Sponsors Link

18 Manfaat Daun Afrika Untuk Diabetes & Kesehatan

Sponsors Link

manfaat daun afrikaPernah mendengar tumbuhan dengan nama daun Afrika? Jika sedang mencari obat herbal yang alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, daun afrika selatan bisa menjadi alternatif. Berbagai penelitian menemukan jika daun afrika selatan atau daun afrika ini memiliki banyak khasiat dan kegunaan bagi kesehatan. Para peneliti mengatakan jika daun yang memiliki rasa yang pahit ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dari penyakit stroke, diabetes hingga tekanan darah tinggi bisa diobati dengan menggunakan si daun yang berasal dari Afrika ini.

ads

Tanaman Daun Afrika

Meskipun dari namanya saja bisa diketahui jika daun yang satu ini berasal dari Afrika Selatan, di Indonesia anda tetap bisa menemukan si daun afrika selatan ini. Tanaman afrika selatan ini bisa tumbuh di Indonesia pada dataran dengan ketinggian mulai dari 1500 meter di atas permukaan laut. Namun, kebanyakan tanaman afrika selatan di Indonesia tidak dapat berbunga atau bahkan berbuah tidak seperti di daerah asalnya.

Ingin tahu lebih detail mengenai manfaat daun afrika selatan? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Menyembuhkan batuk-batuk

Kandungan di dalam daun afrika atau juga dikenal dengan nama daun afrika selatan dipercaya dan juga sudah dibuktikan secara ilmiah dapat membantu mengobati penyakit yang dalam taraf cukup ringan, yakni batuk. Untuk penggunaannya :

  • ambil daun afrika beberapa lembar
  • cuci hingga bersih lalu bisa langsung dikunyah
  • Atau, agar rasa pahitnya sedikit berkurang, seduh daun afrika dengan air panas
  • lalu air seduhan tersebut diminum selagi hangat
  • Minum seduhan daun afrika secara teratur hingga batuk mereda.

2. Meredakan panas demam

Jika mengalami panas dan demam, manfaatkan daun afrika dengan cara menyeduhnya. Sama seperti pada penggunaan daun afrika untuk obat batuk, manfaat daun afrika yang digunakan adalah daun afrika segar dan jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu. Khasiat seperti ini juga ditemui pada :

3. Mengurangi kesemutan

Kesemutan merupakan sebuah tanda jika adanya aliran darah yang mengalami penyumbatan pada bagian yang mengalami kesemutan. Biasanya kesemutan terjadi pada kaki, atau tangan atau bahkan bagian tubuh lainnya. Kesemutan yang demikian itu sebenarnya tidak berbahaya pada kesehatan. Tapi jika dibiarkan, kesemutan yang terus menerus bisa menjadi pertanda jika anda mengalami penyakit yang mungkin lebih serius. Disini, manfaat daun afrika bisa membantu anda untuk meredakan dan mengurangi frekuensi kesemutan. Bahkan jika anda meminumnya secara rutin, gejala kesemutan pun bisa sembuh sama sekali.

4. Menyembuhkan sakit kepala

Kandungan yang terdapat di dalam daun afrika juga ternyata bisa menjadi obat sakit kepala yang mujarab. Caranya adalah dengan merebus daun afrika dengan kurang lebih dua gelas air, lalu hasil rebusan tersebut diminum setelah dingin. Khasiat seperti ini juga ditemukan pada :

5. Membantu menyembuhkan infeksi

Jika terkena infeksi seperti infeksi pada tenggorokan, kandungan daun afrika dapat menjadi obat yang ampuh untuk menyembuhkan infeksi tersebut. Hal ini karena di dalam daun afrika, terdapat sejenis zat yang mampu untuk membunuh virus, bakteri ataupun kuman penyebab terjadinya infeksi. Minum secara teratur rebusan daun afrika, dan infeksi anda pun akan segera sembuh.

6. Melancarkan buang air

Susah buang air khususnya buang air kecil bisa disebabkan berbagai hal. Namun, tidak perlu khawatir. Rebusan daun afrika pun dapat membantu anda mengatasi permasalahan tersebut.

7. Membantu tubuh membersihkan toksin

Toksin dan radikal bebas menjadi penyebab penyakit yang sangat berbahaya seperti stroke atau kanker. Kandungan di dalam daun afrika sangat berguna untuk mengusir toksin maupun radikal bebas di dalam tubuh.

8. Menormalkan kerja organ sistem pencernaan

Lambung merupakan salah satu organ di dalam tubuh kita yang cukup rentan mengalami gangguan seperti infeksi. Jika terjadi infeksi pada lambung, kita pun dapat mengalami masalah pada pencernaan secara keseluruhan. Manfaat daun afrika kering sering digunakan sebagai obat untuk permasalahan pada pencernaan. Seduh atau rebus daun afrika kering tersebut lalu minum.

9. Menormalkan fungsi paru-paru

Paru-paru selain berfungsi untuk menyerap manfaat oksigen sebagai unsur yang sangat diperlukan tubuh, namun juga menghirup gas lainnya yang bisa membahayakan bagi kesehatan. Fungsi daun afrika dan kandungannya yang bisa menghilangkan racun, yang membuat fungsi paru-paru kembali normal.

Daun Afirka Sebagai Obat

Selain penyakit yang tingkatannya ringan, seperti di antaranya yang sudah disebutkan di atas, ada juga banyak penyakit yang termasuk dalam kategori berat, namun penyembuhannya bisa dibantu dengan manfaat daun afrika ini, seperti berikut :

1. Menurunkan kadar kolesterol

Perlu diingat, jika tidak semua kolesterol di dalam tubuh kita merupakan kolesterol yang harus dihilangkan. Namun jika kolesterol yang ada didominasi oleh kolesterol jahat, maka pengaruhnya pada kesehatan bisa sangat membahayakan bahkan bisa menyebabkan serangan jantung mendadak atau stroke. Dan keduanya merupakan penyakit yang sangat mematikan. Untuk membantu menurunkan kolesterol jahat atau yang juga disebut dengan istilah LDL ini, minumlah air rebusan daun afrika dengan teratur. Untuk menghilangkan rasa pahit dari daun afrika, anda bisa menambahkan manfaat madu dan juga manfaat jeruk nipis atau jeruk lemon agar rasanya lebih segar.

2. Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah di dalam tubuh kita dapat dipengaruhi berbagai faktor baik itu faktor dari dalam tubuh kita sendiri ataupun faktor dari luar seperti asupan makanan yang kurang sehat. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menggunakan manfaat daun pepaya dan daun afrika, yakni dengan merebus daun tersebut yang masih segar.

3. Menyembuhkan perut kembung

Mengalami perut kembung atau bergas memang dapat membuat perut sangat tidak nyaman. Jika dibiarkan, keadaan tersebut bisa mengarah ke penyakit perut seperti diare. Untuk mengobati kondisi perut yang demikian, gunakan manfaat daun afrika yang di seduh dengan air panas lalu diminum. Bisa juga dengan ditambahkan madu untuk mengurangi rasa daun afrika yang pahit.

4. Membantu menyembuhkan insomnia

Daun afrika juga ternyata dikenal mengandung zat yang bisa membuatnya lebih rileks. Pada orang yang mengalami gangguan atau kesulitan tidur seperti insomnia, manfaat daun afrika bisa membantu permasalahan tidur tersebut. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun afrika, bisa menggunakan daun afrika segar ataupun daun afrika. Minum air rebusan tersebut sebelum anda tidur. Lakukan hal tersebut selama insomnia belum membaik.

5. Mengurangi kadar gula darah

Kadar gula yang terlalu tinggi dapa menyebabkan seseorang mengalami penyakit lain seperti penyakit diabetes lalu bisa berakibat munculnya penyakit kronis lainnya. Untuk itu, jika sudah mengetahui kadar gula di dalam darah sangat tinggi, maka meminum rebusan daun afrika bisa membantu menormalkan kadar gula darah yang sudah tinggi tersebut.

6. Membantu mencegah penyakit stroke

Selain untuk pengobatan, kandungan dan zat di dalam daun afrika ternyata juga bisa digunakan untuk pencegahan penyakit. Kandungan di dalam daun afrika bisa membantu melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh, menjaga kelancaran darah dan mencegah penyempitan atau pembengkakan pembuluh darah di otak yang bisa menyebabkan stroke. Khasiat seperti ini juga ditemui pada :

7. Mengobati penyakit diabetes

ads

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat mematikan selain penyakit jantung. Jika dibiarkan, penyakit diabetes juga bisa menyebabkan komplikasi. Banyak yang sudah membuktikan jika dengan meminum rebusan daun afrika secara rutin bisa menyembuhkan diabetes. Bahkan pada beberapa pasien yang akan menjalani amputasi karena pembusukan yang diakibatkan diabetes, dapat diselamatkan dengan rutin meminum air rebusan daun afrika.

8. Menurunkan resiko penyakit kanker hati

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan di dalam daun afrika memiliki sifat alami sebagai detoksifikasi racun di dalam tubuh. Hal ini membuat manfaat daun afrika, dapat digunakan sebagai obat herbal yang sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit kanker salah satunya adalah penyakit kanker hati.

9. Menyembuhkan radang persendian

Kandungan di dalam daun afrika juga bisa mengobati radang pada persendian atau biasa disebut dengan penyakit rematik. Minum teh atau air rebusan dari daun afrika bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian. Jangan lupa untuk meminum air rebusan daun afrika secara rutin agar rematik pun segera sembuh. Untuk mengatasi rematik, juga dapat menggunakan beberapa herbal berikut :

Efek Samping Konsumsi Daun Afrika

Jika menggunakan atau mengkonsumsi bahan apapun untuk pengobatan sekalipun, banyak dari kita pasti bertanya-tanya, apakah bahan tersebut memiliki efek samping bagi kesehatan? Tentu kita tidak ingin niat yang awalnya untuk mengobati penyakit malah menjadi bencana.

Untuk efek samping daun afrika sendiri yang dalam tingkatan berat sebenarnya belum banyak yang meneliti. Namun, efek samping yang sangat ringan bisa terasa ketika kita meminum air rebusan daun afrika, yakni rasanya yang sangat pahit. Selain itu, ada juga ahli yang mengatakan jika para ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi daun afrika. Karena ada kemungkinan kandungan di dalam daun afrika ini bisa membahayakan si calon bayi.

Pengobatan dengan Daun Afrika di Mancanegara

Sebagai informasi saja, daun afrika dalam dunia pengobatan sudah dikenal sejak lama. Di Cina, daun ini sudah banyak dijadikan bahan herbal dan sudah banyak diteliti khasiatnya. Bahkan di Negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapur, dmanfaat aun afrika sudah sangat terkenal ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Di Malaysia, daun ini memiliki istilah lain yaitu daun kupu-kupu. Entah bagaimana ceritanya daun afrika ini bisa dinamai demikian di negara Malaysia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 13th, April 2015 / 05:57 Oleh :
Kategori : Herbal