Sponsors Link

12 Manfaat Daun Andewi Pada Kesehatan

Sponsors Link

Menjaga kesehatan adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran dan beberapa jenis tumbuhan yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satu jenis sayuran yang dipercaya memiliki khasiat yang bagus untuk menjaga kesehatan yakni adalah daun andewi. Tumbuhan yang memiliki nama latin Cichorium endevia L  ini tergolong dalam jenis selada dan memiliki rasa yang pahit. Namun, dibalik rasanya yang pahit, daun andewi memiliki berbagai kandungan dan manfaat untuk kesehatan.

ads

artikel terkait:

Kandungan Daun Andewi

Daun andewi dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit karena kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan yang ada dalam daun andewi diantaranya:

  • Vitamin (vitamin A, vitamin E dan vitamin K)
  • Kaya serat
  • Zat besi
  • Mineral
  • Kalium
  • Niacin
  • Thiamin
  • Asam Folate
  • Asam pantotenat

Beberapa kandungan tersebut dipercaya dapat mengatasi masalah kesehatan dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk asam urat

Manfaat Daun Andewi

Daun andewi memang memiliki rasa yang pahit, namun berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya membuat daun andewi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun andewi untuk kesehatan diantaranya:

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun andewi memiliki kandungan kalium di dalamnya. Kandungan kalium yang terkandung di dalam daun andewi dapat membantu menetralisir natrium di dalam tubuh yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

artikel terkait: manfaat teh murbei

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Memiliki nafsu makan yang rendah dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. mengkonsumsi daun andewi dapat membantu mengembalikan nafsu makan yang rendah. Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi megkonsumsi daun andewi juga dapat meningkatkan nafsu makan orang dewasa.

artikel terkait: manfaat pucuk daun jambu biji

  1. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar memang menjadi masalah karena dapat menimbulkan penyakit lain. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan meminum rebusan daun andewi setiap malam sebelum tidur. Pada pagi harinya, buang air besar dapat lancar kembali.

artikel terkait: manfaat teh daun sukun

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Semakin meningkatnya usia, penyakit alzheimer dapat menyerang begitu saja. Untuk mencegah terjadinya penyakit alzheimer, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi daun andewi secara teratur setiap hari.

artikel terkait: manfaat daun beluntas untuk hipertensi

  1. Mengatasi Anoreksia

Daun andewi juga dapat mengatasi penyakit psikis seperti penyakit anoreksia. Dengan meningkatkan nafsu makan penderita aneroksia, maka penderita aneroksia tidak akan membiarkan dirinya kurus di bawah normal.

artikel terkait: manfaat daun sirih untuk maag

  1. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Mencegah terjadinya penyakit batu empedu dapat dilakukan dengan mengkonsumsi daun andewi sebagai lalapan.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk maag

  1. Menurunkan Kolesterol

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, dapat menyebabkan berbagai penyakit di dalam tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dapat dilakkan dengan mengambil sari daun andewi dan kemudian meminumnya setiap hari. Dengan begitu, kolesterol dalam tubuh dapat diturunkan dan terhindar dari penyakit stroke, jantung, dan beberapa penyakit lain yang disebabkan karena tinggi kolesterol.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk asam urat

  1. Mencegah Skoliosis

Skoliosis menyababkan tulang belakang akan melengkung kesamping. Skoliosis dapat terjadi karena bawaan lahir maupun disebabkan karena kurangnya asupan sayur pada masa perkembangan tulang belakang pada anak. Untuk mencegah skoliosis, konsumsi sayur harus tercukupi salah satunya dengan mengkonsumsi sayur daun andewi.

artikel terkait: manfaat daun krokot untuk asam urat

  1. Mencegah Terjadinya Kanker

Mengkonsumsi daun andewidapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya kanker. Dengan mengkonsumsi daun andewi setiap harinya, penyakit kanker tidak akan berkembang di dalam tubuh. Sehingga seseorang dapat terhindar dari berbagai jenis kanker sepert kanker usus, kanker prostat, dan kanker paru-paru.

  1. Mengatasi Masalah Lambung

Rasa pahit yang ditimbulkan daun andewi, ternyata juga dapat mengatasi masalah lambung seperti rasa mual yang dialami.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk maag kronis dan akut

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung di dalam daun andewi tergolong tinggi. untuk itu, daun andewi sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Daun andewi membantu menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Menjadikan daun andewi sebagai masker dapat membuat wajah menjadi putih dan halus.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk asam lambung

Cara Menanam Daun Andewi

Banyaknya manfaat daun andewi untuk kesehatan, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam sendiri dirumah. Cara menanam daun andewi melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Penyemaian

Penyemaian daun andewi dilakukan pada baby bag. Dapat juga disemai pada lahan. Penyemaian dilakukan sampai benih daun andewi memiliki calon akar dan daun tumbuh dengan baik.

  1. Pengolahan Lahan

Setelah benih disemai, lahan perlu diolah dengan membersihkan rumput liar pada lahan, dan lahan digemburkan kembali agar tanaman subur.

  1. Penanaman

Pada proses penanaman, harus dipilih benih yang bagus agar tanaman daun andewi nantinya juga bagus. Jarak antara satu lubang dengan lubang lain pada ahan yakni 20 cm. Setiap lubang hanya diisi oleh satu tanaman saja.

  1. Penyulaman

Penyulaman dilakukan ketika ada benih yang tidak tumbuh. Pada proses penyemaian, diharapkan untuk menanam benih lebih agar dapat digunakan pada saat proses penyulaman.

  1. Penyiangan Dan Pemupukan

Pupuk yang digunakan untuk daun andewi yakni pupuk organik cair, dengan perbandingan dosis 2:10 timba. Pemupukan dilakukan setelah 14 hari masa tanam. Selain pemupukan, perlu dilakukan penyiangan agar pupuk tidak dimakan oleh tanaman liar.

  1. Panen

Setelah berbagai proses dilalui, daun andewi dapat dipanen pada usia 2 sampai 2, 5 bulan. Untuk menjaga kesegaran daun andewi, biasanya daun andewi akan langsung dikemas setelah dipanen.

Meskipun belum populer seperti sayuran lain. Berbagai manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi daun andewi dapat dijadikan referensi untuk mencoba mengkonsumsi

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk ginjal

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 25th, March 2017 / 00:23 Oleh :
Kategori : Herbal