Sponsors Link

9 Manfaat Daun Asam untuk Kesehatan

Sponsors Link

Tumbuhan asam (bahasa latin: Tamarindusindica L) merupakan tumbuhan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia karena memang banyak ditemukan. Hal ini dikarenakan buah asam terutama asam jawa digunakan sebagai bumbu masak dan digunakan sebagai obat. Biasanya orang hanya tahu buah asam jawa yang mengandung banyak khasiat bagi kesehatan saja namun siapa sangka bahwa ternyata bagian daunnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Daun Asam

Di dalam daun asam terdapat kandungan falovonoid dan tanin yang sangat dipercaya bisa merontokkan lemak dan bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh meningkat maka proses pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi energi juga akan menjadi semakin maksimal. Jadi, jika anda sedang menjala program diet anda bisa menggunakan ramuan daun asam atau buah asam sebagai ramuan wajib karena bisa membantu merontokkan lemak dengan cepat. Bukan hanya itu saja, namun daun asam juga dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit bahkan penyakit serius sekalipun. Penggunaan daun asam sebagai obat ini tidak berbahaya dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh tidak seperti obat kimia yang bisa membuat efek samping bagi tubuh.

Selain buahnya ternyata daun asam juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, apa saja manfaatnya? Selengkapnya simak berikut ini:

1. Sebagai obat asma

Mengobati penyakit asma dengan menggunakan asam jawa sangatlah mudah, anda hanya perlu untuk menyiapkan 2 tangkai daun asam saja dan juga sediakan adas pulawaras secukupnya. Jika bahan sudah siap kemudian rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih. Tunggu beberapa saat hingga agak dingin dan saringlah ramuan tersebut. Minumlah secara rutin sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. jika anda ingin mendapatkan sensas rasa yang lebih enak anda bisa menambahkan gula atau daun sereh supaya rasa dan aromanya lebieh enak.

2. Mengatasi batuk kering

Batuk kering memang kerap kali membuat tubuh tidak nyaman karena batuk ini susah sembuh dan menyebabkan tenggorokan gatal namun tidak ada apa-apa di dalam tenggorokan. Untuk mengobati batuk kering anda bisa menggunakan ramuan daun asam dengan daun saga. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa helai daun asam dan ½ genggam daun saga. Kemudian rebus kedua jenis daun tersebut dengan 4 gelas air putih, rebuslah ramuan tersebut hingga menyisakan 1 gelas saja. kemudian setelah matang anda bisa menyaringnya dan langsung minum dalam keadaan hangat supaya tenggorokan juga terasa lega.

3. Mengatasi penyakit rematik

Jika anda mengalami penyakit rematik anda bisa menggunakan beberapa helai daun asam dengan beberapa biji asam juga dan kemudian ditumbuk bersama. Setelah ramuan tumbukan jadi anda bisa mengoleskannya pada bagian tubuh yang sakit karena rematik. Lakukanlah secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan supaya rematik anda juga cepat sembuh.

4. Mengobati demam atau panas

Untuk membantu menurunkan demam anda bisa menggunakan ramuan rebusan daun asam dan adas pulawaras. Setelah ramuan jadi, saringlah dan kemudian konsumsilah sebanyak 2 kali sehari hingga demam turun.

5. Mengobati malaria

Penyakit malaria disebabkan oleh gigitan dari nyamuk anopheles yang berjenis kelamin betina dalam gigitannya nyamuk malaria ini juga meninggalkan bakteri plasmodium falciparum. Di dalam daun asam terdapat kandungan anti bakteri yang membantu mengurangi penyebaran bahkan menghilangkan bakteri tersebut sehingga anda bisa terbebas dari penyakit malaria. Hal ini sangat penting diperhatikan karena penyakit malaria kerap kali bisa menjadi penyebab kematian.

6. Membantu mengobati penyakit kuning dan diabetes

Daun asam memiliki senyawa yang bisa meningkatkan fungsi kinerja organ hati dan organ inilah yang menjadi penyakit kuning. Para penderita diabetes atau tingginya kadar gula di dalam darah dapat menggunakan daun asam untuk meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Daun asam juga bisa membantu kinerja empedu dalam menyaring darah dan kotoran sehingga anda akan terhindar dari penyakit kuning.

sponsored links

7. Mengobati sakit gigi dan sakit gusi

Penyakit yang muncul di area mulut seperti pada bagian gigi, gusi, lidah dan lainnya tidak hanya disebabkan oleh bakteri atau kotoran di dalamnya namun juga dikarenakan anda kekurangan vitamin C. di dalam daun asam terdapat kandungan asam askorbat dan antioksidan tinggi sehingga bisa menyembuhkan segala permasalahan yang ada di dalam organ mulut. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga tinggi dan daun asam juga mengandung antiseptik yang bisa membantu membersihkan rongga mulut.

8. Mengatasi nyeri dan kram saat menstruasi

Jika anda mengalami nyeri tak tertahankan bahkan merasa kram di perut bagian bawah saat datang bulan anda bisa menggunakan ramuan daun asam dan buah asam yang direbus untuk membantu rasa nyeri dan sakitnya hilang. Hal ini dikarenakan daun asam memiliki sifat analgesik dimana bisa membantu mengurangi rasa sakit, untuk hasil yang lebih efektif anda bisa menambahkan garam di dalam ramuan tersebut supaya lebih enak dan lebih optimal dalam meredakan nyeri saat datang bulan.

9. Menyembuhkan penyakit radang dan meningkatkan sistem imun tubuh

Jika anda sedang mengalami musibah jatuh atau kecelakaan sehingga, menyebabkan radang dan bengkak anda bisa menggunakan daun asam sebagai solusinya. Hal ini dikarenakan di dalam daun asam terdapat senyawa anti inflamasi yang meredakan radang dan bengkak. Daun asam juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda terjaga sehingga tubuh akan lebih kebal dari serangan virus dan bakteri.

Cara menggunakannya sebagai obat sangat mudah yaitu dengan merebus beberapa daun asam dengan menggunakan 2 gelas air, rebuslah hingga tersisa 1 gelas air kemudian saring. Anda bisa meminumnya selagi hangat. Namun jika anda ingin mendapatkan nutrisi yang utuh dari daun asam anda bisa membuatnya sebagai jus dengan menambahkan sedikit ar.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat yang bisa anda dapatkan dari daun asam. Selain buahnya ternyata daunnya pun sangat berkhasiat. Sebaiknya anda mengkonsumsi ramuan daun asam secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. jika sakit tidak kunjung sembuh sebaiknya anda segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut supaya mendapatkan penanganan lebih tepat dan lebih sesuai.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 24th, November 2015 / 10:02 Oleh :
Kategori : Herbal