Sponsors Link

9 Manfaat Daun Alfalfa untuk Kesehatan

Sponsors Link

Alfalfa merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Alfalfa merupakan tumbuhan jenis kacang-kacangan yang tanamannya dapat tumbuh dengan panjang hingga 1 meter. Nama latin dari alfalfa yaitu Medicago sativa. Tumbuhan alfalfa dapat berbunga dengan bentuk bunga kecil dan berwarna ungu. Tumbuhan alfalfa bisa bertahan dalam kondisi yang kerang air karena akar alfalfa memiliki akar yang dalam yaitu hingga mencapai 4,5 meter. Dengan sistem akar yang dalam menjadikan tanaman alfalfa mampu menyerap mineral yang tidak dapat didapatkan hanya dipermukaan tanah. Nama alfalfa berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti ayah dari tanaman.

Kandungan Daun Alfalfa

manfaat daun alfalfaTanaman alfalfatela terkenal sejak zaman dahulu dengan banyak khasiat untuk kesehatan. Orang Cina telah sejak berabad-abad menggunakan tanaman alfalfa sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional. Tanaman alfalfa mengandung banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium serta zat besi. Kandungan yangterdapat dalam tanaman alfalfa meliputi vitamin B, C, E serta K. Kandungan zat lain yang berguna bagi kesehatan dan tubuh kita dalam alfalfa diantaranya meliputi fluorida, protein, mineral, serat, asam lemak esensial serta antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Daun alfalfa kalau orang Jawa menyebutnya dengan daun krokor telah terbukti merupakan daun yang paling banyak mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan kandungan vitamin serta zat besi yang sangat lengkap. Beberapa manfaat daun alfalfa untuk kesehatan yaitu :

1. Membersihkan racun di dalam tubuh

Daun alfalfa mampu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh kita akibat kita mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak zat kimia seperti pengawet, pewarna, pemanis buatan. Jika kita sering mengkonsumsi mie instan maka kita perlu mengkonsumsi daun alfalfa untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi daun alfalfa dengan dibuat sayur bening maka kandungan yang ada didalam daun alfalfa mampu membersihkan racun yang ada didalam tubuh kita.

Sifat detoksifikasi yang dimiliki oleh daun alfalfa akan membantu membersihkan racun-racun berbahaya yang ada didalam tubuh. Konsumsi daun alfalfa secar rutin agar tubuh anda bersih dari racun-racun berbahaya.

2. Meningkatkan produksi ASI

Daun alfalfa sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui untuk memperlancar serta meningkatkan produksi ASI dengan zat fiostrogen yang terkandung di dalam daun alfalfa. Kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan yang ada di dalam daun alfalfa juga sangan baik untuk memenuhi zat gizi bayi. Ibu yang sedang menyusui bisa mengkonsumsi daun alfalfa dengan membuatnya sayur bening atau sop sehingga kandungan zat gizi dalam daun alfalfa akan secara alami masuk kedalam tubuh ibu dan akan tersalur ke tubuh bayi melalui ASI yang diminum oleh bayi.

3. Mengurangi penyakit jantung dan stroke

Daun alfalfa mengandung bahan kimia yang mampu menurunkan kolesterol darah yaitu yang disebut saponin. Bahan kimia yang ada di dalam daun alfalfa ini akan berfungsi mencegah pengumpulan kolesterol di dalam dan disekitar dinding arteri sehingga mampu mengurangi penyakit jantung serta stroke.

sponsored links

4. Sebagai antioksidan yang baik

Daun alfalfa mengandung manfaat antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Daun alfalfa sebagai antioksidan yang baik karena mengandung spektrum nutrisi yang luas.

5. Memperlancar serta mengobati permasalahan sistem pencernaan

Daun alfalfa dapat memperlancar sistem pencernaan serta dapat mengobati masalah sisitem pencernaan seperti maag, gastritis, mual, serta gangguan pencernaan lainnya. Minum rebusan daun alfalfa dengan menambahkan mint teh kedalam rebusan daun alfalfa maka dapat mengobati serta memperlancar sistem pencernaan.

6. Sumber vitamin K

Daun alfalfa merupakan sumber vitamin K yang sangat baik untuk ibu hamil. Manfaat vitamin K pada ibu hamil akan mengurangi pendarahan post partum serta mengurangi resiko terjadinya pendarahan pada bayi.

7. Mengatasi berbagai keluhan kehamilan

Ibu sedang hamil sering mengalami keluhan seperti morning sickness, mulas, sembelit serta anemia. Daun alfalfa yang telah diekstrak menjadi tablet alfalfa akan mampu mengatasi berbagai keluhan yang dirasakan dan sering dialami oleh ibu hamil sehingga ibu hamil tidak akan begitu tersiksa dengan berbagai keluhan yang dialami.didaerah yang digigit.

8. Pencegah kanker

Manfaat daun alfalfa mengandung asam amino yang disebut dengan canavanine yang berkhasiat untuk mencegah kanker. Asam amino ini juga membantu mengikat karsinogen dalam usus besar.

9. Mengobati gigitan serangga

Daun alfalfa juga berkhasiat dalam mengobati akibat infeksi gigitan serangga dengan cara pengobatan secara eksternal. Pengobatan eksternal yaitu dengan pengobatan dari luar atau tidak dengan car dikonsumsi atau diminum tetapi dioleskan halaman rumah karena daun alfalfa ini sangat banyak kandungan manfaatnya bagi kesehatan.

Apalagi zaman sekarang orang lebih suka mengkonsumsi makanan instan yang mengandung banyak zat kimia yang menyebabkan racun bagi tubuh, sehingga mengkonsumsi daun alfalfa secara rutin sangat perlu. Konsumsi daun alfalfa secara rutin, sekarang telah tersedia alfalfa berbentuk tablet jadi anda bisa mengkonsumsi secara praktis. Tetapi untuk lebih banyak manfaatnya untuk kesehatan maka konsumsi secara alami dengan merebusnya atau dengan membuatnya menjadi sayur bening.

Demikian beberapa khasiat yang sangat baik dari daun alfalfa. Anda dapat menanam dan membudidayakan daun alfalfa disekitar

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 15th, January 2016 / 08:09 Oleh :
Kategori : Herbal