Sponsors Link

6 Manfaat Daun Anggur untuk Pengobatan

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal buah anggur? Buah yang satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat dunia karena memiliki rasa yang enak. Buahnya juga bisa digunakan sebagai fermentasi minuman wine atau sampagne yang memiliki harga yang sangat mahal dan dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Buah anggur memiliki rasa yang unik yaitu manis sedikit asam. Tanaman anggur dapat hidup di dataran rendah maupun di tepian pantai. Buahnya kecil seukuran kelereng dan memiliki biji yang sangat kecil seperti bulir beras.

ads

Budidaya Tanaman Anggur

Tanaman anggur saat ini sudah banyak digunakan sebagai salah satu tanaman perkebunan dan sudah dilakukan budidaya. Untuk menghasilkan jenis anggur yang baik juga telah dilakukan beberapa eksperimen persilangan sehingga rasanya jauh lebih enak. Tumbuhan anggur hidup dengan cara merambat sehingga, membutuhkan media pada saat penanamannya. Warna buah anggur ada yang merah, ungu dan hijau tergantung dari jenisnya masing-masing. Saat ini permintaan akan anggur tidak pernah turun dan terus naik, baik untuk permintaan buah segarnya maupun permintaan produk turunannya baik sampagne, wine atau kismis. Oleh karena itu pembudidayaannya sangat pesat karena harganya yang sangat mahal.

Bukan hanya buahnya saja yang sangat enak dan memiliki khasiat namun bagian daunnya dari anggur juga sangat bagus untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun anggur untuk kesehatan :

1. Sebagai obat sariawan dan obat sakit tenggorokan

Sariawan dan sakit tenggorokan merupakan jenis penyakit yang kerap kali menjangkit manusia. Jika anda mengalaminya anda bisa menggunakan ramuan daun anggur. Caranya sangat mudah yaitu anda hanya perlu merebus segenggam daun anggur dengan 2 gelas air putih hingga mendidih dan biarkan sampai tersisa satu gelas saja. setelah matang anda bisa menggunakan ramuan tadi untuk berkumur sebanyak dua kali sehari lakukanlah secara rutin hingga sakit tenggorokan dan sariawan sembuh.

2. Sebagai obat diare dan sakit kepala

Cara mengobati diare dan sakit kepala dengan menggunakan daun anggur dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan meminum ramuan rebusan daun anggur secara rutin tiap hari hingga diare dan sakit kepala mereda. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan merebus beberapa helai daun anggur selama 15 hingga 18 menit saja dan kemudian tunggu hingga dingin. Setelah itu minumlah ramuan tersebut.

ads

3. Sebagai peluruh air seni

Jika anda mengalami sakit dan masalah pada buang air kecil sebaiknya anda tidak menyepelekan hal tersebut karena bisa membuat anda mengalami berbagai penyakit yang lebih serius. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan mengambil beberapa helai daun anggur hingga 15 gram saja kemudian rebuslah daun anggur tersebut selama 15 menit hingga mendidih. Kemudian saring dan minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. jika anda tidak suka dengan rasa dan aromanya anda bisa menambahkan gula jawa atau daun salam supaya rasa dan aroma lebih enak.

4. Mengobati sariawan, sakit gigi dan radang gusi

Cara mengobati sariawan, sakit gigi dan radang gusi dengan menggunakan daun anggur juga tidak begitu jauh berbeda dengan ramuan sebelumnya yaitu dengan merebusnya dan kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari supaya hasil lebih maksimal. ramuan tersebut juga bisa anda gunakan jika anda mengalami masalah bau mulut.

5. Sebagai ramuan untuk meremajakan dan mencerahkan kulit

Daun anggur juga sangat baik khasiatnya untuk kecantikan wajah dan kulit lho. Bagaimana caranya? Sangat mudah dan bisa anda lakukan ketika di rumah. Caranya ambilah beberapa helai daun anggur yang sudah tua kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus kemudian rebuslah dengan 2 gelas air saja dan gunakan panik yang terbuat dari alumunium. Setelah matang, air rebusan tersebut bisa anda gunakan untuk membasuh wajah atau mandi sedangkan ampasnya dapat anda gunakan sebagai master wajah.

Cara ini sudah terbukti efektif digunakan oleh banyak orang jadi anda tidak perlu ragu lagi dalam menjalankan perawatan yang satu ini. selain mendapatkan wajah dan kulit yang cerah, anda juga bisa menghindari bahan kimia dari pemakaian kosmetik yang berbahaya bagi tubuh.

6. Dibuat sebagai makanan

Selain untuk obat, ternyata daun anggur juga bisa digunakan sebagai aneka sayuran lho. Anda bisa membuatnya menjadi sayur bening, tumis, pepes dan aneka makanan lainnya. selain rasanya yang enak, khasiatnya juga bisa menumbuhkan nafsu makan lho jadi sangat baik untuk tumbuh kembang pada anak-anak.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat dari daun anggur yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsinya. Meskipun tanaman anggur lebih banyak dijadikan sebagai perkebunan, namun anda juga bisa menanamnya di rumah sebagai tanaman yang merambat yang akan mempercantik rumah anda. Selain mengindahkan juga bisa anda gunakan sebagai obat herbal.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, November 2015 / 09:44 Oleh :
Kategori : Herbal