Sponsors Link

5 Manfaat Daun Akasia Bagi Manusia

Sponsors Link

Akasia merupakan jenis tanaman yang sering kita jumpai sebagai tanaman hias. Tanaman akasia ada dua jenis yaitu magi-magi gunong (Acacia mangium) dan akor (acacia auriculiformis). Tanaman akasia berasal dari benua Amerika, tepatnya Amerika bagian utara. Jenis magi-magi gunong (Acacia mangium) tidak dapat tumbuh di tempat yang ketinggiannya lebih dari 300 m di atas permukaan laut.

ads

Karakteristik Tumbuhan Akasia

manfaat daun akasiaCiri-ciri dari tanaman jenis ini yaitu mempunyai cabang banyak, bentuknya lurus serta bulat. Berkulit tebal tetapi kasar permukaannya. Tinggi pohon jika sudah dewasa bisa mencapai 30 m serta diameter pohon mencapai 75 cm. daun tanaman jenis ini mempunyai ukuran lebar 4 sampai 10 cm dan panjang daun antara 10 sampai 26 cm. Sementara jenis yang kedua yaitu akor (Acacia auriculiformis). Tanaman jenis ini bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 0 sampai 400 m diatas permuakaan laut. Tanaman jenis ini kalau sudah dewasa bisa mencapai tinggi pohon yaitu 15 m dan diameter pohon mencapai 50 cm. Batang jenis tumbuhan ini yaitu mempuyai cabang banyak serta rendah.

Sudah sejak dari abad ke 16 tanaman akasia telah terkenal dapat mengobati berbagai penyakit. Sejak itu telah dijadikan kedalam kelompok tanaman obat herbal. Orang yang telah memasukkan tanaman ini masuk kedalam tanaman obat yaitu Henry IV. Baik jenis magi-magi gunong (Acacia manguim) dan akor (acacia auriculiformis) daunnya mempunyai manfaat yang sama. Beberapa manfaat daun akasia bagi manusia yaitu sebagai berikut :

1. Ekstrak alami untuk pembuatan parfum

Daun akasia mempunyai aroma yang khas yang akan tercium dengan aroma harum sepanjang hari. Aroma daun akasia sekarag telah banyak digunakan sebagai bahan dasar aroma harum pada parfum. Ekstrak daun akasia akan memberikan wangi khas pada jenis parfum-parfum yang hargaya mahal. Banyak parfum yang kita gunakan dengan aroma yang khas kita tidak mengetahui bahwa sebenarnya bahan dasar parfum tersebut berasal dari daun yang berada disekitar lingkungan kita seperti daun akasia.

Daun akasia dengan harga yang terjangkau tetapi mampu dijadikan sebagai parfum yang mahal harganya. Ini bisa menjadi kesempatan serta peluang untuk berbisnis. Parfum-parfum yang terbuat dari bahan herbal alami seperti daun akasia akan memberikan aroma yang lebih khas dan aroma yang alami.


Bahan pembuatan parfum alami lainnya juga diperoleh dari :

ads

2. Mengatasi ejakulasi dini

Dalam ha kesehatan tanaman akasia ini ternyata mempuyai manfaat yang besar yaitu dapat menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya yaitu ejakulasi dini. Ejakulasi dini merupakan penyakit yang sering dialami pada kaum pria. Ejakulasi dini akan membuat pasangan kurang merasa puas dalam hubungan sex. Ejakulasi dini pada pria ini bisa disembuhkan secara alami dengan menggunakan daun akasia. Konsumsi secara rutin agar ejakulasi dini yang dialami akan cepat teratasi.

3. Menstabilkan kadar gula darah

Daun akasia dapat menolong para penderita diabetes karena kandungan didalam daun tersebut dapat mengurangi kadar dula darah. Kadar gula dalam darah pada seseorang yang berlebihan akan mengakibatkan penyakit diabetes yang berbahaya untuk kesehatan jika tidak segera diatasi. Atasi serta obati diabetes dengan mengkonsumsi daun akasia. Caranya dengan ambil 10 lembar daun akasia kemudian cuci sampai bersih. Rebuslah dengan 5 gelas air sampai mendidih dan air rebusan tersisa 3 gelas. Angkat air rebusan lalu dinginkan.

Minumlah air hasil rebusan 3 kali sehari secara rutin sampai minimal waktu seminggu. Anda akan merasakan perbedaannya kadar gula akan terstabilakan, serta tubuh akan terasa lebih segar dan badan akan lebih beraroma wangi dan harum.

4. Untuk hiasan

Tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman hiasa yang dijadikan hiasan di depan rumah atu halaman rumah anda. Pohon ini mempunyai keindahan serta karismatik tersendiri yang termasuk karisma tinggi sehingga banyak orang yang memilih pohon ini sebagai hiasan didepan halaman rumah mereka. Beberapa jenis akasia yang digunakan sebagai hiasan diantara lain acacia dealbata, acacia xanthophoea, acacia retinodes, serta acacia baileyana.

5. Peneduh di tepi jalan

Pohon akasia dengan daun yang rindang dapat menjadi peneduh ditepi jalan, selain itu juga dapat menyerap karbondioksida serta polusi yang di jalan sehingga udara yang ada di jalan akan lebih bersih. Di jalan akan terasa teduh dengan tumbuhnya pohon akasia di tepi jalan. Pohon ini termasuk mudah tumbuh sehingga tidak begitu sulit untuk menumbuhkan pohon ini di pinggir atau tepi jalan. Selain itu pohon akasi juga dapat tumbuh di lereng-lereng gunung sehingga dapat juga menjadi pencegah longsor.

Demikian beberapa manfaat daun akasia. Pohon akasia yang dapat tumbuh dengan mudah dimana-mana sehingga jika anda ingin menanamnya maka anda tidak akan kesulitan jika anda mempunyai niat untuk menanam. Pengobatan dengan akasia juga mempunyai banyak manfaat juga harga yang murah dan terjangkau. Anda dapat mecoba beberapa manfaat dari daun akasia dengan penjelasan yang telah dipaparkan diatas.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 20th, January 2016 / 02:42 Oleh :
Kategori : Tumbuhan