Manfaat Daun Ceri Untuk Diabetes Melitus

Diabetes merupakan penyakit di mana tubuh tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup bagi tubuh maupun tidak bekerjanya inslin dengan baik, sehingga menyebabkan tingkat gula darah  meningkat. Insulin sendiri merupakan kadar gula dalam darah. Setidaknya terdapat dua jenis penyakit diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh sam sekali tidak dapat memproduksi hormone insulin . Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak dapat  memproduksi hormon insulin yang mencukupi ataupun ketidakmampuan hormon insulin tersebut untuk digunakan.

artikel terkait:

gejala diabetes

Gejala diabetes sering ditunjukkan dengan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Merasa haus dan ingin banyak minum
  • Merasa lapar dan banyak makan
  • Serin buan air kecil
  • Berat badan menurun
  • Mata terasa kabur
  • Terdapat luka lama yang sulit sembuh
  • Terdapat infeksi kulit, saluran kencing dan gusi
  • Nyeri pada tangan maupun kaki
  • Badan terasa lemah
  • Mudah terasa mengantuk

Meskipun gejala-gejala tersebut sering muncul pada penderita diabetes, namun terkadan terdapat juga penderita yang tidak memilii gejala-gejala tersebut. Untuk itu, tes labolatorium diperlukan untuk memastikan adanya penyakit tersebut.

Semua orang dapat terkena resiko diabetes. Namun orang dengan riwayat keluarga diabetes mempunyai resiko terkena diabetes lebih besar, bahkan 6 kali lipatnya. Selain itu, orang yang memiliki berat badan berlebih, kolesterl tinggi, hipertensi maupun kurang aktivitas fisik juga beresiko terkena diabetes.

Diabetes merupakan penyakt dengan resiko kematian. Penderita dianjurkan untuk sering-sering melakukan kontrol ke dokter untuk mendapatkan penjelasan mengenai diabetes dan pengendaliannya, pengaturan pola makan, olahraga, komplikasi maupun obat maupun insulin yang digunakan. Penderita juga perlu melakukan pemeriksaan gula darah dan air seni secara berkala.

Wah, ternyata sulit ya apabila telah terkena diabetes. Namun, apakah Anda tahu bahwasanya konon diabetes juga dapat disembuhkan dengan obat tradisional. Salah satu alternatif yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes adalah daun ceri.

artikel terkait: manfaat buah pepaya untuk dietmanfaat tebumanfaat jamur kombucha

Daun Ceri

Daun ceri yang dimaksud sebagai penyembuh penyakit diabetes adalah daun ceri yang disebut dengan Kersen atau talok. Kersen (Muntingia Calabura L.) adalah jenis pohon yang memiliki buah kecil manis dan berwarna merah ketika masak. Pada jaman dahulu, orang Belanda menyebutnya Kersen sebagai Japanese Kers (Ceri Jepang), kamudian orang Indonesia menyebutnya dengan Kersen maupun Ceri.

Ceri juga memiliki nama lain yaitu baleci (Madura), Datiles, Aratiles, Manzanitas (Filipina), mat sam (Vietnam), Khoom Somz, Takhob (Laos), Takhop Farang (Thailand), Krakhob Barang (Kamboja), Kerukup Siam (Malaysia), Capulin Blanco (Spanyol), Jamaican Cherry, Panama Berri ataupun Singapore Cherry (Inggris).

Daun Ceri terletk mendatar dengan helaian daun yang tidak simetris, berseling dan tepi ynag bergerigi. Ujung daun bersifat runcing dan daun berwarna hijau muda. Daun ceri memiliki kandungan senyawa yang cukup baik dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan-kandungan tersebut antara lain:

  • Tanin

Merupakan senyawa metabolit sekunder yang berfungsi untuk mengendapkan protein agar dapat digunakan sebagai antiseptik, reagen pendeteksi gelatin, protein dan alkaloid serta yang lainnya.

  • Flavonoids

Merupakan senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan serta dapat mencegah adanya kanker. Flavonoid dalam kebanyakan kasus dapat juga berperan sebagai antibiotik yang menganggu fungsi mikroorganisme seperti bakteri maupun virus.

  • Saponin

Merupakan senyawa yang telah terdeteksi dalam lebih dari 90 tumbuhan. Dalam daun ceri, senyawa saponin ini sangat berguna untuk membantu menurunkan kadar gula pada oenderita diabetes.

artikel terkait: manfaat buah anggur merahmanfaat buah naga untuk diabetesmanfaat daun srikaya

Daun ceri untuk Diabetes

Daun ceri dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula pada penderita diabetes dengan cara memanfaatkan air hasil rebusan daun ceri tersebut. Manfaat ini telah dipraktekkan sejak zaman dahulu kala. Bahkan telah banyak ilmuwan yang telah melakukan penelitian mengenai manfaat daun ceri untuk diabetes. Hasil dari penelitian tersebut disebutkan bahwasanya daun karsen memiliki kandungan senyawa saponin serta flavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menyekresi hormone insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme gula.

Untuk memanfaatkan manfaat rebusan daun ceri untuk menyembuhkan diabetes, Anda dapat membuat ramuan daun ceri tersebut yang dapat dilakukan dengan langkah berikut:

  • Ambil sekitar 10-15 lembar daun ceri yang telah tua, cuci bersih
  • Rebus daun tersebut dengan 3 gelas air putih hingga tersisa 1 gelas
  • Biarkan ramuan hangat/dingin untuk diminum
  • Minum secara rutin selama 3 kali sehari sebanyak 1 gelas per minum

Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi daun ceri tersebut dengan cara membuatnya sebagai teh Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  • Daun ceri tidak boleh dijemur matahari langsung
  • Potong daun ceri dengan dahannya dan gantung ditempat yang teduh hingga layu dan kering dengan sendirinya
  • Anda dapat menyeduh setiap 10 lembar daun ceri dengan segelas air putih
  • Silahkan minum pada pagi hari dan sore guna menurunkan kadar gula serta sebagai antibiotik pada penderita diabetes

artikel terkait: manfaat kulit buah nagamanfaat buah naga untuk kesuburanmanfaat buah bligo

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun ceri untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, September 2016 / 14:31 Oleh :
Kategori : Herbal