Sponsors Link

Manfaat Daun Binahong Untuk Penyakit Jantung

Sponsors Link

Penyakit jantung dikenal sebagai penyakit yang mematikan karena sering kurang cepatnya penanganan yang dilakukan bagi penderita sakit jantung. Banyaknya faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami penyakit jantung membuat kita harus lebih hati hati dan memperhatikan kesehatan. Untuk selalu senantia menjaga kesehatan jantung, maka perlu diketahui sebenarnya apa faktor apa yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung. Pada umumnya memang masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang penyebab penyakit jantung yang dialami, sehingga terkadang kurang tepat dalam mengobati dan mengobati sakit yang diderita oleh penderita sakit jantung. Untuk itu, perlu diketahui secara pasti penyebab sakit jantung agar tahu hal apa yang harus dihindari.

artikel terkait:

Faktor yang Penyebab Penyakit Jantung

Perlu diketahui penyebab terjadinya sakit jantung, sehingga dapat dihindari penyebab tersebut. Hal ini dilakukan agar penyakit jantung yang diderita tidak semakin parah. Berikut beberapa penyebab penyakit jantung :

  1. Disebabkan karena faktor usia dan jenis kelamin
  2. Faktor keturunan dari keluarga
  3. Kandungan dari rokok, dapat menyerang perokok aktif maupun perokok pasif
  4. Ditimbulkan karena penyakit diabetes
  5. Tekanan darah tinggi
  6. Masalah berat badan atau obesitas
  7. Kurang melakukan olahraga
  8. Mengalami stress atau emosi yang berlebihan

Faktor yang menyebabkan penyakit jantung tersebut perlu dihindari. Namun apabil faktor penyebabnya dalah faktor genetik dan usia, maka perlu diperhatikan penanganan yang cepat dan tepat. Karena bahaya yang disebabkan oleh penyakit jantung ini, maka banyak peneliti yang melakukan penelitian dan menciptakan obat untuk mengatasi bahaya penyakit jantung ini. Banyak bahan alami yang telah diteliti dan dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung. Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung adalah daun binahong. Daun binahong memiliki zat yang dapat menyembuhkan penyakit jantung.

artikel terkait: jantungmanfaat olahraga untuk jantungmanfaat obat statin

Daun Binahong untuk Mengatasi Penyakit Jantung

Salah satu bahan alami yang dipercaya dan mengatasi penyakit jantung adalah daun binahong. Jenis daun yang berasal dari Tiongkok ini lebih terkenal sebagai obat herbal dibandingkan dengan sayur konsumsi. Daun binahong dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang tergolong berat. Daun binahong dapat menyembuhkan beberapa penyakit salah satunya penyakit jantung. Kandungan yang ada di dalam daun binahong terutama senyawa phytochemical fenolik dan sifat antioksidannya dipercaya mampu mencegah dan membantu dalam menyembuhkan penyakit.

artikel terkait: manfaat omeprosmanfaat CT scanmanfaat kalsium bagi jantung

Kandungan Dalam Daun Binahong

Binahong merupakan tumbuhan liar yang merambat dari familia Basellaceae yang memiliki naman latin Andredera cordifolia. Tumbuhan binahong hanya memiliki lebar daun sekitar 13 cm dengan panjang 16 cm. Bentuk daun binahong ini juga hampir mirip dengan tumbuhan suruh. Selain itu, meskipun disebut sebagai tumbuhan liar, binahong memiliki beberapa kandungan yang sanga bermanfaat. Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun binahong diantaranya :

  1. Antioksidan

Antioksidan yang terdapat dalam daun binahong mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan karsinogen penyebab kanker,

  1. Zat alkaloid

Zat alkalodi dalam daun binahong memiliki sifat hipoglikemik yang dapat menurunkan gula darah

  1. Saponin

Dan binahong memiliki senyawa saponin yang memiliki fungsi menurunkan kolesterol dalam tubuh. Turunnya kadar kolestreol dlam tubuhini dapat mengatasi penyakit jantung yang diderita oleh penderita penyakit jantung. Saponin ini menimbulkan rasa pahit dan memiliki sifat anti eksudatif dan juga sifat anti inflamatori.

artikel terkait: 17 manfaat jantung pisang untuk kesehatan, pengobatan dan menu masakan

Cara mengkonsumsi Binahong untuk pengobatan sakit jantung

Kolesterol dalam tubuh dapat menjadi hal yang berbahaya bagi jantung. Senyawa saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Berikut cara mengkonsumsi daun binahong untuk mengurangi kolesterol dan mengatasi penyakit jantung :

  1. Ambil beberapa helai daun binahong dan cuci bersih
  2. Seduh daun binahong seperti ketika menyeduh teh
  3. Tambahkan gula atau madu agar mendapatkan rasa yang sedikit manis, apabila menginginkannya.
  4. Konsumsi secara rutin 2 kali sehari
sponsored links

Dengan menGkonsumsi daun binahong secara rutin, dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Konsumsi rutin selama 2 minggu dapat memeberikan efek yang dapat dirasakan oleh tubuh. Daun binahong ini digunakan untuk mengobati penyakit jantung yang dikonsumsi secara rutin. Selain mengkonsumsi daun binahong secara rutin, harus diperhatikan pula hal hal yang harus dilakukan ketika penyakit jantung sedang kambuh.

artikel terkait: manfaat sayur brokoli

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Serangan Jantung Kambuh

Pengobatan penyakit jantung dilakukan ketika penyakit jantung tidak kambuh. Namun apabila penyakit jantung sudah kambuh, perlu diperhatikan hal hal berikut :

  1. Menghentikan segala aktivitas. Ketika merasakan sesak nafas secara tiba tiba, segera hentikanlah seluruh aktivitas yang sedang dilakukan. Minumlah air putih dan atur nafas dengan tenang.
  2. Memperhatikan pakaian yang digunakan. Pakaian yang ketat dapat mengganggu penangan ketika penyakit jantung sedang kambuh. Apabila sudah terlanjur memakai pakaian yang ketat, segera longgarkan pakaian apabila penyakit jantung sedang kambuh.
  3. Menjaga agar hati dan pikiran tetap tenang, jangan panik. Ketika dalam keadaan panik maka detak jantung menjadi lebih tidak stabil dan sangta berbahaya. Usahakan mengkondisikan diri senyaman mungkin agar tidak panik.
  4. Meminum obat pereda sakit jantung. Selalu bawa dan sediakan obat jantung dimanapun dan kapanpun, sehingga ketika serangan jantung menyerang dapat segera meminum obat dan serangan jantung akan mereda.
  5. Simpan nomor darurat dokter atau rumah sakit. Jika sudah melakukan penanganan pertama tetapi serangan jantung tidak kunjung membaik, hubungi nomro darurat dokter atau rumah sakit. Agar penanganan medis segera dilakukan dan tidak menyebabkan bahaya yang lebih parah.

artikel terkait: manfaat kangkung untuk diet

Penyakit Penyakit Yang Juga Dapat Diatasi Dengan Daun Binahong

Selain dapat menyembuhkan penyakit jantunn, binahong dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit seperti :

  1. Mengatasi diabetes dan kencing manis
  2. Menyembuhkan sesak nafas
  3. Dapat menstabilkan tenanan darah rendah
  4. Mengatasi batuk yang memicu muntah darah
  5. Mengatasi penyakit paru paru
  6. Memulihkan stamina tubuh
  7. Dapat memepercepat penyembuhan luka
  8. Mengatasi peradangan dan pembekuan darah

artikel terkait: manfaat kopi bagi wanita

Penyakit jantung memang penyakit mematikan yang banyak menyerang  secara tiba tiba. Perlu penanganan herbal dan medis agar penyakit jantung dapat diatasi. Menjaga pola hidup sehat dan menghindari hal hal yang dapat memicu penyakit jantung agar kondisi penyakit jantung tiak semakin parah.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 13:15 Oleh :
Kategori : Herbal