



  1. Mengobati reumatik

Manfaat daun ekor naga yang juga telah banyak dimanfaatkan adalah untuk mengatasi rematik. Anda sering mengalami reumatik dan rasa sakit pada bagian tulang dan otot anda? mungkin selain mengkonsumsi obat untuk penyakit reumatik, anda dapat mencoba rebusan dari daun ekor naga ini. Rebusan dari daun ekor naga, atau juga anda bisa mengkonsumsi the daun ekor naga dapat membantu anda mengurangi rasa sakit yang muncul sebagai akibat dari munculnya penyakit reumatik pada tubuh anda.

tentu saja, selain dengan minum rebusan dari daun ekor naga, anda harus beristirahat dan membuat tubuh anda menjadi rileks agar rasa sakit yang disebabkan reumatik pada tubuh anda bisa cepat hilang.

  1. Membersihkan darah kotor

Di Indonesia sendiri, rebusan dari daun ekor nagi sering dimanfaatkan oleh orang – orang sebagai pembersih darah kotor. Biasanya, darah kotor yang dialami oleh penderitanya akan menyebabkan beberapa hal berikut :

  • Jerawat
  • Bisul
  • Luka yang bernanah
  • Luka yang sulit sembuh

Dengan memanfaatkan rebusan daun ekor naga sebagai obat obatan herbal, maka kondisi darah kotor yang anda alami akan berkurang gejalanya.

  1. Menyembuhkan radang kulit.

Kondisi kulit yang dimiliki orang berbeda – beda. Ada orang yang sangat sering mengalami peradangan dan infeksi pada kulit. Bagi anda yang sering mengalami peradangan dan infeksi pada kulit, seperti :

  • Ruam dan bentol – bentol
  • Kutu air
  • Kurap
  • Bisul kecil

Maka anda dapat mencoba untuk menggunakan daun ekor naga sebagai obat luar. Berikut ini beberapa cara memanfaatkan daun ekor naga sebagai penyembuh dari peradangan kulit :

  • Potong dan cacah daun ekor naga
  • Letakkan dan oleskan hasil cacahan dari daun ekor naga ke area kulit yang mengalami peradangan
  • Bila pelu, anda dapat mengkompres hasil cacahan dari daun ekor naga selama beberapa saat agar hasilnya dapat lebih optimal.
  1. Mengatasi tumor

Tumor merupakan kondisi dimana munculnya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. tumor sendiri bisa muncul dimana saja di seluruh bagian tubuh anda, dan biasanya letaknya berada di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi hasil rebusan dari daun ekor naga, maka anda dapat mencegah dan mengobati tumor agar menjadi semakin besar dan mengganggu fungsi organ tubuh. Namun demikian, perlu dilakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu oleh dokter yang sudah ahli di bidangnya, dan rebusan daun ekor naga hanya bersifat supplementary atau tambahan.

  1. Mengobati kanker
sponsored links

Salah satu fungsi dan manfaat yang paling sering dirasakan dan dipercaya oleh masyarakat luas ialah daun ekor naga mampu untuk mengobati penyakit kanker yang anda derita. Walapun memang belum dipatenkan sebagai obat kanker, namun rebusan dari daun ekor naga ini dapat menjadi alternative penyembuhan dari kanker.

Anda dapat mengkonsumsi daun ekor naga ini dengan merebusnya, dan meminum hasil dari rebusan daun buah naga secara teratur. Hal ini juga dapat anda lakukan sebagai langakah supplementary atau yang sifatnya tambahan saja disamping pengobatan secara medis.

  1. Baik untuk kesehatan tulang

Salah satu manfaat lain dari daun ekor naga ialah baik untuk kesehatan tulang anda. hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium yang terdapat pada tanaman daun ekor naga. Kalsium yang terkandung dalam daun ekor naga ini dapat bermanfaat untuk :

  • Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang
  • Baik untuk masa pertumbuhan, karena dapat meninggikan badan
  • Mencegah osteoporosis
  • Membantu penyembuhan patah tulang.
  1. Mempercepat penyembuhan luka

Daun ekor naga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi inilah yang dapat membantu anda dalam mempercepat penyembuhan luka yang anda alami, baik itu luka yang berada di luar maupun luka yang berada di dalam.

  1. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan darah. Dengan kandungan zat besi yang terkandung di dalam daun ekor naga, maka anda akan terhindar dari gejala – gejala anemia, yaitu :

  • Tubuh terasa lemas, letih, lesu, lunglai, dan lemah ( gejala 5 L)
  • Mudah terserang penyakit
  • Tidak bersemangat dalam beraktivitas.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari daun ekor naga. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 10th, May 2015 / 03:14 Oleh :
Kategori : Tumbuhan