Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Daun Alpukat Untuk Kolesterol Jahat

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal Alpukat? Buah berwarna hijau kecoklatan dengan daging warna kuning ini memiliki tekstur yang lembut dan biasa dikonsumsi sebagai buah meja maupun dibuat jus. Namun ternyata selain buahnya, daun aplukat ternyata juga memiliki manfaat yang sangat mengagumkan. Bahkan, daun alpukat kini juga telah digunakan sebagai pengobatan tradisional yang dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kolesterol.

artikel terkait manfaat alpukat:

Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang dapat diproduksi oleh hati maupun disebabkan konsumsi makanan tertentu. Kolesterol tinggi merupakan kondisi di mana kadar kolesterol dalam darah lebih dari batas normal. Tingginya kadar kolesterol pada seseorang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit serius  seperti stroke dan serangan jantung.

Tentang daun alpukat

Alpukat telah dikenal oleh masyarakat sejak dalam dahulu kala. Alpukat sendiri diperkenalkan ke Indonesia pada ke -19 oleh Belanda. Alpukat (persea Americana) pada awalnya berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Nama alpukat berasal dari bahasa suku Aztek (ahuacati) di daerah Amerika Tengah dan Meksiko.

Alpukat mempunyai pohon dengan batang setinggi hingga 20 m. Bunga pohon Alpukat berwarna hijau kekuningan dengan ukuran 5-10 mm. Daun aplukat berbentuk agak lonjong dengan ujung meruncing dan memiliki panjang antara 12 hingga 25 cm. Daun alpukat sendiri setidaknya memiliki kandungan zat sebagai berikut:

  • Querstin

Querstin merupakan senyawa yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari penyakit degenerative. Cara kerja Querstin adalah dengan menangkap radikal bebas dan menghelat logam transisi makanan yang rendah.

  • Polifenol

Polifenol alami berfungsi untuk melindungi tanaman untuk melawan bakteri patogen, parasite maupun predator yang sering mempengaruhi rasa dan warna pada alpukat. Polifenol juga berguna untuk memberikan warna pada daun alpukat pada saat musim gugur. Manfaat polifenol untuk tubuh antara lain sebagai pelindung dari radikal bebas dengan cara mengikatnya.

  • Flavonoid

Selain Querstin dan Polifenol, daun alpukat juga memiliki kandungan zat lain yaitu Flavonoid. Flavonoid sendiri berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, Flavonoid juga berguna sebagai pelindung struktur sel dalam tubuh, obat anti-inflamasi, membantu penyerapan vitamin c di dalam tubuh secara sempurna, sebagai anti-biotik, pencegah osteoporosis, membantu meningkatkan sistem imun tubuh serta mengobati berbagai macam penyakit.

Daun alpukat untuk Kolesterol

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari daun alpukat adalah daun alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Hal ini dikarenakan daun alpukat ternyata memiliki antioksidan yang dapat membantu memecahkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ekstrak daun alpukat juga telah terbukti secara pre-klinik dapat menurunkan kadar kolesterol.

artikel terkait: manfaat minyak alpukatmanfaat biji alpukatmanfaat alpukat bagi penderita kolesterol

sponsored links

Efek Samping

Meskipun daun alpukat memiliki khasiat yang luar biasa, namun pada beberapa penelitian memperlihatkan bahwasanya daun alpukat yang diambil dari beberapa jenis pohon alpukat dapat berpotensi menghasilkan efek toksik. Misalnya, para ahli mengatakan bahwasanya daun dari tanaman alpukat Guetamala itu dapat menjadi racun, sedangkan tidak bagi daun dari tanaman alpukat Meksiko. Namun dalam beberapa kasus, para ahli mengatakan bahwasanya toksisitas daun alpukat Guetamala hanya mungkin terjadi apabila dikonsumsi dalam jumlah besar.

artikel terkait:

Berikut merupakan informasi mengenai manfaat daun alpukat untuk penyakit kolesterol. Setelah Anda mengetahui informasi ini, Anda mungkin dapat memanfaatkan daun alpukat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda. Selain itu, perlu diingat bahwasanya pola hidup sehat juga sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 07th, September 2016 / 09:52 Oleh :
Kategori : Herbal