Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Manfaat Daun Ceremai Untuk Menurunkan Berat Badan

Sponsors Link

PERNAH melihat buah Ceremai atau Cerme? Orang mengenal Ceremai sebagai buah untuk asinan dari pada buah yang biasa dimakan. Buah Ceremai biasa dikeringkan dan dibuat menjadi asinan (aluo, jw) atau minuman penyegar (dikenal sebagai setup). Manfaat daun ceremai, buah, akar, dan sampai batangnya ternyata cukup banyak loh untuk kesehatan dan kebutuhan sehari hari.

Manfaat Buah Cermai

Buah Ceremai bentuknya kecil-kecil, berwarna kuning keputihan (mirip lilin mainan) dan tumbuh menggerombol di batang. Daging buah keputihan, dan berasa  asam karena mengandung Vitamin C tinggi. Mungkin karena itulah maka Ceremai hanya dikenal sebagai buah asinan.

manfaat daun ceremaiCeremai adalah perdu bercabang rendah. Daunnya sepintas mirip  dengan belimbing wuluh. Semua bagian (daun, buah, akar)  tumbuhan yang memiliki nama latin “Phyllanthus acidus” ini ternyata memiliki khasiat untuk penyembuhan beberapa penyakit. Kulit akarnya bisa dipakai sebagai obat asma dan sakit kulit. Buah Ceremai bisa untuk atasi sembelit dan mual.

Khasiat akar cerme

Rebusan akar cerme digunakan untuk meringankan asma dan mengobati penyakit kulit. Kulit akarnya bisa juga sebagai bahan penyamak. Daunnya digunakan untuk mengobati batuk berdahak, mual, kanker, sariawan dan menguruskan badan (slimming). Daun Ceremai sendiri mengandung air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat. Zat-zat inilah yang mendukung kemanfaatan daun Ceremai untuk kesehatan.

Manfaat daun ceremai

Beberapa manfaat dan cara penggunaan daun Ceremai:

   1. Lauk Makanan

Daun Ceremai muda sering digunakan sebagai campuran hidangan  lalap (lauk yang terbuat dari daun-daunan). Rasanya yang asam akan menambah citarasa kuliner bila dikombinasian dengan daun-daun lalapan lainnya.

  1. Pengobatan Penyakit Kanker.

Daun Ceremai dipotong seperlunya. Kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 1 bagian. Setelah airnya dingin kemudian disaring dan siap untuk diminum. Minum air ini 3 kali sehari. Resep lain bisa ditambahkan dengan daun belimbing, daun bidara upas, dan daun gadung cina serta gulau aren. Rebus dan didinginkan seperti sebelumnya. Air kemudian didinginkan dan disaring sebelum diminumkan.

  1. Melangsingkan Tubuh / Menurunkan berat badan

Daun Ceremai juga bermanfaat bagi wanita untuk melangsingkan tubuh. Zat laksatif yang terdapat pada daun Ceremai akan memperlancar buang air besar. Cara meramu daunnya, daun Ceremai dipotong seperlunya. Kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 1 bagian. Air kemudian disaring dan siap untuk diminum. Minum kan 3 kali sehari. Ramuan ini bereaksi sangat kuat bila diminum dalam jangka panjang. Oleh karenanya gunakan sesekali saja.

  1. Obati Sembelit

Siapkan daun Ceremai sekitar 1 genggam (sekitar 3 –  5 gram), cuci hingga bersih lalu digiling sampai halus. Bisa dikeringkan atau digunakan dalam bentuk gilingan basah. Sedu gilingan daun tersebut dengan air panas. Tambahkan (sewaktu masih dalam kondisi hangat) dengan 1 sendok makan madu, aduk sampai merata. Air diminum berikut ampasnya, mirip seperti kita minum jamu. Lakukan pemberian ke penderita dengan dosis 2 kali sehari.

  1. Atasi Mual

Pucuk daun Ceremai atau buah Ceremai bisa dimakan langsung atau dibuat dalam bentuk minuman, atau manisan. Rasa asam bisa untuk mengatasi mual, dan menetralisir rasa tidak enak dalam  mulut.

  1. Gigitan Serangga dan Sakit Kulit

Pucuk daun Ceremai mampu menawarkan racun akibat gigitan serangga. Daun Ceremai ditumbuk halus dan dilembutkan. Lumatan daun dioleskan ke kulit bekas gigitan serangga. Cara yang sama bisa dilakukan untuk menghaluskan kulit. Rebusan akar Ceremai bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit.

sponsored links
  1. Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun ceremai yang tidak kalah penting adalah untuk pengobatan darah tinggi. Pucuk daun Ceremai sebanyak 3 genggam direbus dalam air sebanyak 3 bagian air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1 bagian. Kemudian air didinginkan dan siap diminum ke penderita tekanan darah tinggi. Air bisa disimpan dalam kulkas.

  1. Asma dan Nafas Tersengal

Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai dan direbus dalam air sebanyak 3 bagian air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1 bagian. Kemudian air didinginkan dan siap diminum ke penderita asma dan nafas tersengal. Bisa ditambahkan madu atau sedikit gula aren. Minumkan dalam kondisi air hangat-hangat kuku. Rebusan akar Ceremai bisa digunakan untuk meringankan asma dan mengobati penyakit kulit.

  1. Sariawan

Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai dan rebus dalam air sebanyak 3 bagian air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1 bagian. Air didinginkan dan siap untuk dipakai berkumur atau diminum untuk mengobati sariawan.

  1. Obat Kolestrol & Diabetes

Kandungan tinggi zat saponin dan tanin pada daun ceremai, mampu menyerap glukosa dan menurunkan kadar kolestrol.

  1. Batuk Berdahak

Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai dan direbus dalam air sebanyak 3 bagian air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1 bagian. Kemudian air didinginkan dan siap diminum untuk penderita batuk berdahak. Minumkan dalam kondisi air hangat-hangat kuku.

Perlu yang biasa digunakan sebagai peneduh teras atau ditanam di pekarangan rumah ini ternyata memiliki manfaat lebih. Banyak hal yang kita dapatkan dari pohon Ceremai. Dibalik rasa asam yang tinggi dari daun Ceremai, menyimpan manfaat bagi kesehatan kita.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 22nd, April 2015 / 03:09 Oleh :
Kategori : Tumbuhan