21 Manfaat Daun Bungur Untuk Kesehatan Tubuh

Bungur adalah sejenis tanaman yang biasa digunakan untuk tanaman hias yang sering ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh. Tanaman dengan nama latin Lagerstroemia speciosa atau biasa juga disebut juga dengan nama ketangi dapat tumbuh subur di negara tropis seperti Indonesia. Tanaman bungur sendiri dapat hidup dengan mudah baik di tanah subur maupun di tanah gersang. Terkadang tanaman bungur mudah dijumpai di rimba jati. Meskipun tergolong dalam tanaman liar, bungur memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Bagian dari tanaman ini yakni daunnya, dapat digunakan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit dan juga untuk menjaga kesehatan.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Daun Bungur

Daun bungur memiliki berbagai kandungan yang dapat digunakan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit. Tidak hanya digunakan sebagai obat, daun bungur juga digunakan sebagai herbal yang digunakan untuk menjaga kesehatan. Beberapa kandungan dalam daun bungur diantaranya, asam korosolat, saponin, tannin, dan flavonoid. Dari penelitian yang pernah dilakukan, saponin dalam daun bungur dapat digunakan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun. Beberapa kandungan dalam daun bungur tersebut dipercaya dapat digunakan sebagai obat dan ramuan herbal untuk menjaga kesehatan.

artikel terkait: manfaat daun jarak merah

Manfaat Daun Bungur

Kandungan dalam daun bungur seperti saponin, tannin dan juga flavonoid sangat baik untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, diantaranya:

  1. Mengatas Diabetes

Diabetes terjadi karena adanya penurunan produksi insulin dan menyebabkan kadar gula darah naik. Banyak cara yang digunakan untuk meningkatkan produksi insulin, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Salah satu bahan alami yang dapat membantu meningatkan produksi insulin yakni kandungan asam korosolat yang terdapat dalam daun bungur. Asam korosolat biasanya didapatkan dari ekstrak daun bungur.

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Daun bungur memiliki kandungan saponin yang dapat meningkatkan sistem imun sebagai antioksidan. Antioksidan dalam daun bungur ini dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Selain saponin, daun bungur juga mengandung flavonoid. Kedua senyawa tersebut dapat mencegah sel kanker sehingga tidak dapat berkembang di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daun andewi

  1. Sebagai Antivirus

Tidak hanya mencegah perkembangan sel kanker, saponin dalam daun bungur juga dapat membantu mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari beberapa penyakit yang disebabkan karena virus seperti flu, herpes, dan beberapa penyakit yang disebabkan karena virus.

  1. Sebagai Antiseptik

Saponin dalam daun bungur juga bersifat antiseptik. Sifat antiseptik daun bungur dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada permukaan kulit. Hal ini dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit pada permukaan kulit dan membran mukosa seperti tersayat pisau, luka lecet dan beberapa luka lainnya.

artikel terkait: manfaat daun jukut pundul

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang sangatlah penting, karena tulang berfungsi sebagai kerangka dan juga sebagai penopang tubuh. Kekurangan kalsium dan juga fosfor dapat menyebabkan tulang menjadi keropos. Selain kalsium dan fosfor, tulang juga memerlukan senyawa flavonoid untuk mencegah tulang keropos.

  1. Mengatasi Peradangan

Peradangan sering terjadi karena adanya virus maupun bakteri. Mencegah dan mengatasi peradangan atau inflamasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun bungur. Flavonoid dalam daun bungur dapat memcegah dan mengatasi peradangan yang terjadi.

artikel terkait: manfaat daun manggis dan daun sirsak bagi kesehatan

  1. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat daun bungsur yakni dapat mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam daun bungur dapat membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Anti Hipertensi

Kandungan dalam daun bungur dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah. Dengan memanfaatkan daun bungur, tekanan darah yang tinggi dapat turun sehingga tekanan darah menjadi normal kembali, karena daun bungur memiliki sifat antihipertensi.

artikel terkait: manfaat daun manggis dan daun sirsak bagi kesehatan

  1. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Penumpukan kolesterol dalam aliran darah dapat meningkatkan beberapa gangguan kesehatan. Mengkonsumsi daun bungur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan juga dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan karena tersumbatnya aliran darah yang disebabkan karena kolesterol.

  1. Mengatasi Stroke

Stroke disebabkan karena adanya penumpukan kolesterol pada aliran darah, sehingga aliran darah tersumbat. Daun bungur diketahui dapat melancarkan darah dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Apabila aliran darah lancar, maka seseorang akan terhindar dari penyakit stroke, dan penderita stroke dapat juga berangsur membaik dengan meminum daun bungur sebagai obat herbal.

artikel terkait: manfaat daun pepaya jepang

  1. Mencegah Serangan Jantung

Sama halnya dengan stroke, serangan jantung juga disebabkan karena aliran darah ke jantung terhambat oleh kolesterol. Kandungan dalam daun bungur yang dapat menurunkan kolesterol, dapat melancarkan aliran darah, dan tidak hanya mengatasi stroke dan juga mencegah serangan jantung terjadi.

  1. Mengatasi Diare

Diare dapat menyebabkan penderitanya merasa lemas karena kekurangan banyak cairan. Mengatasi diare secara tradisional biasanya menggunakan daun jambu muda dan garam. Selain menggunakan daun jambu, cara tradisional lain yang dapat digunakan untuk mengatasi diare yakni dengan menggunakan daun bungur. Daun bungur memiliki senyawa tannin yang mampu mengeraskan dinding usus untuk mencegah masuknya cairan dalam usus yang dapat menyebabkan diare.

artikel terkait: manfaat daun ciplukan untuk hipertensi

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan dalam daun bungur dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan dalam daun bungur dapat dengan cepat menyembuhkan penyakit kulit, dan juga dapat mencegah kulit terkena radikal bebas. Sehingga kesehatan kulit dapat terjaga.

  1. Mengatasi Kencing Batu

Meminum rebusan daun bungur dapat membantu menghancurkan batu ginjal yang dapat mengganggu fungsi ginjal untuk filtrasi.

artikel terkait: manfaat daun karsen untuk diabetes

  1. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Di dalam tubuh, terkadang ada racun yang tidak sengaja masuk disebabkan karena udara dan juga makanan. Tidak hanya mencegah diare, senyawa tannin dalam daun bungur juga dapat bermanfaat  untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Aterosklorosis

Aterosklorosis adalah penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan lemak pada dinding arteri sehingga darah yang mengalir ke otak dan jantung dapat terhambat. Flavonoid dalam daun bungur dapat membantu mencegah terjadinya aterosklororsis, sehingga aliran darah ke otak dan jantung menjadi lancar.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk asam urat

  1. Menghindari Trombus

Berbeda dengan aterosklorosis, trombus bukan menghambat aliran darah, akan tetapi menyebabkan darah tidak mengalir karena darah mengalami penggumpalan. Mencegah terjadinya trombus dapat dilakukan dengan menggunakan daun bungur, karena daun bungur mengandung flavonoid yang mampu mencegah penggumpalan darah.

  1. Mengatasi Keputihan

Beberapa wanita mengalami keputihan. Jika tidak segera diatasi, keputihan dapat berakibat fatal dan dapat menyebabkan kemandulan. Mengatasi keputihan dapat dilakukan dengan memanfaatkan rebusan daun bungur.

artikel terkait: manfaat teh murbei

  1. Mengatasi Sakit Gigi

Beberapa sifat pada daun bungur seperti sifatnya sebagai bahan alami anti inflamasi, juga dapat mengatasi sakit gigi. Sakit gigi dapat disebabkan karena peradangan pada gusi dan bakteri pada gigi. Selain anti inflamasi, kandungan dalam daun bungur juga dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

  1. Mengatasi Batuk Berdarah

Mengalami batuk berdarah atau hemoptysis dapat menyebabkan penyakit lain yang berbahaya apabila tidak segera diatasi. Salah satu cara untuk mengatasi batuk berdarah yakni menggunakan rebusan daun bungur.

artikel terkait: manfaat pucuk daun jambu biji

  1. Mengurangi Pendarahan Melahirkan

Beberapa ibu sehabis melahirkan akan mengalami pendarahan yang cukup banyak. Untuk membantu mengurangi pendarahan yang dialami, dapat dengan memanfaatkan rebusan daun bungur ini.

Pohon bungur dapat dengan mudah ditemukan di tepian jalan sebagai perindang atau sebagai tanaman hias. Karena selain pohonnya yang rindang, pohon bungur juga memiliki bunga yang cantik. Namun, tidak hanya dengan pohon yang rindang dan bunga yang cantik, daun pohon bungur memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Sehingga daun bungur dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

,
Post Date: Saturday 06th, May 2017 / 03:54 Oleh :
Kategori : Tumbuhan